Cara Memperbaiki Jam Digital yang Angka Hilang

Cara Memperbaiki Jam Digital yang Angka Hilang
Angka pada jam tangan digital kadang hilang sehingga tidak bisa digunakan untuk semestinya. Hal semacam ini sering disebabkan karena baterai yang mulai habis. Kalau ini yang terjadi solusinya tinggal ganti baterai saja.

Yang jadi masalah besar jika baterai masih baru namun angka menghilang. Sebelum mengunjungi tukang servis sebaiknya dicoba dulu memperbaiki sendiri di rumah. Apalagi kalau jam tangannya merk SKMEI sepertiku. Gas saja, rusak beli lagi.

Biasanya yang menjadi sumber masalah adalah air yang masuk ke dalam mesin jam digital. Air dapat masuk saat jam tangan terjatuh ke dalam air, digunakan berwudhu, kehujanan ataupun berenang. Selain itu uap air/ embun juga bisa masuk ke dalam jika ada celah.

Cara Memperbaiki Jam Digital yang Angka Hilang

1. Siapkan alat untuk membongkar.
Yang diperlukan adalah obeng kecil dan kain lap bersih.

2. Membongkar penutup belakang jam digital.
Gunakan obeng kecil untuk membuka keempat baut kecil yang ada di belakang jam (satu di setiap sudutnya).

Setelah itu cobalah congkel dengan kuku untuk mencopot penutup tersebut. Gunakan bantuan pisau apabila kesulitan. Hati-hatinya jangan sampai mengenai mesin jam tangan.

3. Keringkan mesin jam digital.
Setelah mesin terangkat, gunakan kain lap kering untuk membersihkan air/ uap air yang terlihat. Copot yang bisa dicopot misal baterai. Lap semua hingga kering.

Sekalian bersihkan kotoran dan debu yang menempel pada jam tangan anda. Sambil menyelam minum air.

4. Jemur di bawah sinar matahari langsung.
Jika terlihat ada air yang terjebak dalam mesin, posisikan mesin menghadap bawah agar air tersebut dapat keluar. Taruh di bawah sinar matahari langsung namun aman dari debu. Jemur sekitar 30-60 menit hingga sisa-sisa air menguap.

5. Mengetes bisa tidaknya.
Masukkan kembali baterai untuk mengetes apakah angka di jam digital sudah muncul kembali. Kalau belum coba cek kembali apakah ada kotoran/ air yang masuk ke dalam mesin. Nah jika belum muncul juga kemungkinan pertolongan pertama yang kita lakukan gagal. Mau tidak mau harus meminta bantuan tukang servis.

6. Pasang kembali semua.
Setelah angka terlihat kembali selanjutnya tinggal pasang mesin dan penutup belakang. Pastikan baut terpasang kuat agar tidak ada celah uap air masuk ke dalam mesin jam tangan digital. Aku pernah share gambar pembongkaran mesin jam tangan digital di artikel Solusi Tulisan Error di Arloji SKMEI.

Itulah artikel Cara Memperbaiki Jam Digital yang Angka Hilang. Apabila ternyata pengaturan waktu dan alarm kembali tereset, silahkan ikuti tutorial cara setting jam tangan SKMEI dari situs shalaman.com.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Jam Digital yang Angka Hilang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel