Judul Korea Webtoon Lee Doona!

Judul Korea Webtoon Lee Doona!
Satu lagi webtoon romantis yang rilis di akhir Maret 2020, berjudulnya adalah Lee Doona! karya Songa Min yang juga creator Nano List. Sejujurnya sempat kaget kalau webtoon ini diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Sudah lama sekali versi Indonesia tidak mengambil judul yang sudah diambil versi English.

Bercerita tentang Lee Wonjun, seorang mahasiswa baru yang tidak sengaja satu kos dengan Lee Doona, mantan idol yang terkenal. Pertemuan yang unik berujung kisah cinta berbalut komedi menarik. Meskipun baru rilis 4 episode namun di Indonesia mendapatkan rating 9,77 dari 176,5k pembaca.


Judul Korea Webtoon Lee Doona!

Dalam Naver judul aslinya adalah 이두나! yang dibaca Lee Doona! sama dengan terjemahan Indonesia. Anehnya dalam bahasa lain judulnya beda lho, misal di bahasa Inggris namanya The Girl Downstairs.

Berikut ini adalah link versi asli https://comic.naver.com/webtoon/list.nhn?titleId=731130&weekday=thu. Hingga episode terakhir bisa dibaca tanpa harus login akun terlebih dahulu. Jarak dengan Indonesia juga cukup jauh.

Saat artikel ini ditulis,
  • Bahasa Indonesia baru sampai episode 4 yang update setiap hari Kamis (Rabu 22.00).
  • Naver sudah sampai episode 38 yang update pada hari Kamis.
  • English berjudul The Girl Downstairs sudah sampai episode 23 yang rilis setiap Rabu.
  • Judul lain di Thailand adalah ลีดูนา! yang sudah 27 episode dirilis tiap Rabu.
  • Taiwan 愛上姐姐的理由 sudah ada 33 episode dirilis pada Senin.
Untuk membaca webtoon lebih cepat, pilihan terbaik adalah bahasa Inggris. Jarak dengan Indonesia sekitar 19 episode yang tidak mungkin terkejar karena sama-sama update 1x dalam seminggu. Dibandingkan Naver jaraknya lebih jauh namun untuk genre Romantis Komedi kita harus bisa membaca Hangeul.

Untuk English memang menggunakan judul lain yaitu The Girl Downstairs. Mereka sepertinya menghindari penggunaan nama Korea. Meskipun begitu pemilihan judul tetap bisa mengambarkan sosok Lee Doona yang tinggal di lantai bawah kos Lee Wonjun.

Jarang-jarang lho cerita bergenre romantis diterjemahkan ke semua bahasa yang ada di aplikasi webtoon. Kemungkinan diangkat menjadi Drama Korea juga makin besar. Apalagi kita tahu bahwa kehidupan mahasiswa baru selalu menarik dijadikan drama.

Bicara tentang kualitas gambar, tentu lebih bagus dibandingkan dengan Nano List. Setiap karakter digambar unik dengan ciri khas Songa Min. Backgroundnya detail walaupun kadang terlihat seperti photo asli yang diedit agar mirip gambar tangan.

Sekian artikel tentang Judul Korea Webtoon Lee Doona! Kita semua tahu bahwa Nano List adalah salah satu cerita bergenre fantasy yang ngehits. Kalau boleh memprediksi pasti webtoon baru ini juga ga kalah populer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel