Kenapa Sudah Beli paket Internet Tapi Tidak Bisa Digunakan

Sudah beli paket internet baru, tapi tiba-tiba Anda menemui kendala saat mencoba menggunakannya. Masalah ini mungkin saja terjadi untuk operator mana saja.

Hal ini tentu sangat menjengkelkan terutama jika Anda ingin online secepat mungkin, misalnya ingin mencari bahan mengerjakan tugas. Tenang, ada beberapa hal teknis yang bisa dicek dan diperbaiki dengan mudah.

Cara Mengatasi Sudah Beli paket Internet Tapi Tidak Bisa Digunakan

1. Periksa kuota internet

Kesalahan teknis dapat terjadi saat memproses pembelian paket internet. Dalam beberapa kasus, kuota mungkin tidak ditambahkan meskipun Anda telah membelinya. 

Dengan memeriksa kuota internet, Anda dapat mengidentifikasi jika ada masalah ini dan segera menghubungi penyedia layanan untuk memperbaikinya. Bisa saja terjadi kegagalan transaksi atau masalah teknis pada sistem pembayaran.

Bagi yang membeli paket kuota via kode voucher, dial atau SMS resmi, silahkan hubungi Customer Service dari operator Anda.

Sedangkan Anda yang beli di marketplace misalnya Shohee, silahkan tanyakan ke CS jika kuota tidak kunjung datang setelah 1 jam. CS dapat memeriksa masalah dan memberikan solusi yang sesuai.

Jika memang terjadi masalah pada jaringan operator, kemungkinan kuota akan masuk setelah jaringan normal. Tunggu saja maksimal 1 x 24 jam sebelum mengajukan komplain.

Simak juga: Apakah Mobile Legends Boros Kuota

2. Gangguan jaringan

Penyedia layanan mungkin mengalami gangguan pada jaringan internet di daerah Anda. Ini bisa disebabkan oleh pemeliharaan rutin, kerusakan infrastruktur, atau masalah teknis lainnya. 

Jika ada gangguan jaringan, meskipun memiliki paket internet yang aktif dengan banyak kuota, Anda mungkin tidak dapat menggunakannya dengan benar. 

Dengan memeriksa sinyal internet, Anda dapat mengidentifikasi apakah ada gangguan jaringan yang sedang terjadi.

Cobalah bertanya ke teman atau kerabat yang mengunakan ISP yang sama. Jika mereka juga tidak dapat tersambung internet maka kemungkinan terjadi gangguan jaringan. Silahkan menghubungi penyedia layanan untuk informasi lebih lanjut.

3. Masalah teknis pada perangkat

Terkadang, masalah teknis pada perangkat seperti cache yang rusak/ corrupt, konfigurasi yang salah, atau masalah jaringan internal dapat menghambat koneksi internet Anda. 

Coba restart perangkat Anda atau periksa pengaturan jaringan untuk melihat apakah masalah tersebut dapat diperbaiki. Setelah dimulai dari awal, terkadang ponsel dapat tersambung jaringan.

Reset pengaturan jaringan bisa dicoba sebagai solusi terakhir jika kuota sudah masuk dan jaringan internet baik-baik saja. Perlu diingat langkah ini akan menghapus pengaturan dan preferensi Anda termasuk password Wi-Fi.

4. Periksa pengaturan APN

Seharusnya pengaturan APN di ponsel Anda sudah tersetting default sesuai bawaan SIM Card. Namun kadang Anda mungkin lupa telah mengubahnya ke APN yang tidak sesuai. Tidak ada salahnya mengecek!

Umumnya untuk mengecek APN bisa lewat "Pengaturan" > cari "Kartu Sim & Jaringan Seluler" > cari "APN" atau "Nama Titik Akses". Kadang pengaturan APN muncul setelah Anda tap Provider Kartu SIM.

Selanjutnya Anda tinggal mengedit APN yang sudah ada atau menambahkan APN baru sesuai dengan APN yang disarankan oleh ISP Anda.

Misalnya untuk Tri bisa pakai 3gprs atau 3data, sedangkan Indosat bisa indosatgprs atau indosatooredoo.com. Bisa juga mengisi internet yang bisa dibilang APN sejuta umat.

5. Ubah Pengaturan Jaringan

Misalnya Anda awalnya memilih LTE Only, kali ini coba ubah ke LTE/ WCDMA. Mungkin jaringan hanya error di 4G sedangkan jaringan 3G baik-baik saja.

Meskipun tidak secepat 4G namun bukankah ini lebih baik dibandingkan tidak bisa tersambung internet sama sekali.

Kualitas 3G tidak disarankan untuk bermain game yang butuh koneksi stabil dengan ping kecil. Nekad login masuk ke permainan, siap-siap merasakan lag PUBG saat ada musuh.

Semua merek dan tipe ponsel kemungkinan besar memiliki pengaturan preferensi jaringan namun beberapa menyembunyikannya. Sebut saja di Xiaomi yang tersembunyi dan bisa dibuka dengan kode rahasia *#*#4636#*#*.

Baca juga: Cara Mengatasi SIM Card Tri Lama Tidak Bisa Dipotong Nano

Kesimpulannya, dengan pemahaman tentang penyebab masalah "sudah beli paket internet tapi tidak bisa digunakan" dan cara mengatasinya, Anda kembali online untuk menjelajah internet.

Jangan biarkan kendala sepele seperti ini menghentikan Anda, temukan solusi yang tepat dan nikmatilah manfaat penuh dari paket internet yang baru Anda beli.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel