Webtoon The Final Raid Boss di Naver

Judul Korea Webtoon The Final Raid Boss di Naver
Line Webtoon agak aneh, bulan cinta malah genre fantasy game. 12 Feb rilis komik berjudul The Final Raid Boss yang cerita dibuat oleh Kim Janghun. Adaptasi oleh Ha Sungshin dan gambar dikerjakan Park Soobong. Manhwa RAW ada di Naver Korea.

Bercerita tentang Gong Daejang seorang pemain MMO terbaik dan guild master dari "King of the End". Tiba-tiba dia hilang selama seminggu. Ternyata dia seorang beta tester dari game Virtual Reality baru. Daejang menjadi korban bug yang mengubahnya menjadi NPC. Dia tak ingin menyerah dan mencoba berbagai hal untuk kembali.

Judul Korea Webtoon The Final Raid Boss di Naver

Manhwa RAW memakai judul asli 최종보스 공대장 dibaca choejongboseu gongdaejang artinya Bos Terakhir. Sudah sangat jelas penamaan ini diambil dari mana setelah membaca episode awal dari komik.

Berikut ini adalah link Webtoon The Final Raid Boss di Naver. RAW rilis sejak 11 November 2021 yang lumayan jauh dibandingkan versi Indonesia. Yang menarik di hari itu langsung rilis 19 episode, sudah seperti Kakaopage saja.

Baca juga: Webtoon Murim RPG Simulation di Naver

Saat artikel ini ditulis,

  • Indonesia akan rilis pada 12 Februari 2022. Rilis setiap hari Sabtu.
  • Naver sudah ada 30 episode. Rilis hari Minggu. Sialnya masuk Daily Plus yang hanya gratis 4 episode awal.
  • French Line Webtoon ada 13 episode. Judul lain The Final Raid Boss yang update setiap Kamis.

Komik ongoing masuk Daily Plus rasanya menjadi era baru dari kebijakan Naver. Makin sulit mencari spoiler RAW yang legal.

Beruntung ada pilihan bahasa Perancis, kalian cukup ganti bahasa ke French dan search dengan judul lain atau nama author. Cukup mudah mencari komik ini ditandai dengan tumbnail wajah MC dengan ciri khas rambut merah.

Fansite ada yang menerjemahkan semua RAW dengan judul lain Final Boss. Grup translation ini bernama MMScans dengan alamat mmscans.org. Tinggal search di google ataupun website tersebut.

Baca juga: Judul Korea Webtoon The Lone Necromancer di Naver

Cerita komik cukup unik terutama di awal cerita, MC-nya adalah pemain yang berubah menjadi NPC. Berharap kejutan lain yang menarik untuk dinikmati. Jujur kebanyakan komik dengan VR selalu boring seiring berjalannya waktu.

Artnya bagus untuk genre dunia game virtual reality namun jujur enggak fokus di situ. Lebih tertarik dengan banyaknya ekspresi aneh dari MC yang bisa dijadikan koleksi meme. BTW tingkah konyol MC menjadi hiburan tersendiri.

Sekian artikel tentang Webtoon The Final Raid Boss di Naver. Genre fantasy dengan setting game biasanya mendapatkan rating cukup tinggi. Tidak menutup kemungkinan bisa memperoleh angka di atas 9,80 bintang dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel