Webtoon Bastian di Naver

Baru-baru ini, sebuah webtoon kerajaan baru dengan cerita agak berat hadir di Indonesia. Judulnya Bastian yang diangkat dari novel karya Solche. Adaptasi dari novel menjadi webtoon dikerjakan oleh Abin.

Bastian Klauvitz, kapten angkatan laut dari keluarga kaya raya, membutuhkan batu loncatan demi kesuksesan balas dendamnya. Odette von Dyssen, putri duke gelandangan dari garis keturunan kekaisaran, membutuhkan uang untuk kehidupan baru. Kesepakatan pernikahan yang didasari tujuan pribadi awalnya disetujui karena saling menguntungkan, sampai pada suatu saat terjadilah kehancuran.

Judul Korea Webtoon Bastian di Naver

Manhwa RAW memakai judul asli 바스티안 dibaca baseutian. Yups, judul yang digunakan diambil dari sosok ML yang sangat luar biasa.

Berikut ini adalah link Webtoon Bastian di Naver. Versi RAW rilis pada 19 Januari 2023 yang beda dua bulan lebih dari sini. Semua dapat langsung dibaca tanpa harus login terlebih dahulu.

Simak juga: Webtoon Can the Grand Duke and the Marquis be Friends? di Naver

Saat artikel ini ditulis,

  • Indonesia sudah ada Prolog + 3 episode. Update lagi setiap hari Rabu.
  • Naver sudah ada Prolog + 12 episode + 7 lanjutan. Rilis lagi setiap Kamis.
  • Dongman Manhua ada Prolog + 4 episode dengan judul lain 巴斯蒂安.

Sulit sekali mencari spoiler dari RAW jika tidak membaca huruf Hangeul. Webtoon ini banyak dialog yang baca untuk mengerti apa yang terjadi.

Ada grup translation bernama Death by Roses yang menerjemahkan. Beberapa fans dari Indonesia di situs seperti batoto dan mangadex pun mengarap hingga semua episode hingga lanjutan.

Baca juga: Judul Korea Webtoon My Husband Changes Every Night di Naver

Dua karya lain dari Solche yang telah diangkat menjadi webtoon yaitu My Fair Maid dan The Problematic Prince. Versi English webtoon telah rilis di platform TappyToon. 

Ciri khas dari karya beliau memiliki pemeran utama pria yang selalu sampah, Namun anehnya ada daya tarik yang bisa membuat novel-novelnya menjadi populer di Korea meski terkadang mendapatkan banyak ulasannya buruk.

Jika Anda sedang mencari karakter yang ditulis dengan baik, rumit, tetapi dengan plot yang agak klise dan masih bisa menaham emosi, silakan terus membaca! Sebaliknya jika tidak tahan, lebih baik distop daripada tekanan darah tinggi.

Salah satu kelebihan dari Bastian adalah kualitas gambar yang sangat luar biasa. Abin, sang ilustrator, sebelumnya telah menggambar untuk Putri dalam Dunia Novel yang dapat dibaca di Kakao Webtoon. Dalam Bastian, Abin mampu menghasilkan gambar yang memanjakan mata dan detail dalam menggambar karakter serta latar belakang.

Sekian artikel tentang Judul Korea Webtoon Bastian di Naver. Bastian dikategorikan sebagai webtoon yang mature karena mengangkat tema psikologi dan tragedi. Oleh karena itu, lebih cocok dibaca oleh pembaca dewasa yang bisa menangani cerita yang cukup berat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel