Webtoon Returned as the Duke di Naver

Webtoon "Returned as the Duke" adalah webtoon baru dalam genre fantasi yang diadaptasi dari novel karya Highland. Webtoon ini digambar oleh Choi Bong-geun dari AKEO Studio dan cerita diadaptasi oleh Lee Ha Zoo.

Cerita dimulai dengan kehancuran wilayah Brahn oleh Kaisar dan tentaranya. Seorang sekretaris tua yang tidak berguna, yang seharusnya ikut mati dalam peristiwa tersebut. Namun dia hidup kembali sebagai "duke" Brahn di masa mudanya, 20 tahun yang lalu. Dia bertekad untuk memimpin wilayah Brahn hingga menjadi sejahtera dan mencegah kehancuran di tangan Kaisar Zeron.

Judul Korea Webtoon Returned as the Duke di Naver

Manhwa RAW memakai judul asli 회귀했더니 공작 dibaca hoegwihaessdeoni gongjag artinya sama saja. Pemberian nama diambil dari sosok sekretaris yang kini kembali ke masa lalu sebagai Duke.

Berikut ini adalah link Webtoon Returned as the Duke di Naver tepatnya di Kakaopage. Versi RAW lebih dulu 67 episode dibandingkan sini. Sayangnya kita tidak dapat membaca langsung tanpa login dulu.

Saat artikel ini ditulis,

  • Indonesia baru rilis 3 episode. Update hari Kamis.
  • Kakaopage Korea ada 70 episode.
  • English di Tapas dengan 46 episode.
  • Chinese di Kuikan Manhua dengan judul lain 开局一座城 ada 57 eps.
  • French, tiket harian.

Di platform Line Webtoon sebenarnya sudah ada bahasa Perancis namun sayang masuk sistem tiket harian. Spoiler dari platform resmi lumayan sulit untuk didapatkan. Kalau suka bisa pertimbangan beli episode lanjutan dengan koin.

Grup translation Asura Scans sempat menerjemahkan namun memutuskan untuk drop, sekarang translate English dilanjutkan Surya Scans. Sedangkan untuk bahasa Indonesia, ada di Komikcast dan mirror lain.

Baca juga: Judul Korea Webtoon I Became the Tyrant of a Defense Game di Naver

Beberapa netizen mengira Webtoon ini sebagai romance kerajaan dilihat dari judulnya, tetapi sebenarnya ini adalah 100% aksi fantasi. 

Plot cerita awal langsung sat set sat set tanpa basa-basi. Kita dapat langsung memahami latar belakang mengapa MC berusaha keras menghadapi ancaman dari Raja Zeron. Dia bahkan berani melanggar sumpah dari raja terdahulu dan menyelamatkan warga di wilayah Brahn.

Namun, ada satu hal yang menimbulkan keraguan, yaitu mungkinkah seorang sekretaris tua yang tidak berguna bisa menggantikan peran seorang duke yang juga mantan pangeran? Kita tunggu saja kelanjutannya.

Simak juga: Judul Korea Webtoon The Greatest Estate Developer di Naver

FYI Asura Scans berhenti menerjemahkan webtoon ini. Banyak sekali komentar negatif tentang perkembangan alur yang buruk dan karakter MC yang dipertanyakan kompetensinya membuat beberapa pembaca merasa bosan.

Secara keseluruhan, "Returned as the Duke" layak dibaca untuk hiburan semata. Namun, bagi pembaca yang mencari cerita berkualitas dengan karakter building yang baik, komik ini mungkin tidak terlalu direkomendasikan.

Mengingat komik ini diangkat dari novel yang sudah rilis, seharusnya ada alasan khusus kenapa diangkat dari webtoon. Semoga ada perubahan dari sisi MC agar dia tidak terlalu tergantung pada orang lain.

Sekian artikel tentang Judul Korea Webtoon Returned as the Duke di Naver. Jarang-jarang ada genre fantasi yang dibaca lebih dari 200 ribu kurang dari 1x 24 jam setelah rilis. Efek judul yang mirip dengan genre kerajaan? Pastinya, namun untuk perolehan rating tergolong biasa dengan 9,66 bintang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel