Judul Korea Webtoon Kawan Kelam

Judul Asli Webtoon Kawan Kelam di Naver Korea
Webtoon dengan judul Kawan Kelam menceritakan tentang Kang Nam yang kehilangan kedua orang tuanya karena sebuah kebakaran. Hanya dia yang selamat berkat pertolongan seorang kakek, sayangnya setelah kejadian itu Kang Nam menjadi buta.

Di masa-masa sulit muncullah si Hitam yang selalu menghibur saat Kang Nam sedih. Walaupun awalnya hanya teman khayalan biasa namun dia lebih nyata dari itu. Hingga sekarang belum jelas si Hitam itu baik atau jahat, kadang memang lucu namun lebih sering misterius.


Judul Asli Webtoon Kawan Kelam

Versi asli berbahasa korea dalam situs Naver diberi judul 검은인간 dibaca geom-eun-ingan artinya Black Man. Berikut ini link menuju spoiler terupdate https://comic.naver.com/webtoon/list.nhn?titleId=718021&weekday=sun. Semua bisa dibaca tanpa harus registrasi akun Naver terlebih dahulu.

Saat artikel ini ditulis,
  • Rilisan resmi Indonesia baru sampai 20 episode. Diupdate pada hari Kamis.
  • Judul korea di Naver hingga episode 41. Update setiap hari Minggu.
  • Versi Cina diberi judul 暗黑怪人 (dark geek). Sudah ada 25 episode. Update hari Rabu.
Tumben tidak digas pol rilis dua kali dalam seminggu padahal jarak dengan versi asli lumayan jauh lho. Untuk bahasa Thailand dan Inggris belum ada atau mungkin aku yang belum nemu.

Awalnya menurutku webtoon satu ini ada kemiripan dengan Ajin Demi Human tetapi makin kesini terlihat banyak perbedaan. Masih banyak misteri yang belum terungkap terutama apa itu makhluk yang dapat merasuki Kang Nam, si Hitam kah?

Rating webtoon karya Lee JongHyeok ini lumayan bagus, 9.87 bintang dari 214.3K pembaca setia. Lebih sedikit dibandingkan webtoon bergenre action lain yang rilis hampir bersamaan seperti Study Group dan Weak Hero. Mungkin karena jalan cerita yang sedikit lambat. Padahal Kawan Kelam cukup menarik lho, tidak hanya menyajikan aksi tapi juga drama dan misteri.

Itulah Judul Korea Webtoon Kawan Kelam. Sejujurnya melihat spoiler di versi asli berbahasa korea tak bisa mengobati rasa penasaran kecuali anda bisa membaca huruf hangeul. Ceritanya penuh misteri, percuma kalau tidak paham dialog.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel