Judul Korea Webtoon To Not Die di Naver

Judul Korea Webtoon To Not Die di Naver
Wow, ada lagi komik rilisan dari YLAB yang hadir di Indonesia. Judulnya adalah To Not Die yang cerita dibuat oleh Parae sedangkan gambar oleh Im Jinguk (sebelumnya menggambar DEAD LIFE). RAW berasal dari Naver.

Bercerita tentang Im Dajun, seorang siswa SMA yang dibully di sekolah. Dia memutuskan balas dendam setelah melihat interview di TV tentang pembunuh yang membunuh teman sekelas yang membully-nya.

Dajun sukses melakukan balas dendam namun terpaksa meninggalkan sekolah. Dia bergabung dengan Runaway Fam yang aneh. Kini Dajun tak lagi menderita karena bullying namun harus menghadapi preman jalanan yang lebih ganas.

Judul Korea Webtoon To Not Die di Naver

Manhwa RAW memakai judul asli yaitu 죽지 않으려면 dibaca jugji anh-eulyeomyeon artinya sama dengan Indonesia. Penamaan ini mengambarkan keteguhan hati Dajun untuk bertahan hidup apapun cobaannya.

Berikut ini adalah link webtoon To Not Die di Naver. Rilis perdana sejak 20 Mei 2021 yang beda 6-7 minggu dari Indonesia. Semua episode dapat langsung dibaca oleh pengunjung tanpa login lebih dahulu.

Baca juga: Judul Korea Webtoon Neon Revenge di Naver

Saat artikel ini ditulis,

  • Indonesia baru merilis 3 episode awal. Update pada setiap Kamis
  • Naver sudah ada 8 episode plus 5 lanjutan. Rilis setiap hari Jumat

Hingga sekarang belum ada terjemahan English, Thailand, China, Spanish ataupun French. Pilihan untuk mencari spoiler yang tercepat adalah Naver. Susah-susah gampang memahami cerita kalau tidak bisa baca Hangeul.

Alternatif lain adalah grup scanlator bernama FLAME-SCANS yang beralamatkan di flamescans.org. Sayang baru episode awal saja yang diterjemahkan.

Kalian bisa cari di situs fansite favorit kalian (Indonesia dan Inggris) atau langsung di google. Judul lain yang dipakai fansite sama, search dengan kata kunci "To Not Die Manhwa".

Tokoh utama keren juga dari awalnya Cupu menjadi Badass. To Not Die memiliki cerita agak Dark dan sedikit berbahaya. Takutnya ada korban bullying yang terinspirasi oleh kisah Dajun dan membunuh pembully.

Entah mengapa komik dari Korea sering sekali mengangkat tema Bullying di sekolah. Sudah banyak sekali manhwa yang rilis di Line Webtoon, misalnya Monster, Neon Revenge, Loser Life, The Real Lesson dan hampir semua tema aksi di sekolah pasti ada Bullying.

Sekian artikel tentang Judul Korea Webtoon To Not Die di Naver.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel