Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps

cara membuat alamat kita ada di google map
Tulisan ini bukan hanya tutorial cara mendaftarkan alamat di Google Maps. Namun berbagi pengalaman menambahkan beberapa tempat agar muncul di petanya si Google. Semacam uji coba mengapa lokasi yang ditambahkan belum muncul di Google Maps?

Walaupun mudah namun kadang kita bisa gagal membuat alamat di Google Maps. Tahu ga sih bahwa tidak semua kategori usaha akan muncul langsung di peta. Ada beberapa yang hanya muncul ketika seseorang melakukan pencarian.


Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps

Langkah menandai tempat baik itu di www.google.com/maps ataupun aplikasi android/ iOS itu sama saja. Yang membedakan hanya tampilan dan beberapa hal kecil. Kurang lebih langkah-langkahnya seperti ini.

1. Masuk ke Google Maps
2. Klik Menu (bentuknya tiga garis bertumpuk) dekat kolom pencarian di pojok kanan atas.
3. Scroll ke bawah dan pilih tambahkan tempat untuk sekedar menandai atau pilih tambahkan bisnis Anda jika ingin mengklaim di Google My Business. Fungsinya sama yaitu menandai tempat di google.

Bedanya kalau daftar Business kalian menjadi pemilik sah tempat yang ada di peta tersebut. Bisa menambahkan informasi lebih detail, berinteraksi dengan pengunjung dan menjadikan tanda tersebut sebagai promosi usaha anda. Ibaratnya semacam bikin Toko di google maps.
Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps
4. Dalam artikel ini aku mencontohkan bagaimana cara menandai tempat saja, tidak sampai Google Bisnisku. Setelah klik "tambahkan tempat" akan muncul jendela baru yang meminta data Nama, Kategori dan Lokasi.
cara menambahkan lokasi bisnis di google maps
  • Nama bisa diisi dengan nama tempat usaha
  • Kategori pilih yang sesuai misal anda jualan motor bekas ya pilih ketik Toko Motor Bekas atau Dealer Motor Bekas.
  • Lokasi, ketik nama desa kecamatan kabupaten lalu klik update lokasi peta di bawahnya. Arahkan tanda balon merah tepat di lokasi usaha anda. Caranya cukup geser-geser hingga lokasinya tepat.
Kita juga bisa menambahkan Jam Buka, Nomor Telepon, Alamat Situs, Tanggal Pembukaan dan Foto. Sekali lagi google juga menyarankan untuk klaim bisnis tersebut dengan Google My Business. Bagi anda yang punya usaha sebaiknya daftarkan saja, toh GRATIS.

5. Scroll ke bawah dan klik Kirim. Nah jika kalian belum menambahkan nomor telepon dan situs, akan muncul jendela peringatan. Cuekin saja dan klik Kirim, kedua informasi kontak tersebut tidak wajib kok.

6. Beberapa menit kemudian akan ada email yang dikirimkan ke akun google mu. Ada dua jawaban yaitu sukses terpublish atau menunggu review. Nah jika sukses berarti kalian bisa mencari alamat tersebut di google maps meskipun belum muncul tanda. Sedangkan being reviewed artinya harus menunggu beberapa hari lagi.

Walaupun sudah terdaftar namun ada yang tempat usahanya tidak muncul di peta misalnya kisahku di bawah ini. Aku pribadi heran mengapa lokasi yang ditambahkan belum muncul di Google Maps? Apakah salah pengaturan atau tidak lolos review? Berapa lama lagi harus menunggu?

Cerita Gagal Mendaftarkan Alamat di Google Maps

Singkat cerita tahun lalu awal Juli 2018, aku menandai tempat usaha yang juga rumah seorang tetangga, dia seorang praktisi pengobatan alternatif. Seminggu berlalu aku cek di google Maps, kok belum muncul juga.

Banyak tutorial yang menyarankan untuk daftar Google My Business, sekitar 3-4 hari kemudian PIN datang. Kutambahkan informasi detail, foto dan review dari beberapa akun google lain (pinjam akun keluarga). Cek lagi dan hasilnya belum ada tanda.

Beberapa bulan kemudian, ada seorang anak muda tidak dikenal datang ke pengobatan. Saat ditanya, "Kok bisa tahu alamat ini dari mana mas?" Jawabnya "dari google". Puas banget rasanya mendengar jawaban itu.

Anehnya hingga saat ini November 2019 rumah tersebut belum ada tanda. Kata orang sih harus menunggu google meninjau hasil edit. Seingatku dulu sudah dapat email "Hasil edit Anda diterima". Seharusnya tanda sudah muncul di peta.

Isenglah ku cari di google dengan kata kunci "Pengobatan Alternatif di Magetan". Hasilnya usaha tetanggaku sudah terlihat lengkap dengan telepon, petunjuk arah dan detail informasi yang sudah kubuat di My Business.

Cek di Street View, gambar yang disajikan adalah keadaan sekitar September 2015. Mungkinkah penyebabnya karena mobil google belum lewat lagi?

Ternyata tidak, aku teringat toko milik tetangga yang baru buka awal tahun 2019. Tempat tersebut sudah tertandai di google Maps, padahal Street View-nya juga Sep 2015.

Mungkinkah kategori pengobatan alternatif tidak bisa muncul di peta. Aku cek beberapa praktisi pengobatan alternatif di Magetan dan Madiun. Hasilnya memang tidak keliatan di peta secara langsung namun bisa ditemukan lewat pencarian google. Aku cek segala sesuatu yang berkaitan dengan pengobatan alternatif tidak ada yang muncul di peta.
lokasi tidak muncul di peta google maps

Percobaan Menandai Banyak Tempat

Pada 13 November 2019 iseng-iseng aku menandai 9 tempat berbeda, semuanya terletak jauh dari jalan yang ramai. Ada 3 alamat fiktif yang aku tandai, apakah google juga akan mengabulkan? Aku menandai kebun tebu sebagai Pembuat Website hahaha.
  1. Tukang bekam - Physical therapy clinic
  2. Tukang bekam kedua - Alternative medicine practitioner
  3. Jasa Laundry - Laundry
  4. Peternakan lele - Farm
  5. Warung rujak - Restaurant
  6. Toko Kecil- Store
Coba mendaftarkan alamat fiktif, aku tandai sawah dan kebun.
  1. Cafe
  2. Website Designer
  3. Electrical installation service
Beberapa menit setelah menandai, aku dapat email bahwa Your edit has been accepted. Total ada 6 yang statusnya published, kalau dicari sudah ada namun belum nampak di maps. Sedangkan yang 3 statusnya masih direview.

Sekitar dua minggu kemudian, hanya satu tempat saja yang belum lolos review yaitu kebun tebu. Kemungkinan besar karena tempat tersebut belum dilewati mobil google yang mendata foto untuk street view. (cek gambar di bawah ini, perhatikan jalan yang tidak dilewati garis biru).
gagal menandai tempat bisnis di peta google
Tanggal 22 Desember 2019 aku membuka google maps desaku, total ada 3 tempat yang sudah DITANDAI. Mereka adalah Warung rujak - Restaurant, Toko Kecil- Store dan Cafe. Yang lain kalau dicari sudah ketemu namun belum muncul di peta seperti kasus pengobatan alternatif di atas.

Akhir Kata

Bisa disimpulkan tips agar cepat muncul di peta adalah mengubah kategori usaha anda ke kategori yang mudah ditandai oleh google misal Toko, Restaurant, Cafe dll. Agak aneh namun kalau ingin muncul tanda di tempat usaha anda ya harus begini.

Alternatif lain adalah membuat dua tanda di tempat usaha anda. Pertama diisi dengan informasi sebenar-benarnya dan didaftarkan Google My Business. Yang kedua ditandai dengan kategori Toko. Tidak masalah kok menandai satu rumah dengan dua tanda. Lihat saja pusat perbelanjaan di kota, satu tempat malah ada buanyak tanda.

Sekian artikel tentang Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps. Faktanya tidak semua kategori tempat dimunculkan dalam peta secara langsung. Google baru akan menampilkan jika seseorang melakukan pencarian yang sesuai dengan Nama, Kategori dan Informasi tempat usaha anda. So ternyata mudah kan membuat alamat kita di peta google?

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel