Cara Mengatasi Webtoon Not Available in Your Country

Cara Mengatasi Webtoon Not Available in Your Country
Bagi kalian yang suka membaca webtoon versi bahasa asing (English, Thai dan China) mungkin pernah melihat peringatan "This content is not available in your country". Bisa diartikan bahwa konten ini tidak tersedia di negara kita, Indonesia.

Aku pribadi mendapat peringatan ini ketika ingin membaca webtoon berjudul Uriah karya Toffuo yang bergenre thriller. Di awal rilis, aku sempat membaca episode 1-3 nah herannya di episode selanjutnya kok gagal.

Seperti kebanyakan serial bertema thriller, Uriah ini sukses bikin penasaran walaupun cerita awal sangat lambat. Sesegera mungkin aku mencoba beberapa cara yang dapat mengatasi webtoon not available in your country.


1. Menggunakan VPN

Kebetulan Uriah ini masuk ke versi bahasa English, langsung saja aku gunakan salah satu aplikasi VPN gratisan dan memilih server Amerika. Kalau webtoon versi Thai ya coba pakai server negara Thailand.

Setelah sukses tersambung, langsung balik membuka aplikasi webtoon. Hasilnya gagal, jendela peringatan masih muncul. Dugaanku aplikasi ini punya keamanan yang baik atau mungkin ada cache jadi tahu bahwa aku cuma pakai VPN (hapus cache tenyata tidak bisa).

2. Membuka Webtoon versi Web

Aplikasi webtoon memiliki kontrol penuh terhadap aktifitas para pembaca, bahkan kita tidak diijinkan screenshot. Hal ini berbeda dengan versi web, pembaca lebih leluasa mengambil gambar dari cerita favoritnya.

Masih terkoneksi VPN server Amerika, aku membuka halaman webtoon di browser Chrome. Kali ini juga muncul peringatan tapi bukan lagi webtoon yang tidak tersedia di negara kita tapi konfirmasi kalau sudah berumur 18+ karena Uriah ini untuk penonton dewasa.

Setelah klik Oke, hasilnya aku berhasil membaca kembali hingga episode terakhir walaupun belum tamat. Sayangnya cerita dari Uriah sangat lambat, sudah 20 episode tapi semua masih belum jelas, siapa lawan siapa kawan.

Kesimpulannya cara membaca webtoon yang tidak tersedia di negaramu adalah menggunakan VPN server luar lalu baca di browser bukan aplikasi official. Browsernya bebas bisa Chrome, Firefox, Opera dll. Kita dapat melakukannya di handphone ataupun desktop.

Sejujurnya aku heran mengapa muncul notifikasi ini saat membuka Uriah, padahal judul lain yang menurutku lebih "parah" bisa dibuka tanpa VPN. Sebut saja Witch Creek Road, Elena, The Red Book, versi Indonesia juga mulai banyak thriller di Canvas.

Mungkin itu dulu Cara Mengatasi Webtoon Not Available in Your Country. Kalian bebas menggunakan aplikasi VPN mana saja, bisa juga diakali dengan mengganti proxy. Intinya menyamarkan IP address supaya tidak kelihatan jika berasal dari Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih!

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Webtoon Not Available in Your Country"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel