Cara Mengganti Background Foto dengan Paint

Cara Mengganti Background Foto dengan Paint
Kali ini shalaman akan berbagi cara mengganti background foto dengan Paint. Tujuannya mengubah gambar jepretan biasa agar dapat dijadikan pas foto untuk melengkapi berkas lamaran kerja, daftar sekolah ataupun dokumen penting lainnya.

Belakangan banyak orang yang ingin merubah background foto sendiri dibandingkan menggunakan jasa photografer. Alasannya lebih hemat apalagi handphone jaman now memiliki kamera yang bagus. Tinggal jepret, edit lalu print, hasilnya tidak jauh beda dengan profesional.

Mengganti Background Foto dengan Paint

Fitur yang disediakan oleh Paint sangatlah sederhana, tidak dapat dibandingkan software editor photo macam Adobe Photoshop ataupun GIMP. Kabar baiknya semua pengguna sistem operasi Windows pasti punya Microsoft Paint tanpa harus menginstall. Mayoritas pengguna Laptop dan Komputer di Indonesia kan pakai Windows.


Untuk foto yang akan diedit sebaiknya pencahayaannya bagus dimana semua bagian tubuh di foto terkena cahaya. Kesalahan yang sering terjadi itu ada bagian yang kurang terang. Terlalu kontras  sehingga hasilnya kurang menyatu.

1. Membuka Paint dan Foto

Pertama silahkan buka Paint klik Start/ tombol Windows lalu search dengan kata kunci "Paint". Kalau mau cari manual Click Start, All Programs, Accessories lalu pilih Paint. Selanjutnya klik File, Open dan cari foto yang diingin diubah background.

Atau simpelnya cukup klik kanan foto yang ingin diubah lalu Open With pilih Paint. Hasilnya seperti gambar di bawah. Aku pake paint dari Windows 10 Version 1809, untuk windows lain kurang lebih sama.

Aku mengambil foto bebas lisensi ini dari situs pxhere. Latar belakangnya jelas sulit diedit pakai aplikasi penghapus background di android ataupun online. Kegantengan si model 11-12 denganku 😎
penghapus latar belakang foto

2. Menghapus background dengan free-form selection.

Klik Select di Toolbar atas (cek gambar), pilih selection shapes yang free-form selection. Fungsi fitur ini adalah menyeleksi sebagian gambar untuk kemudian dihapus, dipindah ataupun diedit.
cara menghapus backgroud gambar di microsoft paint
Cara menggunakannya klik satu titik digambar dan tahan lalu tarik mengikuti background yang bakal dihapus, setelah terseleksi klik tombol delete. Lakukan sedikit demi sedikit hingga terhapus semua. Jika melalukan kesalahan tinggal di-Undo atau CTRL+Z.
delete latar belakang foto
Selain itu kita bisa menggunakan eraser tool namun disarankan pakai free selection form dulu karena bisa menghapus area luas sekaligus. Eraser dipakai untuk hapus sisa-sisa background terutama di bagian rambut. Sesuaikan "size" dari penghapus yang digunakan.

3. Mengubah Warna Background Foto dengan Fill The Color

Fitur Fill The Color berada menu "Tools" berbentuk ember yang menuangkan cat. Selanjutnya tinggal memilih warna yang diingkan di sisi kanan, tepatnya yang Color 1. Misal dalam contoh ini aku menggunakan warna merah.

Hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini,
hasil tutorial mengganti background foto
Sekilas udah lumayan bagus walaupun dengan software sederhana. Kalian bisa juga memilih warna lain misal biru, kuning atau hijau. Bagi yang ingin latar belakang pas foto warna putih ya tidak perlu diwarnai.

4. Gunakan Brush untuk Gambar yang Kurang Rapi

Setelah foto diberi background baru dengan Paint, bagian yang kurang bersih makin terlihat. Solusinya menutupinya dengan brush, gunakan warna yang sesuai dengan background.

Cara aplikasinya cukup pilih brush, zoom bagian yang keliatan berantakan. Klik satu titik dan tahan lalu geser geser hingga tertutup rapi. Lakukan perlakuan yang sama untuk bagian lainnya.

Yang agak ribet itu rambut, hapus saja bagian yang dirasa kurang bagus. Atau alternatif lain adalah mengambil foto baru dan kali ini rambut kalian harus lebih rapi.

5. Sesuaikan Ukuran Foto lalu Save

Terakhir adalah menyesuaikan ukuran foto, di Indonesia yang sering diminta untuk kelengkapan dokumen itu 3x4 dan 4x6. Buatlah beberapa versi foto dengan background baru sehingga ketika ingin mencetak tidak perlu ngedit.
  • 3x4 misal 600 x 800, 900 x 1200, 1500 x 2000 pixel
  • 4x6 misal 400 x 600, 1200 x 1800, 2000 x 3000 pixel
Untuk Format, terserah anda bisa JPEG, JPG, PNG ataupun GIF. Aku pribadi menyukai PNG karena kualitasnya lebih bagus, ukuran memang lebih besar tapi tidak masalah. JPEG bisa jadi alternatif meski kualitas gambar di bawah PNG.

Cara menyimpannya dengan klik File, Save As. Lebih simpel cukup CTRL+ S. Shalaman menyarankan membuat backup di Google Drive, Dropbox dan penyimpanan online lainnya supaya lebih mudah dicari saat membutuhkan. 


Akhir Kata

Artikel ini membuktikan bahwa kita bisa mengganti background foto dengan paint. Aplikasi bawaan  semua versi Windows ini sering dianggap remeh namun cukup powerfull. Jika dibandingkan Photoshop memang jauh ya.

Dengan Paint kita hanya bisa mengubah background menjadi warna dasar seperti merah, biru, hijau dll untuk pas foto. Tidak bisa menggabungkan latar belakang dari foto lain misal ingin membuat seolah-olah kita sedang berdiri di depan menara Eifel.

Buat anda yang anti bajak membajak, shalaman sarankan untuk belajar GIMP. Software editing photo ini open source artinya gratis tanpa harus menggunakan lisensi. Fitur jauh lebih banyak dibandingkan Microsoft Paint.

Sekian penjelasan lengkap cara mengganti background pas foto dengan Paint. Di tahun 2020 ini banyak banget website yang bisa mengedit latar belakang gambar secara online. Sangat praktis cukup upload hasilnya langsung terlihat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengganti Background Foto dengan Paint"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel