5 Solusi Kenapa Netflix Tidak Bisa Memutar Film di TV

Pernahkah Anda mengalami situasi di mana ketika ingin menonton film favorit, namun netflix tidak bisa memutar film di TV? Rasanya pasti sangat menjengkelkan, kenapa ini terjadi dan bagaimana cara mengatasi?

Jangan khawatir, masalah ini kadang memang terjadi pada Smart TV. Dalam blog post ini, kami akan menjelaskan beberapa alasan umum mengapa Netflix tiba-tiba error tidak bisa memutar film di perangkat TV Anda.

1. Masalah koneksi internet

Jika koneksi internet Anda tidak stabil, sinyal yang terputus-putus dapat menyebabkan pemutaran film di Netflix terganggu. Ini dapat menyebabkan kesalahan buffering, penghentian film secara tiba-tiba, atau tampilan gambar yang buram.

Kecepatan internet yang terlalu lambat juga sangat mempengaruhi pengalaman nonton Netflix. Streaming akan buffering terjadi secara terus-menerus sehingga film tidak dapat diputar. Inilah mengapa disarankan menggunakan layanan WiFi internet rumahan, pastikan cepat dan tidak ada kuota.

2. Perangkat TV yang tidak didukung

Netflix memerlukan sistem operasi yang kompatibel agar dapat berjalan dengan baik. Jika TV Anda menggunakan sistem operasi yang sudah usang atau tidak lagi didukung oleh Netflix, maka Anda mungkin tidak dapat menginstal atau menjalankan aplikasi Netflix.

Jika TV Anda tidak mendukung Netflix, silahkan menggunakan perangkat tambahan seperti set-top box streaming, smart TV stick, atau konsol game yang mendukung Netflix. Anda dapat menghubungkan perangkat tersebut ke TV dan mengakses Netflix melalui perangkat tersebut.

Simak juga: Cara Mengatasi 'Your Account Cannot Be Used in This Location' di Netflix

3. Pembaruan sistem operasi

Pembaruan sistem operasi yang belum dilakukan pada TV dapat menjadi faktor yang menyebabkan Netflix tidak dapat memutar film. Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai masalah ini:

  • Kompatibilitas Aplikasi: Ketika Netflix merilis pembaruan untuk aplikasinya, mereka biasanya mengoptimalkannya untuk bekerja dengan versi terbaru sistem operasi TV. Jika Anda tidak melakukan pembaruan sistem operasi, mungkin aplikasi Netflix yang terinstal di TV tidak kompatibel dengan versi tersebut. Ini dapat menyebabkan masalah dalam memuat atau memutar film di Netflix.
  • Keamanan dan Pembaruan Perangkat Lunak: Pembaruan sistem operasi tidak hanya menghadirkan perbaikan bug, tetapi juga memberikan peningkatan keamanan dan stabilitas perangkat.

    Jika tidak melakukan pembaruan sistem operasi, TV Anda mungkin rentan terhadap kerentanan keamanan yang dapat memengaruhi pengoperasian aplikasi Netflix atau mengakibatkan ketidakstabilan saat memutar film.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan untuk melakukan pembaruan sistem operasi TV Anda secara teratur. Ini biasanya dapat dilakukan melalui menu Pengaturan pada TV.

Periksa situs web produsen TV Anda untuk mendapatkan panduan tentang cara melakukan pembaruan sistem operasi yang tepat untuk model dan merek TV. Kalau memang TV Anda di rumah sudah terlalu jadul, semoga ada rejeki lebih untuk mengupgrade agar bisa lancar nonton Netflix di Smart TV.

4. Akun Netflix Anda

Akun Netflix yang bermasalah atau tidak valid dapat menjadi salah satu penyebab Netflix tidak dapat memutar film di Smart TV. Misalnya masalah subskripsi yang sudah tidak aktif karena lupa memperbaharui, ada pelanggaran kebijakan sehingga diblokir, masalah otentikasi seperti gagal login dan mencapai batas perangkat yang diijinkan.

Disarankan untuk logout akun Netflix lalu login kembali. Cobalah cek apakah kali ini Anda bisa memutar film favorit dengan lancar? Umumnya dengan sesi login baru maka semua pengaturan akan dimulai dari nol.

Baca juga: Kenapa Netflix Indonesia Tidak Lengkap? Alasan dan Solusi

5. Masalah teknis dari aplikasi Netflix

Terkadang, aplikasi Netflix itu sendiri dapat mengalami kesalahan atau kerusakan yang menghambat pemutaran film. Hal ini dapat terjadi karena bug perangkat lunak, konflik dengan versi sistem operasi atau pembaruan yang tidak kompatibel, atau masalah internal dalam aplikasi. Kesalahan ini dapat mempengaruhi kemampuan Netflix untuk memutar film di TV Anda.

Kalau memang bermasalah disarankan untuk mengupdate aplikasi Netflix di TV ataupun uninstall lalu install kembali. Dengan mengulang dari awal, harapannya semua data dimuat ulang sehingga kali ini bisa berjalan lancar.

Jika Anda menghadapi masalah dalam memutar film di Netflix, langkah-langkah perbaikan termasuk memperbarui perangkat lunak, memeriksa pengaturan jaringan, dan menghubungi tim dukungan jika masalah berlanjut. Dengan pemecahan masalah yang tepat, Anda dapat menikmati pengalaman menonton yang lancar di Netflix melalui TV.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel