Membaca Episode yang Belum Update di Webtoon

Cara Membaca Episode yang Belum Update di Webtoon
LINE Webtoon memiliki banyak sekali judul komik menarik dari berbagai genre sebut saja Romantis, Komedi, Drama, Fantasi dan yang paling ngehit belakangan ini adalah Horror.

Seperti kebanyakan konten online, pembaca harus bersabar menunggu episode terbaru yang rilis seminggu sekali. Paling menjengkelkan apabila ending ngantung dan bikin penasaran. Kabar baiknya ada tips untuk membaca episode yang belum di update di webtoon. Bahkan ada yang tanpa koin atau gratis tanpa bayar.


Cara Membaca Episode yang Belum Update di Webtoon

1. Preview Episode

Pihak LINE webtoon memberikan sebuah fitur yang dapat digunakan untuk pembaca menikmati episode yang belum rilis yaitu "preview episode".

Cocok banget bagi sultan yang tidak sabaran. Fitur ini dapat digunakan untuk membeli episode terbaru dengan mata uang Koin. Koin sendiri bisa dibeli di Coin Shop dengan voucher google play, gopay dan pulsa.

Webtoon sering mengeluarkan promo bonus pembelian di Coin Shop dan diskon preview episode. Manfaatkan baik-baik promo dan diskon tersebut. Lumayan banget kita bisa mendapatkan keuntungan hingga 50%.

2. Membaca di Naver Korea

Seperti kita ketahui sebagian besar komik di LINE webtoon diambil dari Naver korea. Versi berbahasa korea dengan huruf Hangeul selalu lebih dulu beberapa episode.Walaupun anda tidak bisa membaca dan mengartikan namun kita bisa mendapatkan sedikit spoiler jalan cerita.

Kita dapat membaca di website Naver dengan link https://comic.naver.com/index.nhn. Sebagian besar bisa dibaca secara gratis namun beberapa mewajibkan kita login dengan akun Naver. Sayang cara pembuatan akun cukup ribet bahkan meminta verifikasi telepon.

Untuk memudahkan mencari judul webtoon yang diinginkan, aku sarankan membuka website naver di Chrome. Gunakan fitur translate agar semua huruf Hangeul diterjemahkan otomatis. Kalian juga bisa mencari dengan melihat gambar cover dari masing-masing judul.

Shalaman.com telah membahas judul asli versi korea dari beberapa webtoon populer,

3. Membaca di Webtoon Non Indonesia

Seperti kita ketahui aplikasi LINE Webtoon memiliki beberapa pilihan bahasa yaitu Cina (atau Hongkong), Thailand, Indonesia, Inggris dan terbaru Spanyol.

Kadang ada versi bahasa lain yang rilis lebih dulu dibandingkan versi bahasa Indonesia, biasanya yang Cina. Nah dari sini kita bisa mencari spoiler terbaru tanpa harus mengunjungi Naver. Cukup ganti bahasa saja di pengaturan.

Webtoon Indonesia juga sering mengambil cerita dari Thailand seperti Young Mom, Cases of Suicide, Take My Money dll.

Sayangnya tidak banyak orang yang bisa bahasa Cina, Thailand dan Spanyol. Harapan kita hanyalah English yang merupakan bahasa Internasional.

Belakangan ini versi Inggris jarang mengambil webtoon dari Naver, kebanyakan original dan belum rilis di tempat lain. Kalaupun menerjemahkan dari Korea selalu lebih telat dibandingkan versi Indonesia.

Selain itu beberapa versi Indonesia sempat digas pol 2x seminggu agar rilis bareng dengan versi Inggris. Contohnya adalah judul Sweet Home dan Lookism. Tujuannya untuk menutup celah spoiler dan pembaca memilih membeli "preview episode" dengan koin.

4. Website Non Official

Diluar sana banyak sekali website manga dan komik yang menerjemahkan webtoon Naver ke English dan Indonesia. Yang ruar biasa terkadang disana episodenya lebih dulu dibandingkan terjemahan official.

Contohnya adalah DICE, Indonesia dan English 288 sedangkan terjemahan non official sudah 306. Selain itu ada Distant Sky yang sudah tidak diteruskan di English dan Indonesia (sampai season 3) namun di website non official sudah sampai season 4.

Akhir Kata

Dari semua metode di atas yang paling disarankan adalah "preview episode". Alasannya karena cara ini merupakan fitur official dari LINE Webtoon, dijamin Halal. Okelah sesekali beli episode terbaru untuk mendukung author dan webtoon. Belilah di masa-masa promo untuk menghemat koin.

Membaca di Naver dan terjemahan Non Indonesia lebih cocok bagi anda yang bisa berbahasa asing. Kalaupun tidak bisa mengartikan, kita bisa mendapatkan sedikit gambaran tentang episode terbaru.

Website non official kemungkinan besar ilegal, jadi suatu saat akan menghilang begitu saja. Tidak dapat diharapkan untuk membaca episode terbaru lebih cepat tanpa koin. Jika tidak terpaksa seperti kasus Distant Sky lebih baik baca di webtoon resmi.

Itulah Cara Membaca Episode yang Belum Update di Webtoon. Perlu diingat metode di atas hanya bisa digunakan untuk judul webtoon yang merupakan terjemahan dari Naver. Sekarang banyak judul original karya anak bangsa, satu-satunya jalan hanyalah preview episode. Dukung mereka agar lebih semangat dalam berkarya dengan membeli episode terbaru dengan koin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel