Cara Mengatur Jam SKMEI Lengkap dengan Gambar

Cara Setting Jam SKMEI
Cara mengatur jam SKMEI itu bagaimana ya? Itulah pertanyaan yang muncul dibenakku ketika pertama kali pegang jam tangan ini. Kebetulan beli secara online, pas sampai rumah cuma dapat jam dalam kotak kertas, tidak ada petunjuk cara setting jam tangan.

Sport watch tahan air yang ku beli adalah SKMEI 1128 yang dilengkapi fitur khusus yaitu pedometer 3D (penghitung langkah kaki). Pengennya sih biar semangat olahraga tapi nyatanya tetap males malesan 😂
Cara Mengatur Jam Tangan SKMEI

Sebelum bahas cara mensetting, perhatikan ada 4 tombol di bodi jam tangan,
  • LIGHT, seperti namanya untuk mengaktifkan lampu. Jadi kita bisa melihat jam meskipun dalam gelap.
  • MODE, untuk berpindah pindah mode misal dari penunjuk waktu ke pedometer dan mem (memori).
  • ST/STP (Start/ Stop), untuk memilih fitur di mode

    Kalau di mode penunjuk waktu, kita dapat mengubah dari melihat hari, jam dan tanggal >> Alarm >> Stopwatch

    Kalau di pedometer, bisa diganti dari penghitung langkah dan kecepatan ke kcal dan jarah tempuh.

    Kalau di memori, kita bisa melihat catatan dari pedometer dari tgl X sampai sekarang (sepertinya gitu)
  • RESET itu untuk mereset, misal stopwatch, data di pedometer ataupun alarm. Kalau ditekan beberapa detik kita bisa masuk pengaturan waktu dan tanggal.
Fungsi di atas bisa berubah, tergantung pada mode yang pilih. Selanjutnya akan saya jelaskan satu persatu. Disarankan menyetting di tempat sepi ya, saat melakukan pengaturan pasti berbunyi terus tittt ttiiitt tiiitt.

Cara Mengatur Jam SKMEI

Saat pertama kali pegang jam tangan baru, pengaturan pertama yang harus dilakukan adalah waktu dan tanggal.

1. Di setting ini, tombol punya fungsi berbeda dari yang dijelaskan di atas,
  • MODE untuk berpindah pengaturan dari format waktu, jam, menit, detik, format penanggalan, bulan dan tanggal.
  • ST/STP untuk mengubah pengaturan jam, menit dsb
  • RESET untuk memulai dan menyudahi pengaturan
2. Untuk mensetting waktu dan tanggal, pastikan jam tangan skmei 1128 menunjukkan mode waktu kemudian tekan tombol reset dalam beberapa detik.

3. Tulisan digital akan berkedip kedip, terlihat 24H. Gunakan tombol ST/STP untuk memilih diantara format waktu 12 jam atau 24 jam.

4. Klik tombol MODE, kali ini yang bekedip adalah jam. Gunakan tombol ST/STP untuk mengubah jam. Ulangi untuk menit dan detik (detik ga perlu sih)

5. Jika klik tombol MODE lagi kita akan ke pengaturan tanggal. Yang berkedip D - M bisa diubah jadi M - D dengan ST/STP. Untuk Indonesia disarankan D - M, dimana nanti yang depan adalah tanggal (Date) yang belakang adalah bulan (Month)

6. Klik MODE lagi, kita akan menuju ke pengaturan tahun. Gunakan tombol ST/STP untuk mengubah.

7. Klik MODE dan ST/STOP untuk mensetting pengaturan tanggal dan bulan.

8. Klik MODE, kita akan masuk ke SIG (signal). Jika kita atur ke ON, maka tiap satu jam maka arloji akan berbunyi tttiittt (tepat 7.00 atau 8.00 dst).

9. Selesai dengan klik RESET.

Cara Menggunakan Stopwatch

Fitur penghitung waktu yang disediakan pada sport watch skmei cukup mumpuni untuk menghitung waktu bahkan bisa untuk menghitung split timer (misal untuk lari dalam lap tertentu).

1. Masuk ke mode waktu dan tanggal, gunakan tombol ST/STP untuk memilih fitur stopwatch

2. Klik tombol RESET untuk memulai stopwatch dan klik lagi untuk menghentikan. Kalau klik reset lagi, waktu akan kembali berjalan.

3. Gunakan tombol LIGHT saat waktu terhenti untuk mengatur ulang ke 00.00.00

Terus bagaimana kalau kita ingin SPLIT misal untuk menghitung waktu per lap?
1. Pertama masuk ke stopwatch (sudah dijelaskan di atas)

2. Klik tombol RESET untuk memulai, misal si pelari sudah satu lap. Klik LIGHT, stopwatch terlihat berhenti tapi sebenarnya waktu masih terus berjalan.

Catat angka tersebut, klik LIGHT lagi sehingga waktu berjalan lagi (terlihat total waktu sebenarnya). Di lap selanjutnya tinggal ulangi saja.

3. Saat ingin berhenti (di lap terakhir), gunakan klik RESET ketika stopwatch berjalan untuk menghentikan. Klik LIGHT untuk mengatur kembali ke 00.00.00.

Penggunaan stopwatch ini emang lumayan membingungkan dibandingkan stopwatch yang asli. Ulangi beberapa hingga paham, 2-3 kali coba pasti sudah bisa.

Cara Menggunakan Alarm

1. Masuk ke mode waktu dan tanggal, gunakan tombol ST/STP untuk memilih fitur alarm

2. Tekan RESET beberapa detik hingga penunjuk digital terlihat berkedip

3. Gunakan ST/STP untuk mengubah jam dan menit sedangkan tombol MODE untuk berpindah dari jam ke menit.

4. Jika sudah terlihat lambang bel di atas jam berarti alarm anda sudah aktif.

Kalau ingin mematikan alarm, cukup masuk ke fitur Alarm lalu klik RESET sekali. Tombol reset disini bisa digunakan untuk ON/OFF alarm dengan cepat.

Cara Menggunakan Pedometer

Saya pribadi belum 100% paham cara mengatur jam SKMEI untuk pedometer, masih sering bertanya tanya "Bener ga sih begini caranya?". Hal ini karena perhitungan yang dihasilkan sering kurang tepat. Misalnya ketika aku memakai jam tangan ketika berolahraga menempuh jarak 2km, di pedometer cuma sekitar 1 km saja.

Pengaturan,

1. Masuk ke mode Pedometer dengan menggunakan tombol MODE.

2. Tekan RESET beberapa detik, akan muncul KG berkedip. Kalau kita pecet ST/STP akan berubah jadi LB. Ini sepertinya pengaturan berapa bobot kita dalam kg atau lbs (pons). Nantinya untuk penghitungan jumlah kcal yang hilang.

3. Klik MODE kita akan disuguhi CM, di bawahnya ada angka yang bisa diatur 30 - 150. Ini pengaturan lebarnya langkah kita. Harus tepat betul agar perhitungan pedometer bisa lebih akurat.

4. Klik MODE lagi kita akan melihat SEN yang bisa diubah Hi, Lo, Mid. Kalau yang ini jelas tingkat kesensitifan sensor penghitung langkah kaki.

Untuk menggunakannya cukup ke mode Pedometer, terlihat Step dan Km/H. Tekan ST/STP beberapa detik, akan muncul lambang kecil terlihat seperti orang berlari. Tinggal coba melangkah beberapa meter nanti akan terlihat angka akan berubah.
  • Step itu adalah jumlah langkah kaki
  • Km/H = kecepatan lari dalam km/jam
  • Kcal = energi yang kita keluarkan
  • Min = waktu yang kita habiskan untuk lari
  • Km = jarak yang ditempuh.
Kalau kelar berolahraga lari, cukup tekan ST/STP beberapa detik, lambang orang berlari pun akan hilang. Lari yang kita lakukan dalam hari ke hari bisa dilihat di MEM, ada data berupa km, step dan kcal.

Itulah artikel tentang cara mengatur jam SKMEI 1128, untuk tipe lain saya rasa tidak jauh berbeda. Kunci untuk mengatur sport watch satu ini harus berani coba coba, kalau memang tidak bisa barulah coba tanya ke sang pedagang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel