Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading

Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading
Terkadang saat kita ingin membuka Mobile Legends, bar loading tidak bergerak sama sekali yang artinya pemain tidak bisa masuk ke dalam game. Di tunggu lama sekalipun hasilnya tetap loading terus. Bagaimana cara mengatasi mobile legends stuck di loading?

Masalah stuck tidak bisa masuk sering sekali terjadi bahkan dari awal kepopuleran ML. Lihat saja di forum.mobilelegends.com, kebanyakan orang bahkan menganggap masalah ini sebagai BUG. Nyatanya nyangkut di loading lebih ke koneksi internet dan penyimpanan handphone.


Mobile Legends Stuck di Loading

Yang dimaksud disini bukan karena adanya update besar yang ditandai tulisan "Kemungkinan akan memakan waktu cukup lama untuk mengekstrak Resource ketika Startup pertama". Yang semacam ini ditunggu beberapa menit pasti lancar kembali.

Beberapa hal yang dapat mengatasi masalah Mobile Legends nyangkut di loading screen antara lain,

1. Matikan Internet dan Nyalakan Kembali

Salah satu cara yang konon katanya paling ampuh untuk mengatasi Mobile Legends tidak bisa dibuka.
  • Pertama matikan internet (wifi/ mobile data) atau cukup aktifkan mode pesawat.
  • Buka game Mobile Legends dalam keadaan internet mati.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul pop up notifikasi "System Notice:Current Network is Unavailable. Please check if you have connected to a valid Wifi or mobile network".
  • Nyalakan kembali internet anda atau matikan mode pesawat.
  • Klik tombol Confirm di pop up yang muncul tadi.
  • Seharusnya bar loading sudah bergerak ke kanan.
kenapa mobile legend tidak bisa dibuka
Tujuan dari cara ini adalah mancing agar ML terkoneksi dengan internet. Jika masih gagal coba lakukan metode di atas 2-3 kali. Tidak ada salahnya merestart handphone setelah percobaan pertama  gagal.

2. Ganti Koneksi Internet

Menurutku masalah akun yang nyangkut di loading screen lebih ke koneksi internet. Kalau kalian gagal masuk dalam game, cobalah ganti internet anda dari 4G ke 3G atau gunakan wifi jika tersedia.

Sebaiknya gunakan jaringan internet yang stabil selain agar tidak stuck di loading juga bisa lancar ketika bermain. Apabila koneksi mobilemu naik turun dari 4G > 3G > Edge, bisa dicoba lock di 4G LTE Only. Pengguna Huawei bisa baca artikel di Cara Mengunci Jaringan 4G di Huawei Berbagai Tipe

Kalian bisa merestart modem layanan internet untuk mendapatkan IP address baru (bagi pengguna wifi rumahan). Salah satu cara agar IP address ganti adalah menggunakan VPN namun aku tidak menyarankan cara tersebut..

Jika anda sedang bersama teman yang juga pemain ML, mintalah tethering, ajak mabar dan lihat hasilnya. Apabila dia bisa masuk ke dalam game namun anda stuck berarti handphonemu yang bermasalah. Cobalah metode selanjutnya di bawah ini.

3. Cek Update di Play Store

Silahkan cek di Play Store apakah aplikasi Mobile Legends memerlukan update atau tidak. Segera download kalau ada updetan terbaru. Setelah diupdate kadang akan ada loading tentang ekstrak data resource, tunggu sebentar dan lihat hasilnya.
kenapa mobile legend gak bisa masuk

4. Hapus Cache

Cache bisa menjadi penyebab utama mengapa Mobile Legends stuck di loading screen. Cara untuk menghapus adalah masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Mobile Legends. Pilih Penyimpanan lalu Hapus Cache. Ingat ya Cache bukan Hapus Data. Selain itu kita juga bisa menghapus cache dengan aplikasi seperi CCleaner, Clean Master,Super Cleaner dll.

5. Bebaskan RAM

Data sementara dari proses aplikasi akan tersimpan dalam RAM. Apabila RAM handphonemu kecil dan banyak aplikasi berjalan maka terjadilah stuck karena RAM penuh. Solusi agar bermain ML dengan lancar adalah menutup aplikasi lain termasuk yang di background.

Agak ribet dan menyita banyak waktu kalau menutup manual. Disarankan menggunakan aplikasi pembebas RAM atau Game Booster. Shalaman telah membahas semua di Aplikasi Anti Lag Mobile Legends
.

6. Uninstall dan Install Kembali

Jurus andalan ketika sudah buntu adalah menguninstall Mobile Legends lalu mendowload kembali. Cara ini efektif lho walaupun kita harus mendownload semua data resource dari awal. Gunakan wifi yang cepat untuk mengunduh data.

Shalaman tidak menyarankan melakukan FACTORY RESET. Buat apa mengorbankan semua data di handphone demi sebuah game. Kalau memang stuck cobalah protes ke customer service dan admin fanspage.

7. Hubungi Customer Services

Dalam game Mobile Legends terdapat menu untuk menghubungi CS di dekat Gambar Avatar, sialnya karena stuck di loading kita tidak bisa mengaksesnya. Cara lain adalah melalui email,
  • Email CS Mobile Legends: MobileLegendsGame@gmail.com.
Tunggu jawaban dari mereka kira-kira 1x24 jam. Selain itu kalian juga bisa proses di fanspage facebook. Kalau protes ke fanspage yang Indonesia jangan yang Global, biar enak ngobrolnya kecuali lu jago English.

Akhir Kata

Ada banyak penyebab Mobile Legends stuck di loading sehingga tidak bisa dibuka. Mayoritas disebabkan tidak bisa konek internet, solusinya cukup dipancing dengan mematikan dan menghidupkan kembali.

Selain itu tidak menutup kemungkinan ada update terbaru yang tidak kompatibel dengan spesifikasi handphone. Biasanya moonton akan update kembali dalam waktu dekat. Intinya jangan buru-buru uninstall hingga factory reset, carilah informasi di forum/ fanspage apakah error massal atau hanya dirimu saja.

Pada awal kemunculannya, kita hanya butuh handphone dengan minimal RAM 1 GB agar bisa bermain ML dengan lancar. Seiring berjalannya waktu, entah mengapa RAM 1 GB rasanya selalu kurang. Untuk tips silahkan baca di Cara Mengatasi Lag Mobile Legends di RAM 2GB Ke Bawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel