Judul Korea Webtoon Study Group

Judul Asli Webtoon Study Group di Naver Korea
Satu lagi webtoon bergenre action tentang anak sekolahan. Tokoh utama bernama Gamin Yoon seorang siswa SMA berkacamata, selalu tampil rapi dan rajin membaca. Kesan awal terlihat seperti anak pintar namun ternyata malah sebaliknya, dia ini bodoh banget wkwkwk.

Demi mencapai cita-citanya masuk Universitas, Gamin Yoon ingin membuat sebuah Study Group. Sayangnya hal ini tidaklah mudah, apalagi sekolahnya dikuasai preman. Diapun terpaksa bertarung demi menjaga grup belajar tersebut.

Selain menegangkan, ceritanya bisa bikin ngakak. Kita bakal disuguhi aksi konyol Gamin Yoon yang mau melakukan apa saja demi melindungi study group. Sebut saja mengondol CPU lengkap dengan monitor dan keyboard atau melompat dari lantai dua.


Judul Korea Webtoon Study Group

Di laman situs Naver dari Korea Selatan, webtoon satu ini memiliki judul asli  스터디그룹 dibaca seuteodigeulub artinya Kelompok Belajar. Berikut adalah link koreanya https://comic.naver.com/webtoon/list.nhn?titleId=721948&weekday=sat. Semua episode bisa dilihat tanpa login/ registrasi.

Saat artikel ini ditulis,
  • Official Indonesia sudah sampai episode 23. Update sekali seminggu di hari Senin.
  • Naver ada 38 episode + preview. Rilis setiap Sabtu.
  • Thailand judulnya sama, sudah lebih dulu 26 episode. Setiap hari Minggu.
  • Versi Cina 流氓讀書會 (Rogue reading club) sudah 20 episode. Update hari Senin.
Lumayan juga kita dapat membaca spoiler 15 episode lebih cepat di versi asli. Mudah-mudahan yang Indonesia berubah rilis 2x seminggu untuk mengejar ketinggalan 3 bulan lebih. Untuk bahasa Inggris sepertinya tidak ada.

Webtoon karya Hyungwook Shin dan Seungyeon RyuIn ini memperoleh rating 9.86 dari 378.5K pembaca di Indonesia. Menurutku kualitas gambar lebih baik dibandingkan webtoon lainnya, dijamin dapat memanjakan mata para pembaca.

Study Group dapat memberikan sesuatu yang unik berbeda dengan judul lain yang sama-sama menceritakan pertarungan anak sekolah. Sebut saja Weak Hero, Lookism, The Boss ataupun yang sudah legend seperti Girls of the Wild's.

Itulah Judul Korea Webtoon Study Group. Seperti kebanyakan genre action, walaupun tidak paham bahasa Korea namun kita bisa mengerti sebagian alur cerita. Tidak ada salahnya membeli dengan koin demi mendukung creator agar lebih semangat update.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel