Webtoon I was the Final Boss di Naver

I was the Final Boss, sebuah kisah fantasi yang baru dirilis di Line Webtoon Indonesia dan dikembangkan oleh LuckS, pembuat yang telah sukses dengan karyanya sebelumnya, "It's Mine".

Mengisahkan tentang Baphomet, bos puncak menara yang tak tertandingi, selalu menjadi sasaran para Hunter yang tak terhitung jumlahnya. Namun, upaya mereka selalu berakhir sia-sia. Kehidupan Baphomet yang monoton perlahan membuatnya penasaran tentang dunia manusia. 

Suatu hari, Raven, sang Hunter terkuat di bumi, berhasil mengalahkannya. Saat kematian menghampirinya, Baphomet menginginkan satu hal: menjadi manusia. Keinginannya pun terkabul! Namun, ia kehilangan seluruh kekuatannya.

Judul Korea Webtoon I was the Final Boss di Naver

Manhwa RAW menggunakan judul asli 보스였음 dibaca boseuyeoss-eum artinya kurang lebih sama dengan versi Indonesia. Pemberian judul sesuai dengan apa yang terjadi pada Baphomet.

Berikut ini adalah link Webtoon I was the Final Boss di Naver. Jarak dengan rilisan Indonesia sangat jauh namun semua dapat dibaca tanpa harus login terlebih dahulu.

Saat artikel ini ditulis,

  • Indonesia baru rilis 1 episode awal yang update lagi hari Selasa.
  • Naver sudah ada 38 episode + 5 lanjutan yang rilis hari Rabu.
  • Cina dengan judul lain 曾经是最终BOSS ada 10 eps.
  • English sudah ada 24 episode yang update Kamis.
  • French baru ada 8 episode.

Pencarian spoiler terbaik didapatkan di Line Webtoon English. Cukup mudah memahami dialog karena shalaman yakin teman-teman jago bahasa Inggris. Setelah mentok bisa dilanjutkan langsung ke Naver.

Sedangkan alternatif non official berasal dari grup translation bernama Flame Scans. Selain itu ada banyak grup dari Indonesia yang ikut menerjemahkan. Judul lain yang digunakan yaitu I Used to Be a Boss.

Baca juga: Judul Korea Webtoon Time-Limited Genius Dark Knight di Naver

Webtoon ini tidak sekadar mengikuti pola umum tentang dungeon, ceritanya unik dan menarik. Selain itu, pengembangan latar belakang karakter sampingan juga dikerjakan dengan baik. 

Meskipun ringkas, tetapi cukup untuk membuat mereka terasa seperti manusia nyata dan membuat pembaca bisa merasakan empati terhadap mereka.

Yang membuatnya unik adalah sang tokoh utama benar-benar memiliki kepribadian, tidak seperti kebanyakan cerita di mana tokoh utama tiba-tiba menjadi kuat dan digambarkan sebagai seorang yang keren.

Tokoh utama sadar bahwa ia harus berperilaku seperti manusia dan berusaha belajar menjadi manusia. Meskipun masih mempertahankan sisi kebiadabannya, ia benar-benar belajar menjadi manusia, menikmati hal-hal kecil yang dinikmati oleh orang biasa, serta mengembangkan emosi manusiawi.

Sekian artikel tentang Judul Korea Webtoon I was the Final Boss di Naver. Dalam waktu sekitar 6 hari setelah rilis awal, sudah ada 126 ribu tayangan dengan perolehan rating 9,74 bintang. Angka yang cukup baik untuk webtoon bergenre aksi x fantasi baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel