Webtoon The Emperor's Sword di Naver

Jika kamu adalah penggemar cerita fantasi yang menarik, pasti sudah tidak asing lagi dengan "The Emperor's Sword". Webtoon ini merupakan adaptasi menarik dari novel karya IM MU SEONG yang dikerjakan oleh RED HOOK untuk cerita serta RYU SHIN untuk ilustrasi gambar.

Mengisahkan tentang Ju Yunmun, pewaris takhta Kekaisaran Hongwu, yang mengalami pengkhianatan dari pamannya sendiri. Terasing dari kekaisaran, di ambang kematian, Ju Yunmun diselamatkan oleh dua pengikut setia kaisar. Dengan bantuan mereka, Ju Yunmun menerima jiwa dua ahli bela diri terkuat dunia, "Cheonma" dan "Hyeneung". Dengan kekuatan baru ini, ia memulai perjalanan untuk menjadi sosok terkuat di dunia.

Judul Korea Webtoon The Emperor's Sword di Naver

Manhwa RAW menggunakan judul asli 황제의 검 dibaca hwangje-ui geom artinya sama persis dengan versi Indonesia. Judul ini diambil dari sosok tokoh utama dari cerita.

Berikut ini adalah link Webtoon The Emperor's Sword di Naver. Versi RAW rilis sejak 4 Agustus 2023 yang cukup jauh dari rilisan Indonesia. Semua dapat dibaca langsung tanpa harus login.

Saat artikel ini ditulis,

  • Indonesia rilis perdana pada 15 November 2023 yang update setiap Rabu
  • Naver ada 17 episode + 8 lanjutan yang rilis hari Jumat
  • Cina dengan judul lain 皇帝之劍 baru 8 episode

Pilihan terbaik untuk membaca lebih dulu ada di Naver yang jauh lebih cepat dari Indonesia. Versi Cina juga lebih dulu tapi cuma hitungan jari saja.

Alternatif lain ada dari grup translation seperti Rizz Comics dan Realm Scans. Tidak main-main fans bahkan menerjemahkan hingga episode lanjutan. Judul lain yang digunakan yaitu sama yaitu The Emperor's Sword.

Belakangan ini copyright webtoon sangat ketat, banyak fansite tumbang. Oleh karena itu sangat disarankan beli episode lanjutan dengan koin jika Anda suka dengan ceritanya.

Baca juga: Judul Korea Webtoon Life of a Quack Healer di Naver

Review

Sebagian pembaca mungkin merasa sedikit bingung dengan struktur cerita yang agak membingungkan dan terkesan kurang terstruktur. 

Namun, jangan buru-buru menarik kesimpulan. Seiring berjalannya cerita, webtoon ini menjadi sangat epik. Meskipun awalnya terasa terburu-buru tanpa penjelasan rinci, namun semakin ke depan, cerita menjadi jauh lebih menarik.

MC sangat overpower, dia benar-benar menjadi orang yang berbeda setelah mendapatkan jiwa dari dua ahli beladiri terkuat yaitu the Cheonma, First Heavenly Demon of the Demonic Cult and Hyeneung, the Sixth Patriarch of the Shaolin Temple.

Sayanngya di awal MC terkesan tidak punya tujuan jelas, kesannya dia hanya grasak grusuk ingin menjadi an absolute existence! Entah nanti dia memutuskan untuk merebut kembali his empire dari pamannya atau tidak.

Dari segi seni dan ilustrasi, "The Emperor's Sword" menawarkan kualitas yang sangat baik. Meskipun terkadang panelnya terlalu besar sehingga sulit menikmati pertarungan, keseluruhan kualitas visualnya sangat bagus.

Perlu diketahui bahwa ada versi sebelumnya dari webtoon ini yang sudah dihentikan. Meskipun gambarnya kurang memuaskan dan lebih sederhana, cerita versi lama memiliki detail yang lebih baik dalam penceritaan. 

Salah satu perbedaan utama terletak pada karakter utama, di mana versi lama menunjukkan kecerdasan dan kepribadian yang lebih kuat, sedangkan versi baru terkesan lebih ceroboh.

Bagi para penggemar yang ingin membandingkan kedua versi, masih banyak situs yang mengunggah versi lama dengan judul "The Sword of the Emperor".

Jadi, bagi yang menyukai cerita fantasi dengan elemen bela diri yang kuat dan perkembangan karakter yang menarik, "The Emperor's Sword" bisa menjadi pilihan menarik. Meskipun memiliki kekurangan, potensi cerita ini sangat menjanjikan untuk dinikmati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel