Cara Pindah Kota Grab Driver

Cara pindah kota Grab driver - Ojek Grab baik itu Bike, Car, Food, Express dan Mart hanya diijinkan untuk nge-bid penumpang di wilayah operasionalnya. Tujuannya agar tidak terlalu banyak jumlah driver yang ada di suatu daerah.

Bayangkan kalau diijinkan narik di mana saja termasuk kota lain yang jauh dari tempat tinggal. Dijamin persaingan semakin ketat dan penghasilan per orang tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Inilah mengapa ketika kuota Mitra Pengemudi terpenuhi, kantor Grab akan menutup lowongan baru di suatu kota.

Cara Pindah Kota Grab Driver

Menurut informasi dari Grab Help Center, jika driver ingin berpindah kota operasional maka harus mengajukan pengunduran diri ke kantor Grab terdekat di kota. Setelah proses resign selesai, lakukan pendaftaran Mitra Grab baru. Sebelumnya pastikan registrasi Mitra Pengemudi Grab sedang dibuka atau tidak.

Berikut ini adalah langkah lengkap jika ingin mutasi akun Grab Driver ke kota lain.

1. Memastikan ada lowongan Mitra Driver di Kota Tujuan

Informasi paling akurat terkait ada tidaknya lowongan Mitra Pengemudi dapat ditanyakan ke Grab Driver Center di kota terkait.

Anda bisa mencari di google maps dengan kata kunci "Kantor Grab NamaKota". Misal untuk mencari lowongan di Madiun silahkan search dengan "Kantor Grab Madiun". 

Simpan nomor telepon yang tersedia lalu hubungi kantor untuk menanyakan adanya lowongan mitra pengemudi.

Bagi yang ingin lebih jelas sebaiknya datang langsung ke lokasi sesuai dengan alamat yang ada di google maps.

Kadang ketika lowongan baru dibuka, ada yang diposting lewat sosial media misal facebook ataupun instagram. Biasanya komunitas Ojek Grab akan membuat grup di Facebook. Silahkan silahturahmi terlebih dahulu untuk bertanya terkait lowongan.

2. Mengundurkan diri sebagai Driver di Kota sebelumnya

Seorang mitra driver harus resign terlebih dahulu, sebelum mendaftar menjadi driver di wilayah kerja baru. Bisa dilakukan secara online ataupun offline langsung kantor Grab terdekat.

Oh iya banyak kasus resign online itu digantung hingga berminggu-minggu. Inilah mengapa disarankan lebih baik ke kantor GDC saja dan mengajukan regisn ke petugas disana. Yang seperti ini tidak perlu menunggu antrian dan bisa langsung diproses. Namun karena berkaitan dengan data di sistem maka harus menunggu diproses hingga 3 x 24 jam.

Tanda resign telah disetujui ketika membuka akun grab akan muncul notifkasi "Akun nonaktif". Akun di nonaktifkan karena telah mengajukan resign atau berhenti sebagai Mitra Grab Indonesia. Terima kasih untuk kontribusi anda selama bermitra bersama Grab Indonesia.

3. Mendaftar kembali menjadi Mitra Pengemudi Grab di Kota lain

Proses yang dilakukan persis dengan mendaftar Grab dari awal termasuk mengisi data diri dan dokumen yang diperlukan. Bedanya mungkin harus menambahkan "surat domisili" jika alamat di KTP beda dengan kota sekarang.

Setelah melalui semua proses dan dinyatakan sebagai Mitra Pengemudi Grab, anda bisa nge-bid penumpang lagi sesuai aplikasi.

Cara ini tak hanya bagi yang ingin pindah skema ke kota lain namun juga bagi yang beralih dari GrabBike ke GrabCar ataupun sebaliknya. Seorang mitra hanya bisa memiliki 1 akun dalam waktu bersamaan.

Apakah Akun Grab Bisa Digunakan di Kota Lain

Normalnya tidak bisa dilakukan, seorang mitra pengemudi hanya bisa narik di wilayah operasional. Alasannya untuk mengontrol jumlah driver yang bekerja di suatu daerah.

Bayangkan jika tidak ada batasan ini, pasti banyak ojek yang berkumpul di suatu wilayah. Akhirnya persaingan makin ketat dan pendapatan perorang makin turun.

Grab berusaha agar setiap mitra mendapatkan pendapatan yang layak. Inilah mengapa ketika kuota mitra Grab sudah tercukup maka pendaftaran mitra baru akan ditutup. Lowongan baru dibuka ketika ada mitra yang resign atau tidak aktif.

Namun pada momen tertentu Grab mengijinkan driver narik di kota lain misal ketika mudik lebaran. Ada fitur sementara bernama Antar Kota atau Multi City yang biasa aktif di awal musim mudik dan nonaktif ketika lebaran usai.

Ketika fitur Antar Kota aktif maka mitra driver dapat menjalankan order di kota tujuan mudik. Tujuannya agar mitra tetap bisa menghasilkan uang di kampung halaman. Sayang tidak insentif yang diperoleh dari narik di kota selain wilayah operasional. 

Tidak ada tombol untuk aktif-nonaktifkan fitur Antar Kota ini. Semua otomatis dari sistem Grab sesuai dengan masa berlaku. Jika anda sampai di kampung halaman namun fitur ini belum aktif, silahkan update aplikasi Grab dan restart handphone.

Sekian artikel tentang Cara Pindah Kota Grab Driver. Terbukti bahwa bisa dilakukan dengan menonaktifkan akun lama dan mendaftar yang baru. Alternatif lain adalah fitur Multi City yang biasanya aktif di masa mudik lebaran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel