Cara Melihat Detail Foto yang Dikirim Lewat WhatsApp

Foto dan gambar telah menjadi media yang sangat populer untuk berkomunikasi dan berbagi momen. Terutama di era digital saat ini, aplikasi pesan instan seperti WhatsApp telah menjadi bagian penting dari kehidupan sosial kita. 

Pengguna WhatsApp seringkali mengirim dan menerima gambar dengan mudah, namun seringkali tidak dapat melihat detail teknis dari gambar yang diterima. Bagi yang penasaran lokasi atau kamera yang digunakan untuk mengambil gambar, berikut ini penjelasannya.

Cara Melihat Detail Foto yang Dikirim Lewat WhatsApp

Sebenarnya tidak tersedia pilihan untuk melihat detail foto melalui aplikasi WhatsApp namun Anda bisa menggunakan Galery bawaan handphone untuk mengecek, berikut ini adalah langkah-langkahnya,

  1. Buka chat di WhatsApp yang berisi foto yang ingin Anda cek detailnya.
  2. Tap foto tersebut untuk memperbesar
  3. Pada pojok kanan atas ada ikon tiga titik vertikal, klik pada ikon tersebut.
  4. Pilihlah "Lihat di Galery".
  5. Selanjutnya klik ikon tiga titik dibagian bawah, akan muncul "Rincian" atau "Detail". Tingga tap pilihan tersebut.
  6. Akan muncul beberapa rincian dari foto misal Waktu ambil, Info berkas, Jalur lokasi dll.

Bagi Anda yang ingin mencari detail foto seperti informasi lokasi, kamera yang digunakan dan data lainnya maka tidak bisa. Perlu diperhatian bahwa WhatsApp secara default menghapus metadata dari foto yang dikirim.

Metadata EXIF (Exchangeable Image File) berisi informasi tentang kamera atau perangkat yang digunakan untuk mengambil foto, tanggal dan waktu, lokasi tempat dan informasi teknis lainnya tentang foto.

Beberapa pengguna mungkin menganggap "penghapusan" ini sebagai kelemahan dari WhatsApp, namun sebenarnya ini adalah kebijakan privasi yang diterapkan oleh WhatsApp untuk melindungi privasi penggunanya.

Dalam beberapa kasus, informasi EXIF dapat mengungkapkan informasi pribadi pengguna atau informasi sensitif seperti lokasi tempat foto diambil, yang dapat membahayakan privasi. Inilah alasan utama mengapa WhatsApp secara otomatis menghapus data EXIF dari foto yang dikirim, sehingga informasi sensitif tidak dapat disalahgunakan oleh orang lain.

Jika Anda ingin mempertahankan informasi EXIF, Anda dapat melakukannya dengan mengirim foto dalam format file yang berbeda seperti file JPEG atau PNG, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak menghapus metadata EXIF secara otomatis.

Namun, ingatlah bahwa dengan mempertahankan metadata EXIF, ada kemungkinan terjadi kebocoran informasi sensitif dan pribadi yang terkait dengan foto tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk mempertimbangkan risiko dan manfaatnya sebelum memutuskan untuk mempertahankan metadata EXIF dalam foto yang Anda kirim melalui WhatsApp.

Membahas Aplikasi dan Situs Online untuk Mengecek Metadata EXIF

Banyak situs di google yang menjelaskan bahwa kita bisa melihat detail foto yang dikirim lewat WhatsApp dengan aplikasi ataupun situs online. Sebut saja EXIF Data Viewer, Jimpl, EXIF Data Viewer Online dll

Aplikasi dan website online tersebut sebenarnya dapat bekerja dengan baik pada foto yang diambil langsung dari kamera atau disimpan di perangkat Anda. Namun, ketika Anda mengirim foto melalui WhatsApp, hasilnya zonk karena WhatsApp secara otomatis menghapus sebagian besar meta data EXIF dari foto tersebut.

Sebenarnya Anda tidak perlu menggunakan aplikasi/ situs pihak ketika untuk mengecek detail EXIF. Di handphone, ada Galery yang mengijinkan pengguna melihat rincian/ detail dari foto. Di Komputer/ Laptop pun informasi yang diberikan lebih rinci lagi.

Dalam kesimpulan, dapat disimpulkan bahwa melihat detail foto yang dikirim melalui WhatsApp dapat menjadi tugas yang sulit karena aplikasi ini secara otomatis menghapus data EXIF dari foto. Hal ini dilakukan untuk melindungi privasi pengguna dari pihak yang ingin melacak informasi pribadi seperti lokasi atau tanggal foto diambil.

Meskipun begitu, beberapa informasi dasar seperti resolusi, ukuran file, dan nama file masih dapat dilihat pada menu "Detail" via Galery. Jika ingin mengirimkan foto dengan metadata lengkap dan kualitas yang sama, disarankan mengirimkannya dalam bentuk file atau lebih baik kirim via gmail saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel