Cara Mengeluarkan Suara Komputer tanpa Speaker

Bagi kalian yang sudah kehabisan budget setelah merakit PC kesayangan dan tidak punya uang untuk membeli audio speaker, mungkin akan bertanya "adakah cara mengeluarkan suara komputer tanpa speaker?"

Selain menjawab pertanyaan tersebut, artikel ini juga akan memberikan tips untuk memperoleh kualitas suara yang lebih baik dari komputer tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Jadi, simak terus untuk mengetahui cara mendengarkan suaran dari konputer tanpa speaker.

Adakah Cara Mengeluarkan Suara Komputer tanpa Speaker?

Simpel saja jawabnya tidak mungkin karena PC membutuhkan speaker untuk mengeluarkan suara. Speaker berfungsi untuk memproses dan mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi suara yang dapat didengar oleh telinga manusia. Tanpa speaker, suara yang dihasilkan oleh komputer tidak akan dapat didengar.

Meskipun speaker diperlukan untuk mengeluarkan suara dari PC, Anda tidak harus selalu membeli speaker eksternal yang mahal. Ada beberapa cara alternatif yang dapat digunakan untuk mengeluarkan suara dari PC tanpa harus membeli speaker eksternal, seperti menggunakan headphone atau earphone atau menghubungkan ke perangkat Bluetooth lain yang sudah dimiliki.

Alternatif dari Penggunaan Speaker untuk Komputer

1. Headphone

Dengan menggunakan headphone, Anda dapat mendengarkan suara dari komputer tanpa membutuhkan speaker atau perangkat tambahan lainnya. Anda dapat menghubungkan headphone ke port audio pada komputer.

Harga relatif lebih murah dibandingkan speaker namun tidak bisa mengeluarkan suara nyaring yang terdengar hingga ruangan lain. Anda juga menggunakan earphone yang sering dijadikan bonus ketika membeli handphone.

Cara menggunakannya,

  1. Pastikan bahwa headphone yang akan Anda gunakan sudah terhubung ke komputer. Pasang saja ujung kabel ke port audio pada komputer, yang biasanya ditemukan di bagian depan atau belakang CPU.
  2. Setelah terhubung, pastikan bahwa komputer mengenali perangkat tersebut. Anda dapat memeriksa pengaturan suara pada komputer untuk memastikan bahwa headphone telah terdeteksi.
  3. Jika headphone telah terdeteksi, atur output suara pada komputer untuk memainkan suara melalui headphone. Anda dapat mengatur pengaturan suara pada komputer melalui Control Panel (di Windows) atau Preferences (di Mac).
  4. Setelah pengaturan suara pada komputer sudah diatur, putar suara yang ingin Anda dengarkan pada komputer, dan pastikan bahwa output suara diputar melalui headphone.
  5. Terakhir, pastikan bahwa headphone Anda nyaman dipakai dan volume suara sudah diatur dengan aman. Anda dapat mengatur volume suara pada komputer atau pada headphone itu sendiri.
Dengan menggunakan headphone, Anda dapat mendengarkan suara dari komputer tanpa membutuhkan speaker atau perangkat tambahan lainnya. Hal ini sangat berguna jika Anda ingin mendengarkan musik atau audio lainnya tanpa mengganggu orang lain di sekitar.

2. TV

Yups, kalau terpaksa banget ingin nonton Film/ Streaming di komputer namun belum ada speaker, kalian bisa menghubungkan CPU ke Monitor TV menggunakan kabel HDMI untuk mentransmisikan suara dan gambar.

Anda hanya perlu menghubungkan kabel HDMI ke port HDMI pada sisi belakang komputer dan TV. Selanjutnya jangan lupa mengatur output suara pada komputer untuk menggunakan HDMI sebagai output suara.

Sudah jelas kan bahwa mustahil mengeluarkan suara komputer tanpa speaker. Suara pada komputer dihasilkan dalam bentuk sinyal listrik yang kemudian diubah menjadi sinyal suara oleh kartu suara pada komputer. Sinyal suara yang dihasilkan perlu dikeluarkan melalui perangkat speaker agar bisa didengar oleh pengguna. 

Jadi, speaker berfungsi sebagai alat untuk mengubah sinyal suara digital menjadi suara analog yang bisa didengar oleh telinga manusia. Tanpa speaker, suara yang dihasilkan oleh komputer hanya bisa diproses dan diterjemahkan oleh perangkat keras di dalamnya, tanpa bisa didengar oleh pengguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel