Judul Korea Webtoon The Greatest Estate Developer di Naver

Judul Korea Webtoon The Greatest Estate Developer di Naver
Ada lagi genre fantasi dengan tokoh utama yang membangun dunia. Judulnya The Greatest Estate Developer yang diangkat dari karya asli BK_Moon. Adaptasi cerita digarap Lee Hyunmin sedangkan ilustrasi oleh Kim Hyunsoo.

Bercerita tentang Kim Suho, seorang arsitek yang menghabiskan malam sendirian di kamar sambil membaca novel. Tiba-tiba dia terbangun dalam tubuh Lloyd Frontera, tokoh dalam novel yang dibacanya. Didampingi Javier si ahli pedang dan makhluk fantasi, Suho membangun negeri.

Judul Korea Webtoon The Greatest Estate Developer di Naver

Manhwa RAW memakai judul asli 역대급 영지 설계사 dibaca yeogdaegeub yeongji seolgyesa artinya The Greatest Estate Designer. Penamaan sama saja yang sesuai mengambarkan tokoh utama si arsitek yang memanfaatkan kemampuannya di dunia fantasi.

Berikut ini adalah link Webtoon The Greatest Estate Developer di Naver. Versi RAW rilis lebih dari setahun yang lalu. Semua dapat dibaca langsung tanpa harus login dulu.

Baca juga: Judul Korea Webtoon Kill the Dragon di Naver

Saat artikel ini ditulis,

  • Indonesia baru merilis 3 episode awal. Update lagi hari Kamis.
  • Naver sudah ada 64 episode + 6 lanjutan. Rilis pada hari Jumat.
  • English dengan judul sama sudah ada 51 episode. Update setiap hari Minggu.
  • Cina dengan judul lain 史诗级领地设计师 ada 45 episode.

Bagi yang mencari spoiler, lebih baik baca dulu di versi bahasa Inggris. Setelah mentok lanjutkan cek RAW yang pakai bahasa kalbu. Lumayan banget perbedaan episode yang bisa dibaca gratis.

Meskipun ada versi official English namun masih ada beberapa grup translation yang nekad. Tak main-main Asura Scans menerjemahkan hingga semua RAW. Judul lain yang sering dipakai yaitu The Greatest Estate Designer.

Baca juga: Judul Korea Webtoon The Esper's Game di Naver

Berbeda dengan kebanyakan masuk novel dan sistem game, disini lebih ke world building. Memang ada sword and magic, monster dan pertarungan, namun terlihat tujuan akhirnya membangun dunia (sesuailah dengan jiwa arsiteknya).

Jujur episode awal terasa membosankan namun perlahan makin seru. Meskipun mulai berperilaku baik namun MC masih memiliki attitude Lloyd yang pengacau. Inilah mengapa banyak yang tidak mencurigai perubahan sikapnya.

Untuk arts memang tak sewow genre fantasi lain tetapi sudah lebih dari cukup. Ekspresi MC ketika menggunakan mode Lloyd selalu sukses bikin ngakak. Terlihat konyol namun di sisi lain juga bada$$ banget.

Sekian artikel tentang Judul Korea Webtoon The Greatest Estate Developer di Naver. Dalam 1,5 jam setelah rilis hanya ada 6000 pembaca saja. Angka yang tidak begitu tinggi untuk genre fantasi seperti ini. Namun untuk rating awal masih tinggi di angka 9,95 bintang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel