Sinergi Terbaik Mobile Legends Chess TD

Sinergi Terbaik Mobile Legends Chess TD
Chess-TD adalah mode game baru dari Mobile Legends yang menggabungkan konsep Autobattler dan Tower Defense. Berawal dari iseng, dalam dua hari kebelakang ini aku main terus sampai rank King.

Dalam artikel ini aku akan berbagi tips bermain, informasi hero apa yang paling kuat ataupun sinergi mana yang sering menang. Mohon dikoreksi jika salah! Aku pribadi baru bermain 2 hari jadi belum paham betul tentang cara bermain Mobile Legends Chess-TD.


UPDATE DESEMBER 2019. Karena pergantian Hero dan Sinergi, banyak hal yang tidak sesuai lagi. Silahkan cek artikel terbaru yaitu Kombinasi Terbaik Chess TD Mobile Legends di Leaderboard. Data diambil dari para Top Global Arcade dari ranking 1 hingga 10.

Sinergi Terbaik Mobile Legends Chess-TD

Perlu diingat rata-rata game kelar sekitar ronde 20-an, saat itu seorang player biasanya punya 7 hingga 8 hero. Artinya kita harus mempersiapkan sinergi dari 7 atau 8 hero tersebut. Ini dia beberapa kombinasi hero yang terbukti membawaku memenangkan pertandingan Chess TD di Mobile Legends.

1. Mage + Oracle

Banyak yang bilang kombinasi ini paling powerfull. Skill Malefic dari Mage meregenerasi mana setiap 5 detik dan meningkatkan magic damage dari Mage. Di sisi lain skill Pray dari Oracle mengurangi magic defense dari musuh sebesar 25. Hasilnya musuh dijamin tewas dengan serangan magic non stop.

Satu yang menarik Kadita adalah hero Oracle + Mage artinya kita hanya memerlukan 7 hero untuk mendapatkan sinergi serangan Magic ini. Kaja sendiri adalah Support yang otomatis dapat Sneak, skillnya nge-slow 70%.

Nah role Mage punya 7 hero sedangkan yang dibutuhkan hanya 6. Silahkan pilih mana yang anda dapatkan dan sudah level tinggi, menurutku yang wajib ada itu Kadita, Kaja dan Odette. Selain itu bebas sih tergantung sikon.

Aku pribadi tidak menyarankan membeli 7 mage tersebut, 6 saja sudah cukup. Untuk hero kedelapan lebih baik ambil Tigreal sehingga mengaktifkan sinergi Bully bersama Odette. Lumayan skill bisa nyetun musuh, cocok banget dengan ulti Odette yang luas.

Contoh kombinasinya,
Hero: Eudora, Vexana, Cyclops, Kaja, Zhask, Kadita, Odette, Tigreal
Sinergi yang didapat: Malefic, Burst, Specialize, Sneak, Pray, Bully

Tips di early game kita bisa mengandalkan Vexana dan Kaja, dua hero yang otomatis dapat sinergi walaupun sendiri. Selain itu kalian bisa membeli hero yang sinergi dengan Hero Mage di atas. Misal Cyclops + Martis/ Karrie ataupun Eudora + Miya.

Mage punya 3 hero abu-abu yang lemah. Jika sampai akhir kalian tidak bisa mengupdate minimal bintang dua sebaiknya ganti saja. Misal seperti pada gambar di bawah ini, aku sengaja mengganti Cyclops dengan Karrie dan memasang dua Kadita.
Contoh Sinergi Hero Chess TD Mobile Legends Mage

2. Empire + Cyborg

Sinergi Weaken dari Cyborg yang meningkatkan 100% durasi CC terlihat sangat menjanjikan. Banyak yang mengabungkannya dengan Tank, Break milik Beast, Bully dari Empire dll.

Kombinasi terbaik adalah dengan hero Empire. Odette, Lancelot dan Natalia mampu memberikan burst damage dengan area luas. Tak lupa ada Tigreal yang otomatis sinergi dengan Johnson yang sama-sama Tank. Skill Bully yang memberikan peluang stun 20% untuk setiap skill sangat sinergi dengan Weaken, total stun menjadi 2,2 detik.

Fraction Cyborg sendiri ada 3 hero sedangkan Empire 4 hero, totalnya sudah 7 hero. Untuk hero kedelapan bebas ya, aku pribadi sering ambil Minotaur demi Break dari Beast. Sinergi ini juga memiliki peluang stun 0,8 detik dari setiap basic attack.

Contoh Kombinasinya
Hero: Lancelot, Angela, Johnson, Jawhead, Tigreal, Natalia, Odette, Minotaur
Sinergi yang didapat: Weaken, Bully, Sneak, Invocate, Sacrifice, Break
Tim Terbaik Chess TD Sinergi Empire  Cyborg
Kombinasinya ini sangat lemah di early game, hero Cyborg tidak terlalu bisa diharapkan. Apalagi di awal cuma ada Lancelot yang otomatis Bully tidak aktif. Disarankan ambil salah satu hero Undead untuk membantu bertahan hidup.

Penempatan juga sangat krusial, pelajari jarak dari setiap skill hero tersebut. Burst damage terbesar yaitu Odette harus ditaruh di tengah. Jangan taruh Jawhead terlalu belakang. Ingat skill itu butuh mana, untuk regen mana harus mukul musuh. Jadi tidak bisa musuh datang terus lempar.

3. Cyborg + Tank

Kombinasi Badak yang bagus untuk bertahan dan menyerang. Kelemahannya adalah minim hero range jauh, kita harus pintar-pintar mengatur posisi terutama tank dengan stun area. Misal saja formasiku di bawah ini.
Sinergi Kuat untuk Chess TD Mobile Legends

Untuk tambahan damage disarankan ambil Roger dan Terizla yang memberikan efek Splash sekaligus mengaktifkan Break milik Beast. Hero kesembilan biasanya aku ambil Odette yang sinergi dengan Tigreal sekaligus memberikan magic damage.

Contoh Kombinasinya
Hero: Angela, Johnson, Jawhead, Khufra, Tigreal, Minotaur, Roger, Terizla, Odette
Sinergi yang didapat: Weaken, Sneak, Sacrifice, Specialize, Break, Splash, Bully

Early game kita bisa mengandalkan Angela, Johnson dan Khufra lalu melengkapi semua Cyborg dan Tank. Pasang 2 atau 3 Khufra bintang satu lumayan kuat lho. Usahakan aura Sacrifice dari tank bisa kena banyak musuh.

4. Full Assassin

Silahkan gunakan keenam hero assassin, strategi sederhana namun OP parah. Kelemahannya adalah HP yang tipis, untuk itu kalian wajib mendapatkan spoil item yang nambah speed supaya sukses nembus pertahanan lawan.

Contoh Kombinasinya
Hero: Helcurt, Lancelot, Kaja, Hanabi, Gusion, Natalia, Selena, Hayabusa
Sinergi yang didapat: Invocate, Bully, Malefic, Sneak, Smite

Untuk hero ketujuh aku lebih suka Hanabi sehingga mengaktifkan Smite dari fraksi Scarlet Shadow. Hayabusa akan membuka skill Shadow kill sedangkan Hanabi akan dapat Petal Barrage. Kaja juga sangat bagus bahkan sampai late game berkat slow area yang luas.

Gambar di bawah ini adalah contoh betapa susahnya memainkan sinergi 6 hero. Hingga akhir game aku belum bisa menaikkan level Helcurt. Akhirnya aku ganti dengan Minotaur dan Helcurt baru masuk lagi sebagai hero kesembilan.
Sinergi Hero Chess TD Assassin Gampang Menang
Alternatif,
Hero: Helcurt, Lancelot, Gusion, Natalia, Selena, Tigreal, Hayabusa, Odette
Sinergi yang didapat: Invocate, Bully, Malefic

Di role assassin sudah ada Lancelot dan Natalia yang otomatis mengaktifkan Bully. Sayangnya yang dapat hanya kedua hero tersebut. Nah jika kalian menambah Tigreal dan Odette maka skill semua hero memiliki peluang 20% untuk menyebabkan efek stun selama 1,1 detik. Gilanya Invocate milik Assasin mengurangi CD skill semua hero sebesar 70%

Jumlah sinergi yang didapatkan hanya sedikit namun efeknya ruar biasa. Skill bisa dispam habis-habisan ditambahkan chance memberikan efek stun. Untuk pertahanan di awal game adalah Kaja atau Angela yang memberikan slow 70% dari role Support.

5. Full Marksman

Di late game marksman bisa membunuh semua lawan dengan mudah berkat sinergi criticize yang memberikan tambahan damage 70% dan crit chance 70%. Ditambah lagi setiap hero memiliki keunikan yang saling melengkapi.

Sayangnya tanpa tambahan damage + crit chance tersebut, hero marksman tidak bisa diandalkan. Sinergi marksman membutuhkan 3 atau 6 hero. Lebih sulit diperoleh dibandingkan role Assassin dan Mage yang 2-4-6 hero.

Marksman hanya memiliki satu hero abu-abu yaitu Miya yang harganya 1 gold. Mayoritas hero dihargai 2 gold sehingga butuh lebih banyak gold untuk meningkatkan bintang dibandingkan role lain.

Total Marksman ada 7 sedangkan yang dibutuhkan hanya 6, semua powerfull dengan sinergi masing-masing. Aku sih tergantung sikon, kalau di awal dapat Ruby dan Gusion langsung gas Layla untuk mencari gold dari Greed - Mortal. Kalau enggak dapat ya pilih yang lain. Serangan Layla terlalu sederhana dan sangat tergantung jarak.

Contoh Kombinasinya
Hero: Miya, Moskov, Angela, Karrie, Hanabi, Roger, Irithel, Hayabusa
Sinergi yang didapat: Criticize, Sneak, Specialize, Snipe, Break, Smite
Kombinasi Chess TD yang Sering Menang Marksman
Early game gunakan Sinergi dari hero-hero Marksman tersebut. Misalnya Miya + Eudora ataupun Karrie + Martis. Moskov juga bagus asalkan satu-satunya Undead. Pasang Angela atau Kaja untuk melambatkan serangan musuh. Di late game ganti Angela dengan Minotaur untuk mendapatkan sinergi Beast.

Sinergi Greed dari Mortal sangat cocok untuk farming gold. Tak ada salahnya menggunakan Layla, Ruby dan Gusion di early game. Usahakan sisa gold di atas 20 untuk mendapatkan interest 2 gold setiap ronde. Kalau mulai kesulitan menghadapi musuh, jual si Ruby dan Gusion beli hero Support.

Alternatif
Hero: Miya, Eudora, Moskov, Karrie, Hanabi, Selena, Roger, Irithel, Minotaur
Sinergi yang didapat: Criticize, Specialize, Snipe, Break

Snipe dengan 4 Elf beneran gila terutama si Irithel. Perih banget ditambah punya 25% chance stun dari Beast. Minotaur sangat kuat untuk menahan musuh yang datang bergerombol. Best Tank di Chess TD gitu lho.

6. Celestial +++

Celestial memiliki sinergi Burst yang memberikan semua hero tambahan attack speed sebesar 40%. Fraction ini sangat kuat berkat Karrie dan Zhask. Apalagi Celestial cuma butuh 4 hero saja untuk performa maksimal.

Kita bisa mengkombinasikannya dengan hero lain yang membutuhkan attack speed. Aku sering menambahkan Marksman, Fighter ataupun Abyss. Kalau iseng kadang pilih 4 mage untuk membuka Malefic maksimal.

Mayoritas orang menyukai kombo dengan marksman untuk meningkatkan serangan dari Karrie. Apalagi di role ini ada Roger yang juga fighter, cukup tambahkan satu lagi fighter maka sinergi Splash bisa aktif.

Contoh Kombinasinya
Hero: Cyclops, Martis, Karrie, Moskov, Kaja, Zhask, Roger, Terizla
Sinergi yang didapat: Burst, Malefic, Specialize, Criticize, Sneak, Splash, Break.
Sinergi Hero Mobile Legends Celestial MM Fighter
Di early game, gunakan support untuk slow musuh dan biarkan Karrie menghajar semua. Untuk marksman aku sering pakai Moskov berkat sinergi Undead. Roger sangat cocok karena dia marksman, fighter dan beast.

Yang perlu diperhatikan adalah penempatan Zhask, lebih tepatnya si minion itu lho. Kita tidak bisa mengontrol dimana spawnnya, jadi kalau posisi kurang tepat yang harus diubah itu Zhask. Usahakan Roger di dekat Karrie untuk memberi aura nyetun.

Alternatif lain adalah menambahkan Helcurt, Thamus dan Terizla. Sinergi Sunder dengan 3 hero memberikan semua hero serangan true damage dan mengurangi physical defense. Bukankah ini sangat pas dengan Celestial?

7. Undead + Tank

Kombinasi ini sebenarnya tidak terlalu kuat kalau masalah pertahanan. Yang gila itu serangannya, hero kita memiliki HP tinggi dan Undead yang bisa hidup lagi. Dijamin bisa menjebol semua pertahanan musuh.
Best Synergy for Mobile Legends Chest-TD
Syaratnya adalah spoil item yang membuat semua hero Undead hidup kembali jika baru pertama mati (cek gambar). Gunakan tambahan spoil item yang menambahkan movement speed di 10 detik terakhir. Asalkan punya kedua item ini tanpa sinergi Specialize pun kita bisa memang. Lihat gambar di atas ini, aku menang meskipun tanpa Leomord.

Contoh Kombinasinya
Hero: Venaxa, Moskov, Khufra, Leomord, Johnson, Tigreal, Minotaur
Sinergi yang didapat: Specialize, Sacrifice, Break

Anda tidak salah hitung, memang aku hanya menyebutkan 7 hero saja. Sebaiknya gunakan Khufra atau Leomord bintang 2 sebanyak 2. Tentu supaya bisa hidup kembali saat menyerang. Asalkan musuh belum jadi 100% pasti ada saja heromu yang sampai ke ujung jalan.

Early game kalian bisa mengandalkan Johnson dan Khufra. Sebaiknya jangan dulu menurunkan Moskov atau Vexana jika tidak punya item hidup kembali. Nah yang jadi problem itu jika tidak dapat itemnya 😭 Mau tidak mau harus berjuang seperti biasa. Pasang semua Undead setelah lengkap semua.

Untuk pertahanan kita bisa mengandalkan stun area dan Sacrifice dari para Tank. Sedangkan burst damage didapat dari Moskov dan Leomord. Keunikan dari Undead adalah mendorong melewati dinding, penempatan sangatlah penting.

Wah gila panjang banget yang aku tulis hari ini. Sekian dulu daftar Sinergi Terbaik Mobile Legends Chess-TD dari Shalaman (Sharing Pengalaman). Mohon maaf jika ada kesalahan, aku pribadi sadar aku hanyalah Noob. Bagi yang punya sinergi yang belum ada di artikel ini, tidak ada salahnya berbagai di kolom komentar.

Menurutku kunci untuk menang adalah bijak dalam mengambil keputusan sesuai dengan situasi dan kondisi. Jangan terlalu idealis mengejar kombinasi terbaik. Walaupun sinergi itu penting jika hanya diisi hero bintang 1 ya pasti kalah dengan musuh yang punya bintang 3.

Di sisi lain jangan terlalu nafsu naikin level sampai refresh shop berkali-kali. Buatlah tim terbaik dengan hero yang anda dapat. Lihatlah gambar di bawah ini, aku kalah meskipun punya sinergi lebih banyak. Ada juga yang punya tiga hero maksimal namun sudah tereliminasi sejak ronde 18.
Penting mana bintang atau sinergi

Sinergi Book Mobile Legends Chess-TD

Total ada 16 sinergi yang mungkin didapat dari 10 fraksi dan 6 role. Ada 31 hero yang punya fraksi dan role masing-masing. Hingga sekarang aku pribadi masih penasaran dengan berbagai kombinasi yang mungkin lebih mudah menang.

Misalnya Cyborg Beast Marksman Celestial dengan hero Johnson, Angela, Moskov, Jawhead, Karrie, Zhask, Roger dan Minotaur. Secara teori Beast akan memberikan chance 25% menyebabkan stun 0,8 detik (change lebih gede dibandingkan Bully).

Artinya Karrie dan Zhask yang attack speednya naik punya peluang stun. Ditambah Moskov, MM Undead yang punya stun.Di sisi lain Cyborg punya menaikkan durasi CC 2x lipat. Untuk serangan Cyborg punya item mengurangi durasi CC saat menyerang sebesar 90%.

Atau mungkin Fighter Beast Abyss yang dapat menghajar lawan dengan serangan splash yang dapat mengurangi Physical Defense sekaligus ada chance untuk stun. Walaupun tidak ada serangan jarak jauh namun sinergi ini dibekali hero dengan stun CC yang banyak.

Dan masih banyak lagi yang lainnya seperti Elf + Marksman atau Oracle + Elf + Beast. Kombinasi lainnya bisa kalian buat dengan melihat tabel Synergy Book yang disediakan dalam game Mobile Legends Chess-TD.
Tabel Buku Sinergi Mobile Legend Chest-TD

10 Fraction

Mortal - Greed
Membutuhkan 3 hero. Player akan mendapatkan 1-4 Gold tambahan pada awal Battle.

Elf - Snipe
  • Jika 2 hero maka hero Elf akan melepaskan 2 split arrow saat menggunakan Attack, memberikan 50% damage.
  • Jika 4 hero maka hero Elf akan melepaskan 3 split arrow saat menggunakan Attack, memberikan 100% damage.

Scarlet Shadow - Smite
Unit Scarlet Shadow akan membuka skill ninja baru: Hanabi - Petal Barrage, Hayabusa - Ougi Shadow Kill.

Cyborg- Weaken
Membutuhkan 3 hero. Meningkatkan 100% durasi CC yang diterima unit lawan.

Beast - Break
  • Jika ada 1 Hero. Hero Beast dan Hero yang berada dalam jarak 1 slot dari mereka dapat menyebabkan efek stun kepada lawan dengan basic attack mereka selama 0,8 detik dengan peluang sebesar 15%.
  • Jika ada 2 Hero. Basic attack dari seluruh hero memiliki peluang 25% untuk menyebabkan efek stun kepada target selama 0,8 detik.

Oracle - Pray
Membutuhkan 2 hero. Damage dari Hero Oracle akan mengurangi Magic Defense target sebesar 25.

Royal - Bully
  • Jika hanya ada 2. Skill dari hero Empire memiliki peluang 20% untuk menyebabkan efek stun kepada target selama 1,1 detik.
  • Jika ada 4 hero. Seluruh Skill hero memiliki peluang 20% untuk menyebabkan efek stun kepada targe selama 1,1 detik.

Undead - Specialize
  • Hero Undead mendapatkan 75% damage boost ketika terdapat 1 hero undead.
  • Hero Undead mendapatkan 200% damage boost ketika terdapat 4 hero undead.
  • Jika ada 2-3 hero undead maka sinergi akan menghilang. Ingat ya yang hilang itu cuma sinergi Specialize saja, lainnya masih normal seperti biasa. Ini bukan BUG.

Celestial - Burst
  • Jika ada 2 hero. Attack speed hero Celestial meningkat 30%
  • Jika ada 4 hero. Attack speed seluruh Hero meningkat 40%

Abyss - Sunder
  • Jika ada 2 hero. Damage yang diberikan hero Demon akan mengurangi 35 Physical defense target
  • Jika ada 3 hero. Seluruh damage dari hero akan dikonversikan menjadi True Damage dan dapat mengurangi Physical defense dari target sebesar 35

6 Role

Tank -Sacrifice
  • Jika ada 2 Hero. Hero tank memberikan Magic Damage yang setara dengan 300 + 4% dari Max HP-nya kepada lawan yang berada di dekatnya setiap detik.
  • Jika ada 4 Hero. Hero tank memberikan Magic Damage yang setara dengan 600 + 5% dari Max HP-nya kepada lawan yang berada di dekatnya setiap detik.

Fighter - Splash
  • Jika ada 3 hero. Basic Attack Hero Fighter memberikan 40% splash damage kepada unit dalam suatu area.
  • Jika ada 6 hero. Basic Attack Hero Fighter memberikan 65% splash damage kepada unit dalam suatu area.

Assassin - Invocate
  • Jika ada 2 hero. Hero Assasin mengurangi CD dari skill yang mereka gunakan sebesar 20%
  • Jika ada 4 hero. Hero Assasin mengurangi CD dari skill yang mereka gunakan sebesar 70%
  • Jika ada 6 hero. Seluruh Hero mengurangi CD dari skill yang mereka gunakan sebesar 70%

Mage - Malefic
  • Jika ada 2 hero. Hero Mage meregenerasi 8 mana setiap 5 detik
  • Jika ada 4 hero. Seluruh Hero meregenerasi 20 mana setiap 5 detik
  • Jika ada 6 hero. Seluruh Hero meregenerasi 20 mana setiap 5 detik. Sementara itu Basic Attack dari Hero Mage memberikan Magic Damage yang sangat besar.

Marksman - Criticize
  • Jika ada 3 hero. Meningkatkan damage hero marksman sebesar 20%, Crit Chance sebesar 30%.
  • Jika ada 6 hero. Meningkatkan damage hero marksman sebesar 70%, Crit Chance sebesar 70%.

Support - Sneak
Jika ada 1 hero. Memberikan Debuff Slow sebesar 70% saat memberikan Damage.

Sayang sekali mode ini akan menghilang di pertengahan bulan November 2019. Mudah-mudahan Moonton menjadikannya permanen. Menurutku dibandingkan dengan Survival, Chess TD jauh lebih menyenangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel