Webtoon I Abdicate My Title of Empress di Naver

I Abdicate My Title of Empress adalah webtoon kerajaan diadaptasi dari novel karya Hanboyeon. Versi webtoon diilustrasikan oleh galbi, dengan adaptasi oleh Kim Hee Sung.

Mengisahkan tentang Adelaide Gottorf, permaisuri dari Kaisar Carl Ulrich Egmont, yang memutuskan untuk meninggalkan posisinya sebagai seorang permaisuri. Keputusan ini mengejutkan banyak orang, terutama karena Adelaide memilih meninggalkan Kaisar untuk Lionel Balder, Menteri Pertahanan Kekaisaran Egmont. Pertanyaan pun muncul, apakah perpisahan ini ada hubungannya dengan Lionel? Ataukah dalangnya adalah Diane, selir Kaisar yang licik?

Judul Korea Webtoon I Abdicate My Title of Empress di Naver

Manhwa RAW menggunakan judul asli 황후 자리를 버리겠습니다 dibaca hwanghu jalileul beoligessseubnida artinya I Will Give Up the Position as the Empress. Judul berbeda namun sama saja maksudnya.

Berikut ini adalah link Webtoon I Abdicate My Title of Empress di Naver. Masuknya ke Daily Plus sehingga tidak mungkin membaca tanpa login terlebih dahulu.

Saat artikel ini ditulis,

  • Indonesia baru merilis 3 episode awal. Update lagi hari Kamis.
  • RAW di Naver sudah ada 29 episode namun gratisan cuma 3 episode awal.

Tidak ada harapan mencari spoiler legal. Bahasa Inggris, Thai, Cina, French, Espanol di Line Webtoon pun belum merilis hingga sekarang.

Satu-satunya harapan hanya terjemahan fans yang diupload di situs seperti batoto dan mangadex. Silahkan search saja dengan judul asli dalam bahasa Korea di atas.

Baca juga: Judul Korea Webtoon Beast’s Flower di Naver

FL yang hebat dan cantik? Drama dengan Emperor sampah dan wanita simpanan yang menjengkelkan? Webtoon dengan latar kerajaan seperti ini selalu menarik untuk diikuti dan menjadi populer di Indonesia.

Beberapa elemen plot dan karakternya terasa mirip dengan webtoon lain seperti "The Second Marriage". Perbedaan terbesar adalah tokoh Antagonis (Diane, selir Kaisar) yang lebih cerdik dan licik dibandingkan Rastha.

Meskipun FL kuat, cantik, dan memiliki kepintaran yang luar biasa. Namun, terkadang dia dikalahkan oleh permainan kaisar dan selirnya. Adelaide Gottorf tidak se-OP itu dan terkesan manusiawi. 

Selain itu, FL juga memiliki trauma masa kecil dan hubungan keluarga yang rumit, menambahkan kedalaman pada konflik cerita. 

Perlu diingat bahwa webtoon ini bisa memicu emosi para pembaca. Setiap kali melihat Kaisar dan selirnya dijamin tekanan darah bakal naik. Membaca webtoon ini cocok dijadikan untuk meluapkan emosi.

Satu hal yang patut diacungi jempol dari webtoon ini adalah gambar-gambar yang luar biasa. Ilustrasi yang ditampilkan sangat mengagumkan dan mirip dengan artstyle yang ada di dalam novel aslinya.

Webtoon ini diangkat dari novel karya Hanboyeon, yang juga merupakan penulis versi Novel dari webtoon "Her Highness, the Wildflower."

Sekian artikel tentang Judul Korea Webtoon I Abdicate My Title of Empress di Naver. Webtoon ini mendapatkan respon cukup baik dari pembaca Indonesia. Lihat saja perolehan rating hingga 9,72 bintang dari total 366 ribu tayangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel