Cara Mengatasi Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan Indosat

Pernahkah Anda tidak dapat menggunakan internet dengan Indosat meskipun memiliki paket data seluler yang aktif? Mengapa ini terjadi dan bagaimana cara untuk mengatasi?

Masalah ini bisa menjadi sangat menjengkelkan, terutama ketika kita bergantung pada internet dan membutuhkannya secepatnya. Shalaman akan menggali penyebab data seluler aktif tapi tidak bisa internetan indosat.

Cara Mengatasi Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan Indosat

1. Periksa apakah paket data seluler dan kuota

Pastikan paket data masih berlaku dan tersedia kuota untuk mengakses internet. Meskipun jaringan seluler sinyal full dan sudah 4G, jika ternyata kuota habis atau masa aktif paket sudah berakhir maka ponsel tidak bisa internetan.

Silahkan beli paket internet baru jika kuota sudah habis. Penggunaan data di jaman sekarang memang sangat boros terutama bagi Anda yang hobi streaming. Bahkan video pendek seperti Reels dan Tiktok, kalau sering ya tetap menyedot banyak kuota.

Baca juga: Kenapa Sudah Beli paket Internet Tapi Tidak Bisa Digunakan

2. Pastikan tidak ada gangguan jaringan

Umumnya tidak bisa tersambung internet itu disebabkan sinyal yang lemah atau tidak stabil. Meskipun data seluler aktif dan kuota masih banyak, mustahil internetan jika jaringan internet bermasalah.

Coba tanyakan ke teman atau keluarga yang menggunakan Indosat. Apakah mereka juga tidak bisa mengakses internet? Jika iya kemungkinan memang ada gangguan jaringan.

Masalah seperti ini disebabkan oleh pemeliharaan rutin, kerusakan infrastruktur, atau masalah teknis lainnya. Silahkan cek berkala beberapa jam kedepan, seharusnya internet kembali online dengan sendirinya.

Untuk lebih pasti, silahkan hubungi customer service Indosat untuk menanyakan apakah ada masalah jaringan di daerah Anda.

3. Mengaktifkan Mode Pesawat dan nonaktifka

Mode pesawat pada ponsel mematikan semua koneksi nirkabel, termasuk jaringan seluler. Silahkan mencoba mengaktifkan lalu nonaktifkan kembali setelah beberapa detik.

Tujuannya untuk memberikan kesempatan bagi ponsel Anda untuk melakukan pembaruan dan reset pada koneksi seluler. Langkah ini sering digunakan untuk memperbaiki masalah koneksi internet.

4. Restart ponsel

Me-restart ponsel bertujuan memberikan kesempatan bagi perangkat Anda untuk memulai ulang semua proses dan koneksi yang terkait dengan penggunaan data seluler.

Ini dapat membantu memperbaiki masalah sementara yang mungkin terjadi dan mengembalikan koneksi internet yang normal.

Konsepnya mirip mengaktifkan dan mematikan Mode Pesawat. Bedanya Restart ini mengulang semua proses bukan cuma masalah koneksi nirkabel seperti internet saja.

5. Periksa pengaturan APN (Access Point Name)

Sebenarnya secara default, pengaturan APN sudah diatur otomatis ketika SIM Card digunakan. Namun tidak ada salahnya untuk mengecek kembali. Mungkin saja Anda atau orang lain pernah mengubah pengaturan APN.

Pengaturan APN ini sangat penting karena jika tidak tepat atau tidak sesuai dapat menghambat akses internet Anda.

Untuk kartu Indosat, biasanya APN yang digunakan adalah indosatgprs dan indosatooredoo.com. Selain itu bisa menggunakan APN sejuta umat yaitu internet.

Simak juga: Cara Mengatasi Notifikasi Planet 3 Muncul Terus

6. Pilih Preferred Network yang Sesuai

Sering kali pengguna mengatur Preferred Network dengan memilih "LTE Only" dengan harapan internet selalu 4G tidak turun ke 3G atau Edge.

Namun terkadang pengaturan ini menyebabkan masalah tidak dapat terhubung internet. Misalnya jika jaringan 4G bermasalah, sinyal akan minim atau menghilang. Untuk itu lebih disarankan memilih LTE/ WCDMA agar tetap bisa internetan meskipun ada gangguan jaringan 4G.

7. Reset Network Settings

Dalam beberapa situasi, konfigurasi jaringan seluler mungkin mengalami kesalahan atau korupsi yang dapat mempengaruhi koneksi internet. 

Setelah direset, pengaturan jaringan akan dikembalikan ke pengaturan awal atau default, yang dapat membantu memperbaiki masalah koneksi yang mungkin terjadi.

Umumnya untuk melakukan reset, silahkan masuk ke Pengaturan > Jaringan/ Koneksi, memilih opsi "Reset Network Settings" atau opsi serupa yang ada.

Perlu diperhatikan bahwa pengaturan Wi-Fi dan preferensi jaringan akan hilang semua. Anda harus kembali memasukkan password kembali jika ingin terhubungi Wi-Fi.

8. Hubungi Customer Service Indosat

Terakhir, jika masalah tersebut tidak dapat diatasi, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan Indosat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka akan dapat membantu Anda dalam memecahkan masalah ini.

Dengan mengikuti tips dan solusi di atas, Anda dapat memulihkan koneksi internet yang lancar dan menikmati pengalaman browsing yang lebih baik dengan Indosat. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel