Webtoon The Strongest Outcast di Naver

Webtoon "The Strongest Outcast" merupakan adaptasi dari karya asli Almond Ppang yang disadur dan digambar oleh Timkkulppal. Manhwa RAW bisa dibaca di Naver Korea.

Ceritanya mengisahkan tentang Cha Mugyeol, seorang anak buangan yang selalu dirundung dan diabaikan oleh orang lain. Namun, hidupnya berubah ketika tubuhnya dihuni oleh jiwa Cha Mugyeol yang seorang petarung MMA yang meninggal akibat ketidakadilan yang dialaminya. Karena mereka memiliki nama yang sama, Cha Mugyeol yang kedua merasa memiliki misi untuk membalaskan dendam dan menjadi petarung sejati.

Judul Korea Webtoon The Strongest Outcast di Naver

Manhwa RAW memakai judul asli 왕따가 격투기를 너무 잘함 dibaca wangttaga gyeogtugileul neomu jalham artinya The Outcast Is Too Good at Martial Arts. Penamaan sedikit berbeda namun sama-sama mengambarkan si Cha Mungyeol yang tiba-tiba menjadi sangat kuat.

Berikut ini adalah link Webtoon The Strongest Outcast di Naver. Versi RAW dalam bahasa Korea rilis sejak 28 Februari 2023 yang beda hanya 10 minggu dari sini. Semua dapat dibaca langsung tanpa harus login.

Simak juga: Judul Korea Webtoon Fighter di Naver

Saat artikel ini ditulis,

  • Indonesia baru rilis 1 episode yang update setiap hari Rabu.
  • Naver sudah ada 11 episode + 5 lanjutan yang update pada hari Selasa.
  • China dengan judul lain 邊緣仔好會打架.

Seperti biasa genre aksi selalu menjadi favorit pembaca Indonesia. Pilihan lain di platform Line Webtoon hanya ada di bahasa Cina yang lebih dulu 1-2 episode. Tidak ada harapan kecuali baca di Naver.

Pilihan lain berasal dari grup translation, ada lho yang menerjemahkan bahkan hingga episode lanjutan. Search saja dengan judul lain sesuai translate yaitu The Outcast Is Too Good at Martial Arts. Versi English ada di Surya Scans.

Baca juga: Judul Korea Webtoon 18 Year Old Spy di Naver

Cerita terdengar klise, sudah terlalu banyak komik aksi dengan plot awal seperti ini. Si lemah yang dibully tiba-tiba menjadi jago bertarung. Bedanya dari awal MC sudah memiliki motivasi menjadi petarung MMA sejati.

Meskipun begitu, penulis berhasil membuat cerita yang menarik dan cukup seru. Alur cerita webtoon ini cukup cepat dan diisi dengan banyak adegan aksi yang menegangkan. Pengetahuan dari seorang atlet MMA membuat MC lebih mudah berkembang. Selain itu, sistem game yang diperkenalkan dalam cerita juga membuat cerita terasa lebih menarik. Plot seperti gabungan dari Loser Life dan Reality Quest.

Satu kekurangan yang cukup mencolok dari webtoon ini adalah penggunaan gambar 3D yang sering kali terlihat kurang menyatu dengan gambar 2D yang digambar oleh author. Kadang-kadang gambar 3D ini terlihat aneh dan kurang natural sehingga mengganggu kualitas gambar secara keseluruhan.

Sekian artikel tentang Judul Korea Webtoon The Strongest Outcast di Naver.  Respon dari pembaca tidak terlalu spesial untuk hari pertama setelah rilis. Hanya ada 110-an ribu tayangan dalam 6 jam rilis dengan rating 9,47 bintang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel