Cara Mengatasi Soundcloud "Not available in your country"

Cara Mengatasi Soundcloud Not available in your country
SoundCloud adalah salah satu layanan streaming musik terpopuler di dunia dengan ratusan ribu pengguna. Sayang kadang ada beberapa lagu yang tidak tersedia di Indonesia dan muncul peringatan "Not available in your country".

Hal seperti ini sering terjadi pada layanan online yang sudah menjangkau seluruh dunia. Sebut saja di Line Webtoon English, kadang ada komik yang tidak bisa dibaca dari Indonesia. Selain itu ada Netflix, Spotify ataupun Disney+ yang menerapkan kebijakan serupa.

Mengapa Soundcloud Tidak Tersedia di Negara Tertentu?

Sebagai layanan streaming mendunia, Soundcloud berisi banyak musik dari seluruh dunia. Kadang ada musisi dan perusahaan yang tidak memiliki hak cipta untuk mempublikasikan karyanya ke seluruh dunia.

Mereka hanya melisensikan konten mereka di Soundcloud untuk wilayah tertentu saja. Konten musik dengan lisensi seperti ini akan diblokir di wilayah selain yang telah dipilih.

Tenang kok, mayoritas musik dari artis dunia tersedia bagi negara manapun di seluruh dunia. Indonesia sebagai negara dengan jumlah netizen terbesar tentu tidak akan diblokir kecuali ingin kehilangan banyak pendengar musik.

Cara Mengatasi Soundcloud "Not Available in Your Country"

Kita bisa mengakali masalah ini dengan "pindah negara" menggunakan VPN. Salah satu fungsi Virtual Private Network adalah bypass, kita bisa melewati pembatasan geografi yang dilakukan oleh SoundCloud.

Bagi pengguna browser bisa menggunakan extension VPN sedangkan handphone dapat menginstall aplikasi VPN. Ada banyak pilihan gratis, kalian bisa melakukan pencarian di PlayStore ataupun AppStore dengan kata kunci "VPN".

Sayangnya untuk VPN gratisan sering membuat koneksi internet lebih lambat dari biasa. Streaming SoundCloud kadang macet macet tidak selancar dulu. Bagi yang ingin lebih cepat dan private disarankan membeli layanan VPN premium.

Baca juga: Cara Mengatasi Webtoon Not Available in Your Country

Berikut ini adalah cara mengatasi lagu di SoundCloud tidak bisa diputar.

  1. Install aplikasi VPN atau yang pengguna browser silahkan install Extension VPN.
  2. Sambungkan internetmu ke VPN dari negara asal dari musisi atau cukup sambungkan ke Amerika Serikat. Biasanya lagu-lagu di Soundcloud dapat dinikmati oleh pengguna dari negeri Paman Sam.
  3. Buka Soundcloud lalu pilih lagu yang sebelumnya tidak bisa didengarkan.
  4. Seharusnya semua sudah lancar, selamat mendengarkan musik yang anda pilih.

Hingga sekarang SoundCloud tidak melarang pengguna yang mengunjungi dengan VPN. Entah kedepannya akan berubah atau tidak. Kalaupun nanti ada larangan kemungkinan cuma terdetaksi di aplikasi sedangkan versi browser lebih aman.

Sekian artikel tentang Cara Mengatasi Soundcloud "Not available in your country". Terbukti trik termudah untuk pindah negara demi bisa mendengarkan musik adalah VPN. Selain itu masih ada trik lain seperti menganti DNS, IP Address dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel