Cara Mengatasi Lag PUBG Saat Ada Musuh

Ketika permainan yang awalnya lancar berubah menjadi lag ketika musuh muncul, tentu sangat menjengkelkan dan bisa mengganggu konsentrasi. Belum lagi jika mati tanpa bisa memberikan berlawanan karena tidak bisa bergerak.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa game PUBG lag saat ada musuh terutama ketika perang bersamaan. Lengkap dengan tips dan trik untuk mengatasi masalah lag ketika bermain PUBG Mobile sehingga para pemain dapat menikmati pengalaman bermain yang lebih lancar dan menyenangkan.

Penjelasan Mengapa PUBG Lag Saat Ada Musuh

Saat bermain game, HP harus memproses dan menyimpan banyak data sekaligus, termasuk grafik, suara, dan input pengguna. Apalagi untuk PUBG yang mengusung battle royale dimana ada 100 orang yang bermain.

Ketika sebuah HP tidak mampu menangani beban kerja yang meningkat secara tiba-tiba karena adanya banyak musuh yang perang secara bersamaan, maka performa game akan menurun dan menyebabkan lag.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengoptimalkan pengaturan, sehingga dapat meminimalisir beban pemrosesan dan menjaga agar HP tetap stabil. Serta mempertimbangkan untuk membeli handphone dengan spesifikasi yang lebih baik jika diperlukan.

Baca juga: Cara Menjual Hero yang Sudah Dibeli di Mobile Legends

Cara Mengatasi Lag PUBG Saat Ada Musuh

Berikut ini adalah beberapa tips yang terbukti dapat mengatasi game PUBG yang ngeframe parah ketika ada musuh,

1. Koneksi internet yang tidak stabil

Kecepatan internet yang tidak memadai dapat menyebabkan lag/ ngeframe parah saat bermain game, terutama game online seperti PUBG Mobile yang membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat.

Untuk mengatasi masalah koneksi internet yang tidak stabil, Anda dapat mencoba beberapa hal, seperti: 

  • Gunakan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil, seperti jaringan WiFi yang terhubung ke router yang berdekatan dengan handphone
  • Pastikan jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama tidak terlalu banyak.
  • Tutup aplikasi atau program lain yang memerlukan koneksi internet yang besar. 
  • Periksa jaringan seluler dan pastikan Anda berada di area yang memiliki sinyal yang kuat. 
  • Gunakan aplikasi pengoptimalisasi jaringan yang dapat membantu meningkatkan kinerja koneksi internet dan mengurangi lag saat bermain game. Contohnya Internet Booster & Optimizer, Net Optimizer, DU Speed Booster & Optimizer dll

Dengan koneksi internet yang lancar, handphone akan selalu terhubung ke server. Dengan begini bisa menampilkan war dengan lancar meskipun banyak aksi yang dilakukan oleh beberapa pemain secara bersamaan.

2. Turunkan pengaturan grafis game

Saat bermain game, pengaturan grafis yang terlalu tinggi membutuhkan lebih banyak sumber daya dan menyebabkan lag. Oleh karena itu, menurunkan pengaturan grafis game adalah salah satu solusi untuk mengoptimalkan kinerja handphone saat bermain PUBG Mobile.

  • Turunkan resolusi game pada pengaturan grafis PUBG Mobile. Semakin rendah resolusi yang digunakan, semakin rendah pula tuntutan terhadap kinerja, dan semakin kecil kemungkinan terjadinya lag.
  • Kurangi kualitas grafis pada pengaturan grafis PUBG Mobile. Anda dapat menurunkan kualitas visual pada game, seperti mengurangi jumlah bayangan, menurunkan kualitas tekstur, menurunkan jumlah efek visual dan lain-lain.

Beberapa netizen menyarankan penggunaan BAGT (BattleGrounds Advanced Graphics Tools) dan GFX Tool. Kedua aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mengatur setelan grafis game bahkan lebih ringan dibandingkan pengaturan default.

Pengunaannya sering dicari oleh pengguna handphone kentang dengan RAM 2 GB yang sering ngelag. Namun penggunaan aplikasi dari pihak ketiga, tidak disarankan karena dapat menimbulkan risiko bagi HP dan akun Anda. Tidak ada jaminan keamanan bagi pengguna, takutnya jika salah setting malah merusak handphone.

3. Matikan fitur yang tidak diperlukan

PUBG memberikan banyak fitur yang memberikan kenyamanan bermain bagi semua player. Tetapi beberapa fitur dapat mempengaruhi kinerja HP, seperti fitur anti-aliasing, mode night vision, dan fitur lainnya yang tidak diperlukan.

Berikut ini beberapa fitur yang dapat dimatikan pada PUBG Mobile tanpa mempengaruhi jalannya permainan:

  • Anti-aliasing: Fitur ini dapat membuat tampilan grafis menjadi lebih halus dan realistis, namun memerlukan pengolahan grafis yang cukup besar. Anda dapat mematikan fitur ini pada pengaturan grafis PUBG Mobile. 
  • Mode night vision: Mode ini dapat membantu meningkatkan visibilitas pada game dalam kondisi minim cahaya. Anda dapat mematikan mode night vision pada pengaturan grafis PUBG Mobile jika kondisi pencahayaan sudah cukup terang.
  • Efek visual yang berlebihan: Anda dapat mematikan efek visual yang tidak diperlukan pada pengaturan grafis PUBG Mobile, seperti efek ledakan dan efek lainnya yang memakan banyak sumber daya.
  • Fitur Voice Chat: Anda dapat mematikan fitur voice chat pada pengaturan PUBG Mobile jika tidak diperlukan. Alternatifnya berkomunikasi melalui Chat Text, tidak memerlukan daya besar namun sedikit ribet.

Dengan mematikan fitur yang tidak diperlukan, Anda dapat mengurangi tuntutan terhadap kinerja dan meningkatkan kinerja game. Namun, perlu diingat bahwa mematikan fitur yang tidak diperlukan juga dapat mengurangi pengalaman bermain game, terutama jika fitur tersebut penting untuk gameplay.

Baca juga: Cara Download Data Mobile Legends

4. Tutup aplikasi lain yang tidak diperlukan

Meskipun aplikasi berjalan di latar belakang namun tetap memerlukan pengolahan sumber daya seperti CPU dan RAM. Dengan menutup aplikasi lain yang tidak diperlukan, Anda dapat meningkatkan kinerja handphone untuk menjalankan PUBG.

Aplikasi pihak ketiga seperti Game Booster disarankan bagi yang tidak mau ribet. Game booster dapat membantu mempercepat kinerja perangkat dengan menutup aplikasi lain dan memblokir notifikasi yang bisa menganggu kenyamanan bermain game.

5. Berhenti bermain untuk mengatasi overheat

Pernahkah awalnya bisa bermain PUBG dengan lancar namun ketika bermain game dalam waktu yang lama, tiba-tiba handphone ngeframe parah dan tidak bisa digerakkan? 

Penyebabnya kemungkinan overheat, suhu handphone meningkat yang menyebabkan kinerja CPU, GPU, dan RAM menurun secara signifikan. Hal ini dapat mengakibatkan performa game menjadi lambat, terjadi lag, atau bahkan freeze dan force close.

Berhenti bermain game ketika handphone mulai terasa panas adalah solusi terbaik. Berhentilah bermain sekitar 30 menitan untuk memberi waktu handphone hingga suhu kembali normal. Pengguna hp kentang jangan terlalu sering bermain hingga overheat karena bisa mengurangi umur dari hardware.

6. Menghapus file tidak perlu untuk mengosongkan ruang penyimpanan

Ketika ruang penyimpanan pada handphone hampir penuh, maka sistem akan mengalami kesulitan untuk menyimpan data baru dan memori RAM yang tersedia akan berkurang. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja aplikasi dan game yang sedang berjalan.

Disarankan menghapus file dan aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Untuk foto dan video disarankan backup ke penyimpanan ekstenal seperti Harddisk laptop/ komputer, SD Card atau bisa diupload ke cloud.

7. Beli handphone dengan spesifikasi yang lebih baik

Dengan memiliki berspesifikasi yang lebih baik, seperti prosesor yang lebih cepat, RAM yang lebih besar, dan GPU yang lebih baik, handphone dapat menangani beban kerja yang lebih berat dan meningkatkan performa game.

Disarankan membeli handphone baru dengan spesifikasi menengah. Dengan begini Anda bisa lancar bermain PUBG dalam 2-3 tahun kedepan. Harga 2 juta sudah lebih dari cukup untuk bermain tanpa lagi meskipun bertemu segerombolan musuh.

Dapat disimpulkan bahwa ada beberapa cara untuk mengatasi lag saat bermain PUBG ketika ada musuh. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, diharapkan dapat membantu mengatasi masalah lag saat bermain PUBG di handphone dan memaksimalkan performa game secara keseluruhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel