Arti Penundaan Jadwal Armada Pengiriman

Arti Penundaan Jadwal Armada Pengiriman
Bagi yang belanja di Shopee mungkin pernah menjumpai status "mohon maaf, paket Anda mengalami keterlambatan karena Penundaan jadwal armada pengiriman". Apa artinya dan berapa lama barang sampai rumah?

Sering kali pengiriman tidak bergerak dari status ini hingga berhari-hari. Pelanggan pun bingung sekaligus khawatir dengan kondisi paket miliknya. Hal ini bisa terjadi pada pengguna Shopee Express, J&T, Anteraja ataupun SiCepat Ekspres.

Arti Penundaan Jadwal Armada Pengiriman

Maksudnya pengiriman tertunda karena harus menunggu jadwal keberangkatan dari armada transportasi yang bertugas mengirim paket ke tujuan selanjutnya.

Setiap jasa ekspedisi sudah memiliki armada sendiri. Biasanya berupa truck besar/ mobil kargo yang biasanya melayani transportasi darat. Mereka bekerja setiap hari 365 hari nonstop dan siap mengirim kapanpun demi konsumen.

Kalau cuma antar provinsi dalam satu pulau pasti cepat sampai. Kasus menunggu jadwal keberangkatan operator transportasi sering terjadi untuk pengiriman keluar pulau terutama yang harus transit kapal laut. Misal dari Jakarta ke Balikpapan atau dari Semarang ke Palembang.

Untuk ini jasa kurir bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mengirim barang keluar pulau via pesawat terbang atau kapal laut. Pihak kurir akhirnya mau tidak mau harus mengikuti jadwal keberangkatan dari pihak ketiga.

Berapa Lama Penundaan Jadwal Armada Pengiriman

Meskipun akses sulit seharusnya proses tidak akan melebihi waktu estimasi pengiriman sesuai jenis layanan. Ibarat jam keberangkatan naik pesawat, normalnya tertunda itu hanya hitungan jam. Kalau berhari-hari pasti ada hal lain yang menyebabkan keterlambatan pengiriman.

  • Barang overload. Barang yang harus dikirim melebihi kuota dari armada transportasi. Akhirnya mau tidak mau sisa barang akan disimpan di gudang dan dikirimkan pada jadwal selanjutnya. Yang seperti ini sangat sering terjadi ketika ada promo besar-besaran di Shopee terutama adanya gratis ongkos kirim gede.
  • Cuaca ekstrim. Kasus stuck menunggu jam keberangkatan pesawat atau kapal juga sering disebabkan hujan deras badai petir. Armada transportasi memutuskan menunda perjalanan hingga cuaca kembali normal dan tidak beresiko terjadi kecelakaan.
  • Force Majeure. Tentunya ada banyak hal yang tidak bisa diprediksi dan bisa menyebabkan masalah pengiriman yang tersendat.

Komplain ke pihak ekspedisi dan Shopee pasti tidak akan membuahkan hasil. Jawaban dari CS hanya disuruh untuk menunggu hingga batas waktu estimasi pengiriman.

Kalau sudah lebih dari perkiraan namun barang tak kunjung sampai, segeralah menghubungi CS dengan menyebutkan kronologi kejadian dan nomor resi. Ikuti prosedur yang diminta oleh pihak CS agar proses berjalan lancar.

Berapa Lama Penundaan Jadwal Armada Pengiriman

Seharusnya tidak butuh waktu lama untuk menunggu jam keberangkatan selanjutnya kecuali ada faktor diluar dugaan. Sekarang sudah banyak armada transportasi yang melayani perjalanan ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Faktanya walaupun pengiriman sempat tertunda tetapi barang sukses terkirim sesuai estimasi waktu. Kuncinya kita harus sabar menunggu sambil tracking nomor resi secara berkala.

Bagi yang ingin pengiriman barang yang cepat, jangan memilih layanan Ekonomis di Shopee. Untuk rute dekat, Reguler vs Ekonomis itu tidak jauh berbeda kualitasnya namun untuk rute jauh, pengiriman Ekonomis sangat jelek.

Satu hal yang menarik status "mohon maaf, paket Anda mengalami keterlambatan karena Penundaan jadwal armada pengiriman" lebih sering muncul ketika paket sudah dalam perjalanan.

Misalnya dari Tangerang ke Samarinda, keluar dari Gateway Tangerang pada 10 Mei. Perjalanan via darat dilanjutkan transit kapal laut biasanya membutuhkan waktu 4-7 hari. Nah pada tanggal 14 sering kali muncul status keterlambatan.

Sekian artikel tentang Arti Penundaan Jadwal Armada Pengiriman. Kuncinya kita harus sabar menunggu keberangkatan dari kapal atau pesawat yang bertugas mengirimkan paket. Jangan khawatir dengan kondisi barang asalkan masih di bawah waktu estimasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel