Webtoon The Dark Mage's Return to Enlistment di Naver

The Dark Mage's Return to Enlistment adalah webtoon baru yang diadaptasi dari karya asli hwanggeumbidulgi dan dikerjakan oleh Oh Comic. Jika Anda mencari sesuatu yang menggabungkan fantasi dengan kisah militer yang unik, maka webtoon ini sangat cocok.

Mengisahkan perjalanan Kim Minjun, seorang penyihir hitam yang telah dipanggil ke dunia Isgard. Setelah petualangannya di dunia fantastis tersebut, Minjun akhirnya bisa kembali ke dunia asalnya. Rencananya? Hanya satu: memainkan mobile game favoritnya. Namun, apa daya, kehidupan tidak berjalan sesuai rencana. 

Minjun segera menyadari bahwa dunianya yang biasa-biasa saja telah berubah menjadi tempat yang dipenuhi monster dan ancaman yang tidak terduga. Untuk melindungi dunianya, semua orang, termasuk Minjun, harus ikut serta dalam wajib militer. Bagaimana Minjun akan menghadapinya? Mari kita temukan jawabannya bersama-sama!

Judul Korea Webtoon The Dark Mage's Return to Enlistment di Naver

Manhwa RAW menggunakan judul asli 귀환했는데 입대 전날이다 dibaca gwihwanhaessneunde ibdae jeonnal-ida dibaca I Returned, But It Was the Day Before My Enlistment.

Berikut ini adalah link Webtoon The Dark Mage's Return to Enlistment di Naver. Rilis sejak 17 Maret 2023 yang beda super jauh dari sini. Semua episode dapat dibaca langsung tanpa harus login terlebih dahulu.

Saat artikel ini ditulis,

  • Indonesia baru rilis 2 episode awal. Rilis setiap hari Senin.
  • Naver sudah ada 26 episode + 5 lanjutan yang update hari Jumat.
  • China di dongman manhua dengan judul lain 异界凯旋后重返战场, ada 10 episode.

Cukup banyak spoiler yang dapat dibaca dari Naver Korea. Sayang cukup sulit memahami alur cerita jika tidak bisa membaca huruf Hangeul.

Alternatif lain bisa Anda cari di Asura Scans dan beberapa grup translation Indonesia. Mereka bahkan menerjemahkan hampir semua episode. Judul lain yang digunakan yaitu The Dark Mage's Return to Enlistment.

Baca juga: Judul Korea Webtoon 66,666 Years: Advent of the Dark Mage di Naver

Webtoon ini menghadirkan cerita yang ringan dengan campuran fantasi yang menyenangkan. Plotnya tidak terlalu rumit, menjadikan pengalaman militer dalam dunia yang penuh fantasi sebagai latar yang menarik. 

Perlu diperhatikan bahwa episode-episode awal webtoon ini mungkin terasa sedikit membosankan bagi sebagian pembaca. Kita melihat karakter sampingan yang terkagum-kagum dengan kemampuan MC (Minjun), yang dengan mudah menyelesaikan pelatihan dan naik pangkat. 

Meskipun hal ini menunjukkan kekuatan Minjun, namun cerita menjadi terkesan monoton dan kurang menarik. Hingga sekarang plot utama dari webtoon ini belum terlalu terlihat, entah apa sebenarnya yang akan terjadi.

Selain itu, perkembangan karakter Minjun sangat minim, karena dia sudah memiliki kekuatan yang luar biasa sejak awal. Hal ini membuatnya terlihat tidak membutuhkan bantuan orang lain dan tidak memiliki tujuan yang jelas.

Semoga seiring berjalannya cerita, episode pelatihan akan segera berakhir dan Minjun akan dihadapkan pada tantangan-tantangan yang lebih besar yang akan menguji kekuatannya yang luar biasa.

Sekian artikel tentang Judul Korea Webtoon The Dark Mage's Return to Enlistment di Naver. Manhwa ini kurang mendapatkan sambutan dari pembaca Indonesia. Dalam waktu 1 jam setelah rilis, tidak ada 10 ribu tayangan. Rating pun rendah yang hanya 9,44 bintang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel