Webtoon Jaga Jarak Aman di Naver

Jaga Jarak Aman adalah webtoon romantis baru yang mengambil setting cerita anak sekolah awal masuk SMA. Merupakan karya Kang Hwan Young, yang sebelumnya berhasil membuat manhwa My Bad Boyfriend.

Menceritakan tentang Han Yura, seorang gadis yang menderita fobia terhadap sentuhan sehingga membuatnya kesulitan untuk memiliki banyak teman. Satu-satunya teman yang selalu ada di sisinya adalah Haewon, yang sudah bersamanya sejak kecil. 

Namun, segalanya berubah ketika Yura memutuskan untuk masuk ke SMA biasa dan terpaksa harus berinteraksi dengan teman-teman sekelasnya yang lain. Di antara mereka, ada cewek populer bernama Kwon Mi In dan cowok populer bernama Go Inwoo, yang keduanya bersikeras ingin dekat dengan Yura. Bagaimanakah Yura menghadapi situasi ini, tanpa terus-menerus merepotkan Haewon?

Judul Korea Webtoon Jaga Jarak Aman di Naver

Manhwa RAW menggunakan judul asli 인과관계 dibaca ingwagwangye artinya Causality/ Hubungan sebab dan akibat.

Berikut ini adalah link Webtoon Jaga Jarak Aman di Naver. Versi RAW rilis sejak 8 Februari 2022 yang beda sangat jauh dari Indonesia. Semua masih bisa dibaca tanpa harus login.

Saat artikel ini ditulis,

  • Indonesia baru rilis 3 episode awal yang update lagi hari Rabu.
  • Naver sudah ada 76 episode + 5 lanjutan yang rilis Selasa.
  • Chinese dengan judul lain 因果關係 ada 46 episode.

Belum tersedia pilihan bahasa Inggris di Line Webtoon. Harapan mencari spoiler legal yang paling cepat ada di Naver Korea.

Dulunya ada fans di batoto yang sempat menerjemahkan menggunakan judul lain Hubungan Sebab dan Akibat. Sayang terjemahannya ditandai sebagai dihapus dan sudah tidak dapat dibaca. Mungkin ada fansite yang reupload, tapi jangan terlalu berharap.

Simak juga: Webtoon Boy-Friend's Rule di Naver

Meskipun mengangkat tema romantis dengan setting anak SMA kelas 1, webtoon ini menghadirkan cerita yang cukup berat.Tokoh utamanya yang memiliki fobia terhadap sentuhan yang cukup parah. 

Konflik muncul karena Kwon Mi In dan Go Inwoo berusaha mendekati Yura. Dari awal, langkah keduanya terkesan aneh dan mungkin ada maksud tersembunyi.

Di sisi lain keberadaan Haewon sebagai teman setia Yura memberikan sentuhan kehangatan yang menyentuh hati. Pembaca pasti sudah menduga bahwa Haewon ini ada rasa cinta namun tidak mau mengungkapkan demi persahabatan.

Semua digambarkan dengan apik oleh Kang Hwan Young, gambar-gambar dalam webtoon ini menghadirkan ekspresi emosi yang kuat, meningkatkan intensitas setiap adegan. 

Dengan penokohan yang mendalam, pembaca dapat merasakan perasaan dan konflik yang dirasakan oleh masing-masing karakter.

Ingat ya ini bukan webtoon romantis komedi biasa, kadang ada konflik yang sedikit terlalu berat untuk dinikmati. Bagi yang lebih menyukai cerita romantis dengan nuansa yang lebih ringan, mungkin webtoon ini tidak akan menjadi pilihan yang tepat.

Sekian artikel tentang Judul Korea Webtoon Jaga Jarak Aman di Naver. Manhwa ini mendapatkan respon super positif dari pembaca Indonesia dengan rating 9,89 bintang dengan total tayangan 105 ribu. Angka yang bagus untuk webtoon yang baru rilis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel