Cara Mencari Shopee Express Drop Off Point

Kantor Shopee Express Drop Off Point Terdekat dari Lokasi Saya - Bagi kalian penjual di Shopee yang ingin mengirim barang atau pembeli yang ingin ambil paket sendiri pasti ingin ke alamat kantor Shopee Express terdekat.

Meskipun merupakan jasa pengiriman resmi dari marketplace terbesar di Indonesia namun kantor cabang Shopee Xpress (SPX) belum tersebar di semua wilayah. Inilah mengapa banyak yang belum tahu dimana alamat SPX Point di wilayahnya.

Kebetulan pihak SPX sendiri telah menyediakan fitur "Temukan Service Point" di website official spx.co.id. Kita bisa dengan mudah menemukan shopee express terdekat dari lokasi saya secara akurat memanfaatkan teknologi Global Positioning System/ GPS dan Maps dari Google.

Apa itu Shopee Express Point

Merupakan jasa kirim tipe layanan Ambil di Tempat yang disediakan oleh Shopee Express. Bertugas melayani penjual yang mengirimkan paket (drop off) dan Pembeli yang menjemput paket sendiri di lokasi SPX point yang dikelola oleh tim Shopee Xpress (pengertian dari Seller Edukasi Center).

Pelanggan utama dari SPX Point adalah seller/ pemilik toko yang berjualan online melalui marketplace Shopee. Jadi tidak heran kalau drop point dari SPX hanya ada di kota besar dimana para pelapak berada.

Pengiriman Shopee Express menuju daerah di luar jangkauan akan dialihkan ke mitra logistik yaitu SiCepat Ekspress dan Wahana. Inilah mengapa sering kali kirim barang dengan Shopee Express namun kurir yang datang kerumah adalah SiCepat.

Kalian tidak perlu khawatir dengan pengoperan ini, pengiriman tetap bisa ditracking dengan resi SPX. Pada kebanyakan kasus, paket akan sampai dengan selamat sesuai dengan estimasi yang diberikan oleh Shopee.

Yang menyulitkan itu ketika ingin jemput paket sendiri. Meskipun tahu alamat kantor SiCepat terdekat namun kita tidak diberi nomor resi baru setelah dioper. 

Jadi tidak ada yang bisa dilakukan kecuali menunggu di rumah hingga kurir datang. Ketika melebihi waktu estimasi namun paket tidak sampai, segeralah komplain ke Customer Service dari Shopee.

Shopee Express Terdekat dari Lokasi Saya

Berikut ini adalah cara mencari kantor Shopee Express terdekat dari alamat rumah dengan memanfaatkan fitur "Temukan Service Point".

1. Silahkan mengunjungi alamat situs https://spx.co.id/service-point/.

2. Bagi yang ingin menemukan drop off shopee express terdekat secara akurat, wajib mengijinkan situs untuk mengakses lokasimu dengan GPS. Kalau sudah berhasil maka akan muncul titik biru di peta yang menunjukkan posisimu sekarang.

Di peta akan terlihat beberapa tanda yang menunjukkan 3 jenis SPX Point,

  • Warna Biru merupakan Dedicated SPX Point yang dikelola oleh Tim Shopee. Mereka melayani ambil dan pengiriman barang yang biasanya tetap buka di akhir pekan.
  • Warna Merah merupakan Partner resmi dari Shopee Express. Biasanya berbentuk ruko atau toko yang sudah punya usaha selain SPX Point. Hanya melayani pengiriman saja dan buka di akhir pekan.
  • Warna Kuning merupakan Agen. Layanan yang diberikan adalah ambil paket. Mereka adalah penjual/ pembeli yang mendaftarkan diri sebagai agen Shopee Express untuk mendapatkan komisi untuk setiap paket yang diambil oleh pembeli.

Deretan ini akan diurutkan berdasarkan jarak ke lokasimu dan diawali dari Dedicated Shopee Xpress Point, Partner dan Agen. Kalian bisa filter mulai dari semua area terdekat, 3km atau 5km, bisa hanya memilih sesuai jenis layanan dan mengurutkan dari terjauh atau terdekat.

3. Untuk mengetahui informasi lebih detail, silahkan klik titik di peta atau nama SPX Point yang ada di deretan. Akan muncul informasi seperti nama SPX Point, jarak, alamat lengkap, jam buka, nomor telepon dan jenis layanan.

Kalau ingin menuju ke kantor Drop Off Point (DOP), silahkan klik tombol Rute yang ada di belakang nama SPX Point. Otomatis akan diarahkan ke Google Maps, selanjutnya tinggal ikuti saja rute tercepat sesuai peta.

Dedicated Drop Point biasanya ada di pinggir jalan berbentuk ruko lengkap dengan spanduk dan papan nama. Ciri khas Shopee terlihat dari warna oranye sebagai latar belakang dan tulisan Shopee Xpress dengan warna putih. Jadi cukup mudah mengetahui lokasi ketika sudah sampai di depan SPX Point.

Bagi yang ingin ambil barang sendiri, sebaiknya pastikan dulu keberadaan barang dengan menghubungi nomor yang tertera. Katakan nomor resi dari pengiriman paketmu dan tunggu petugas melakukan pengecekan.

Untuk barang yang masih ada di SPX Point, buatlah perjanjian jadwal pengambilan agar nantinya paket akan disimpan di gudang. Kalau sudah dibawa oleh kurir keliling, sebaiknya tunggu saja di rumah dengan santai. Buru-buru? Kalian bisa minta nomor dari kurir yang membawa barang dan minta COD saja.

Bagi yang tinggal di daerah pastinya akan kesulitan mencari karena biasanya cuma ada agen saja. Kemungkinan pengiriman paket ke rumah akan dioper ke SiCepat Ekspress. Sebaiknya tunggu saja hingga batas waktu estimasi dari Shopee. Ajukan tambahan masa garansi buat jaga-jaga kalau terjadi sesuatu.

Mengingat Shopee Xpress yang hanya fokus pada pengiriman dari transaksi di marketplace Shopee, rasanya sulit akan dibuka banyak cabang di berbagai daerah. Apalagi masyarakat lebih familiar dengan ekspedisi lain seperti JNE, Pos Indonesia dan J&T Express.

Terbukti bahwa Shopee Express Drop Off Point terdekat dari lokasi saya sekarang bisa dicari lewat situs spx.co.id. Dari informasi yang ada di peta, terlihat sebagian besar SPX point hanya ada di kota besar saja dimana seller berada. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel