Kenapa Paket Freedom Internet Indosat Lemot

Paket Freedom Internet Indosat telah menjadi pilihan populer bagi banyak masyarat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan akses internet. Namun, ada kalanya pengguna merasa bahwa kecepatan internet dari paket ini terasa lemot. 

Shalaman akan menjelaskan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan internet paket Freedom Internet Indosat. Mulai dari syarat dan ketentuan dari paket itu sendiri ataupun masalah teknis lain.

Kenapa Paket Freedom Internet Indosat Lemot

1. Kuota Habis, Fitur Pulsa Safe Aktif

Penting untuk dipahami bahwa paket Freedom Internet dilengkapi dengan fitur Pulsa Safe. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk tetap dapat mengakses internet meskipun kuota utama telah habis, tanpa khawatir akan terpotong pulsa. Namun, kecepatan yang bisa diperoleh melalui fitur Pulsa Safe ini hanya mencapai 64 Kbps.

Jadi misal Anda beli Freedom Internet 35 GB/ 30 hari. Jika kuota 35 GB tersebut telah habis digunakan maka kecepatan internet akan turun hingga 64 Kbps. Anda masih bisa tersambung internet hingga masa aktif habis.

Kecepatan 64 Kbps mungkin tampak cukup rendah jika dibandingkan dengan kebutuhan internet pada zaman sekarang. Sebagai gambaran kecepatan E (Edge) itu sekitar 236,8 Kbps. Sekarang sudah jamannya 5G lho.

Di era di mana streaming video, gaming online, dan unduhan berkecepatan tinggi telah menjadi hal yang umum, kecepatan 64 Kbps mungkin tidak mencukupi untuk aktivitas-aktivitas tersebut. 

Kecepatan tersebut terutama cocok untuk akses internet ringan seperti membuka email, browsing web sederhana, atau menggunakan aplikasi chatting.

Buka Facebook saja bakal butuh waktu berjam-jam. Inilah faktor utama mengapa pengguna paket Freedom Indosat mengeluhkan internet yang lemot.

Sebaiknya cek sisa kuota Anda, jika sudah habis sebaiknya membeli paket yang baru agar bisa menikmati kecepatan maksimal kembali.

Namun jika kuota masih banyak namun internet terasa lemot, kemungkinan ada masalah lain terutama pada jaringan Indosat di daerah Anda. 

Baca juga: Kenapa Tidak Bisa Membeli Paket Indosat Padahal Pulsa Cukup

2. Jaringan yang padat

Jika banyak pengguna menggunakan jaringan secara bersamaan, khususnya pada jam-jam sibuk, maka kecepatan internet bisa terpengaruh. 

Ketika banyak pengguna mengakses jaringan secara bersamaan, bandwidth yang tersedia terbagi di antara mereka, menyebabkan kecepatan internet menurun.

Pasti sudah banyak yang tahu bahwa waktu terbaik download dengan kecepatan tinggi itu dini hari. Saat itu hanya sedikit orang yang menggunakan internet, sehingga bisa lancar dan cepat.

3. Masalah teknis

Terkadang, masalah teknis pada jaringan Indosat dapat mempengaruhi kecepatan internet. Gangguan pada peralatan jaringan, pemeliharaan rutin, atau masalah teknis lainnya dapat menyebabkan kinerja internet yang buruk.

Jika koneksi internet tiba-tiba lemot padahal sebelumnya lancar, kemungkinan ada masalah pada jaringan di daerah Anda.

Silahkan cek berkala dalam beberapa jam ke depan, semoga permasalahan sudah diperbaiki oleh tim Indosat. Jika lebih dari 1 x 24 jam masih lemot, silahkan hubungi Customer Service untuk bantuan lebih lanjut.

5. Jarak dari menara seluler

Kecepatan internet juga dapat dipengaruhi oleh jarak antara perangkat Anda dan menara seluler Indosat terdekat.

Semakin jauh jaraknya, semakin lemah sinyal yang diterima perangkat, yang pada gilirannya dapat mengurangi kecepatan internet.

Salah satu tips terbaik mengatasi ini adalah pindah rumah. Ehhhh, Anda bisa mencoba internetan di teras atau lantai dua untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik.

Hindari berada di ruangan dengan tembok tebal karena bisa membatasi akses sinyal dari menara pemancar.

6. Pengaturan APN yang salah

Sering kali teman-teman menganti APN karena ingin koneksi yang lebih stabil dan cepat. Sayangnya terkadang pengaturan yang salah malah membuat internet menjadi lemot.

Pengguna Indosat disarankan untuk menggunakan APN, indosatgprs, indosatooredoo.com ataupun internet. Jangan mengotak-atik jika tidak paham tentang bagaimana cara mengatur APN.

Simak juga: Cara Mengatasi Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan Indosat

Kesimpulannya, jika kuota paket Anda habis berarti internet lemot karena fitur Pulsa Safe telah aktif. Kecepatan internet akan turun drastis dan sangat lemot. Solusinya tinggal membeli paket internet lagi.

Sebaliknya jika kuota masih banyak, ada banyak masalah namun kemungkinan disebabkan oleh masalah jaringan. Sebaiknya hubungi CS untuk penjelasan lebih detail dan memastikan sumber masalahnya.

Sekian artikel tentang Kenapa Paket Freedom Internet Indosat Lemot + 6 Solusi Terbaik. Semoga dengan pemahaman ini, Anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba kecepatan internet melambat hingga 64 Kbps.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel