Pengalaman Beli HP Xiaomi di mi.co.id dengan RPX

Pengalaman Beli HP Xiaomi di mi.co.id dengan RPX
Hello, kali ini aku ingin sharing pengalaman beli HP Xiaomi di mi.co.id dengan RPX. Alhamdulillah HP sesuai harapan tapi sedikit kecewa dengan ekspedisi RPX karena pengiriman lama.

Ini bukan pertama kalinya aku beli HP secara online bahkan beli TV dari Jakarta pun pernah. Tapi kali ini asli bikin was was karena status tracking yang tidak berubah setelah 3-4 hari. Bertanya ke Customer Service RPX di Twitter pun tidak mendapatkan jawaban memuaskan.

Cara Beli HP di mi.co.id

 Berikut ini langkah-langkah berbelanja online di situs Mi Indonesia.

  1. Simpel saja, cukup kunjungi halaman dimana handphone idamanmu. Klik Beli Sekarang
  2. Anda akan diteruskan ke halaman beli Produk, pilihlah Storage dan Colour. Kalau mau asuransi juga boleh. Terakhir klik Beli Sekarang.
  3. Anda akan diteruskan ke halaman Keranjang (Cart). Selanjutnya tinggal klik Bayar.
  4. Untuk menuju halaman selanjutnya kalian harus Login terlebih dulu. Jika belum punya akun ya pilih Buat Akun. Terserah mau pakai Email, Facebook ataupun akun Google.
  5. Di halaman Informasi Pesanan. Masukkan alamatmu (wajib benar) mulai dari Nama, alamat rumah dan nomor handphone. Setelah itu pilih Tempatkan Pesanan.

    Pada kolom bawah, masukkan kupon jika ada.
  6. Terakhir adalah Pembayaran, bisa Online via akulaku, gopay, BNI, BRI, Permata Bank, MasterCard, VISA atau Mandiri. Atau bisa lewat Alfamart dan BCA.
  7. Beberapa detik setelah melakukan pembayaran, akan ada SMS konfirmasi. Tak lama setelah itu ada SMS lagi yang memberitahu bahwa pesanan sudah disiapkan.

Setelah itu kta tinggal menunggu HP sampai di rumah. FAQ pengiriman mi.co.id menyebutkan bahwa estimasi untuk DKI Jakarta itu 1-2 hari. Ibu kota provinsi (Bandung, Semarang, Surabaya, Medan) itu 4-8 hari. Lainnya 10-20 hari.

Pengiriman Handphone Mi Lama

Mitra dari Xiaomi untuk pengiriman handphone di Indonesia adalah RPX dan JNE. Kalau ada event flashsale seperti Mi Festival 2021 kemarin, sudah pasti bakal diserahkan ke RPX.

Menurut website officialnya, RPX adalah pionir pengiriman logistik terpadu (one stop logistics) dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di Indonesia. Keren ga tuh?

Sayang sejak jaman Lazada masih menjadi primadona, RPX ini dikenal lelet. Pengiriman sering delay lama sekali hingga berhari hari, jika pakai JNE atau J&T cuma 2-3 hari sedangkan RPX bisa hitungan minggu.

Sebenarnya RPX itu bagus namun kurir pengirimannya belum menjangkau daerah (hanya ada di kota besar). 

Sama seperti nasibku, bayar tgl 6 April malam, barang dikirim tgl 7 sampai RPX Solo tgl 8 siang dan stuck di situ. Sampai tanggal 12 April tidak ada perubahan, padahal RPX Solo (jl. Adi Sucipto) ke rumahku (Magetan) itu paling lama 3 jam kalau naik motor.

Pengiriman Handphone Mi dengan RPX Lama

Panik ga? panik ga? Ya paniklah masa enggak. Tanggal 9 malam aku udah tanya ke CS RPX di twitter. Jawabannya "Hai, Teman RPX. Kami informasikan paket kakak saat ini dalam proses pengiriman menuju daerah Magetan. Paket menggunakan service reguler dengan estimasi dapat kakak terima pada tanggal 15 April jika tidak ada kendala selama proses pengirimannya".

Kesimpulan dari jawaban ini, aku tidak bisa protes sebelum tanggal 15 karena cuma pakai service reguler.

Terakhir status yang muncul ketika aku mengecek tracking adalah,

  • Delayed due to transportation delay
  • Shipment on process of delivery

Tenyata delay terjadi karena proses pengirimannya dioper ke kurir lain, pada kasusku bekerja sama dengan Pos Indonesia. Selama 3-4 hari tak ada perubahan status tracking karena RPX tidak tahu posisi barang. Delay lebih lama karena ada hari Minggu.

Mereka juga tidak memberikan resi pengiriman lewat POS Indonesia, tidak heran banyak calon penerima barang yang kebingungan.

Yo wislah, yang penting barang datang dalam keadaan aman. Kardus luar agak penyok dikit tetapi dus HP aman karena dilapisi bubblewarp.

Saran saja untuk mi.co.id, lebih baik pakai POS Indonesia, JNE atau J&T yang terbukti punya jaringan luas. Ninja Express, Si Cepat, TiKi juga bisa pilihan.

Bicara ekspedisi oper mengoper, dulu aku pernah mengalami ketika belanja di Matahari Mall pakai RCL (Red Carpet Logistic). Yang datang ke rumah malah J&T, mereka juga tidak menginformasikan resi baru.

Sekian artikel tentang Pengalaman Beli HP Xiaomi di mi.co.id dengan RPX. Karena dapat free ongkir + ada diskon flash sale 100.000, aku maafin dah walaupun pengiriman lambat dan sempat bikin was was.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel