Judul Korea Webtoon Dungeons & Artifacts di Naver

Judul Korea Webtoon Dungeons & Artifacts di Naver
Satu lagi webtoon aksi x fantasi yang digambar oleh UMKY hadir di Indonesia (sebelumnya Return to Player). Berjudulnya Dungeons & Artifacts yang diangkat dari karya asli Zerowater. Manhwa RAW dapat dibaca lewat situs Naver Korea.

Bercerita tentang Stitch Atelier yang dipekerjakan sebagai pemandu ke dungeon. Dia tertipu mengaktifkan kutukan dari artifact yang mematikan. Bukannya mati, Stitch malah dibangkitkan kembali dengan kesepakatan untuk membalas dendam. Kini dia harus keluar masuk dungeon untuk mengumpulkan artifak.

Judul Korea Webtoon Dungeons & Artifacts di Naver

Manhwa RAW memakai judul asli 던전 씹어먹는 아티팩트 dibaca deonjeon ssib-eomeogneun atipaegteu artinya kurang lebih sama.

Berikut ini adalah link Webtoon Dungeons & Artifacts di Naver. Versi RAW rilis sudah lama sekali yang sekarang beda 80 episode lebih dibandingkan sini. Semua dapat dibaca langsung tanpa harus login terlebih dahulu.

Baca juga: Judul Korea Webtoon The Druid of Seoul Station di Naver

Saat artikel ini ditulis,

  • Indonesia baru merilis 3 episode awal yang update lagi setiap hari Minggu.
  • Naver sudah ada 83 eps + 5 lanjutan yang update pada Kamis.
  • English ada 73 episode yang update Senin.
  • Thailand dengan judul lain อาร์ติแฟกต์ถล่มดันเจี้ยน ada 78 eps.
  • Chinese dengan judul 橫掃地下城的神器 ada 60 episode.
Yang paling cepat tetap versi RAW bahasa Korea namun lebih baik baca di Line Webtoon English. Shalaman yakin teman-teman lebih memahami bahasa Inggris dibandingkan huruf Hangeul.

Seperti biasa untuk genre fantasi dengan setting mirip game selalu diminati pembaca. Tidak heran kalau banyak grup translation yang berlomba-lomba untuk menerjemahkan. Tak main-main bahkan ada yang mendekati RAW.

Namun sekarang yang aktif hanya Alpha Scans & Luminous, selain itu sudah berguguran tidak melanjutkan. Kalau ada official memang sebaiknya membaca di platform saja. Klaim hak cipta kadang galak sehingga ditakedown.

Dari segi cerita tak jauh berbeda dengan komik yang menggunakan sistem game. MC mendapatkan equipment langka yang overpower namun harus tetap leveling. Dia melakukan perjalanan keluar masuk dungeon untuk mencari artifak dibantu teman seperjalanan yang bergabung. Semoga saja tidak banyak plot repetitif yang membosankan.

Oh iya artist yang menggarap komik ini bernama UMKY yang sama dengan Return to Player. Kedua webtoon sama-sama rilis di tahun 2020, kemungkin digarap tim ya bukan perorangan. Kualitas arts cukup oke namun tidaklah spesial.

Overall lumayanlah bagi yang suka genre fantasi ala game. Cerita cocok jika dijadikan sebuah game RPG Strategi ala Final Fantasy. Mimin sih lebih suka Doom Breaker ataupun The World After the Fall.

Sekian artikel tentang Judul Korea Webtoon Dungeons & Artifacts di Naver. Rating awal tidak begitu bagus apalagi baru rilis beberapa jam. Sepertinya sudah banyak yang tahu tentang komik satu ini. Wong di versi English saja sudah season kedua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel