Cara Membuat 1 Halaman Menjadi 4 Bagian di Word

Cara Membuat 1 Halaman Menjadi 4 Bagian di Word
Sering kali kita harus membagi 1 lembar menjadi 4 bagian saat membuat dokumen di Microsoft Word. Misal saja untuk pembuatan mading, undangan atau mungkin buat nyontek. Terus bagaimana cara membuat 1 halaman menjadi 4 bagian di word?

Total ada tiga cara yang membuat word menjadi 4 bagian dengan memanfaatkan fitur yang ada. Silahkan pilih mana yang sesuai dengan selera anda. Tutorial dibuat dengan Word Office 365 dan bahasa Indonesia, untuk versi lama kurang lebih sama.


3 Cara Membuat 1 Halaman Menjadi 4 Bagian di Word

Perlu diingat hasilnya nanti lebih mirip dengan kolom di koran. Bayangkan kertas A4 dibagi dua kolom dan dua baris. Terlihat setiap bagian berbentuk kotak, jika ingin dibagi menjadi 4 baris ya tinggal diubah pengaturannya.

1. Fungsi Tabel

Cara ini menurutku paling mudah diubah pengaturannya karena kita bisa membuatnya menjadi 4 baris, 4 kolom ataupun 2 baris 2 kolom. Kuncinya hanya membuat tabel di word lalu dihilangkan garis tabelnya.

1. Pertama silahkan buka Word.
2. Klik Sisipkan (Insert) di menu atas.
kertas a4 menjadi 4 bagian di word dengan Tabel

3. Fokus di Fitur Tabel. Kalau ingin membagi 4 bagian di word dengan 2 baris 2 kolom, tinggal memilih Tabel 2x2. Alternatifnya bisa memakai Sisipkan Tabel ataupun Gambar Tabel. Fungsinya sama yaitu membuat tabel.

Jika ingin membagi 4 baris ya atur sebagai 4 baris 1 kolom. Sedangkan 4 kolom tinggal atur 4 kolom dengan 1 baris. Sederhana sesuaikan saja dengan pembagian yang anda inginkan.
membagi 1 lembar menjadi 4 bagian di Microsoft Word 2007

4. Seperti yang terlihat dalam gambar di atas, ukuran tabel sangatlah kecil. Silahkan tarik kotak putih di pojok kanan bawah tabel, tarik hingga tabel memenuhi seluruh halaman word.
5. Masukkan teks yang ingin dibuat di masing-masing bagian.
6. Klik tanda + di pojok kiri atas untuk memblok semua bagian tabel.
7. Klik menu Desain Tabel di bagian atas.
6. Klik Batas dan pilihlah Tanpa Batas.
membuat word menjadi 4 bagian
Sampai disini seharusnya sudah terlihat 1 halaman menjadi 4 bagian di word. Jika dirasa tabel kurang mepet pinggir, bisa dikurangi pengaturan margin halaman word anda. Pilih Tata Letak dan pilih Margin Sempit atau atur manual dengan angka sekecil mungkin.

2. Dengan Print (Cetak)

Kalau tujuannya adalah mencetak 4 halaman dokumen word menjadi 1 lembar kertas maka kita bisa menggunakan Print. Pengaturan ini muncul sebelum kita mencetak dokumen.

Word memang memiliki pengaturan tentang pembagian halaman, bahkan mereka mengijinkan 16 halaman dicetak dalam 1 lembar. Mantap ga tuh! Bayangkan jika menggunakan kertas A4 dijamin tulisannya akan kecil-kecil tidak terlihat.
cara print 1 gambar menjadi 4 bagian di word
1. Masuk word dan buka dokumen yang ingin di print.
2. Gunakan Ctrl + P atau pilih menu File dan pilih Cetak (Print).
3. Fokus ke pengaturan paling bawah. Ubah dari 1 halaman per lembar menjadi 4 halaman per lembar.
4. Tinggal cetak saja.

Bagi yang ingin mencetak lebih dari 8 halaman dalam satu lembar, disarankan mengatur margin sekecil mungkin di penyetelan halaman. Dengan begitu hasil print akan mepet pinggir sehingga lebih maksimal.

3. Fungsi Kolom

Seperti namanya fungsi ini sebenarnya hanya membagi 1 lembar word menjadi kolom tertentu tanpa baris. Kita bisa menggunakannya untuk membuat 4 bagian di word dengan 4 kolom.

Sedangkan agar menjadi 2 kolom 2 baris, kita bisa mengakali dengan menambahkan banyak klik enter. Kurang lebih caranya seperti petunjuk di bawah ini.

1. Masuk word.
2. Klik Tata Letak di menu atas.
3. Klik fitur Kolom dan pilih Dua Kolom. Kalau ingin empat bagian cukup pilih 4 kolom.
4. Terlihat kita sudah membuat 2 bagian di word. Nah untuk menambahkan baris kita harus pintar-pintar mengatur posisi dengan menambahkan klik enter sehingga bagian bawah bisa sejajar. Kurang lebih hasilnya menjadi seperti gambar di bawah.
membagi 1 lembar kertas menjadi 4 bagian di Microsoft Word 2010
Dibandingkan dua cara sebelumnya, fungsi kolom ini memang kurang cocok membagi halaman word menjadi kolom tertentu dengan batas maksimal sebanyak 12 kolom. Kebanyakan orang hanya menggunakan 2-4 kolom saja, kecuali untuk keperluan khusus.

Akhir Kata

Dari semua cara membuat 1 halaman menjadi 4 bagian di word, yang paling disarankan adalah tabel. Alasannya karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan pengaturannya sangat mudah. Kita bisa menjadikannya 4 kolom, 4 baris ataupun 2 kolom 2 baris.

Pengaturan saat print lebih cocok untuk mencetak beberapa halaman dokumen dalam 1 lembar kertas A4 atau lainnya. Misal untuk membuat catatan kecil yang digunakan untuk belajar sebelum ujian (bukan nyontek lho, itu tidak baik).

Sekian artikel ini semoga bisa membantu teman-teman dalam membagi 1 lembar menjadi 4 bagian. Bagi yang ingin mencetak KTP dengan ukuran yang tepat bolak balik, silahkan baca Cara Print KTP di Word.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel