Berapa Ukuran Game Mobile Legends?

Berapa Ukuran Game Mobile Legends Terbaru
Belakangan ini banyak pemain yang mempertanyakan ukuran game Mobile Legends yang makin besar. Kebutuhan penyimpanan lebih dari 4 GB tentu memberatkan pengguna hp kentang dengan memori internal pas-pasan. Muncullah pertanyaan berapa ukuran game Mobile Legends saat ini?

Beberapa pemain mengklaim bahwa ML membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 4 GB hingga 6 GB. Aku langsung mengecek di handphone dan hasilnya tertulis Penyimpanan butuh 3,94 GB. Lumayan juga padahal dulu seingatku hanya butuh sekitar 1 GB saja.
cara memperkecil ukuran data mobile legend


Cara Memperkecil Ukuran Data Mobile Legends

Aku pun menguninstall game MOBA dari Moonton ini dan install lagi untuk membuktikan berapa ruang penyimpanan yang dibutuhkan. Harapannya nanti dapat mengurangi size data Mobile Legends

Pertama kali download aplikasi di Playstore hanya membutuhkan 95.58 MB. Aku mengunduh versi 1.4 14.4454 yang diupdate para 16 September 2019. Artinya sudah speed version yang digadang-gadang bisa lebih cepat dari sebelumnya.

Saat masuk game otomatis harus mengunduh data terlebih dulu. Prosesnya cukup lama hingga berjam-jam, maklum koneksi internet lemot. Hasilnya mengejutkan ternyata membutuhkan data hingga ± 1,8 GB.
full size mobile legend 2019
Ku coba bermain beberapa mode dan hero terbaru, hasilnya lancar. Semua hero dan skin sudah keliatan animasinya, tidak ada hero yang berbentuk bulatan putih, suara lancar dan item di inventory juga terbuka.

Kesimpulannya total ukuran game Mobile Legends di tahun 2019 adalah sekitar 2 GB. Jumlah ini belum termasuk data battlerecord dll, cache dll. Jauh lebih sedikit dari file data sebelumnya yang mencapai 4 GB.

Jika ternyata full size ML kalian lebih besar dari 2 GB dan selisihnya jauh, sebaiknya hapus data atau uninstall lalu download lagi. Perlu diingat nanti harus mengunduh data sekitar 1,8 GB, disarankan pergi ke wifi dengan koneksi cepat.

Ohya, apabila memori internal udah ngos-ngosan sebaiknya jangan hobi mengoleksi replay (battle record). Letaknya di file berada di penyimpanan internal/Android/data/com.mobile.legends/files/dragon2017/BattleRecord.
mengurangi size mobile legend. dengan hapus battle record
Satu pertandingan biasanya butuh memori sekitar 1-2 MB, kalau lebih dari 100 replay ya lumayan juga. Lagian buat apa nonton pertandingan yang sudah usai, mending nonton pro player di MPL. Kalaupun anda seorang youtuber, segera upload dan hapus file yang ada di handphone.

Sering-seringlah menghapus cache yang merupakan file data sementara. Caranya bisa lewat Pengaturan > Aplikasi > Mobile Legends > Penyimpanan > Klik Hapus Cache. Alternatif lain masuk ke aplikasi Mobile Legends > Pengaturan > Deteksi Jaringan > Bersihkan Cache.

Masalah ukuran game Mobile Legends yang makin besar terjadi saat ada update. Terdapat data baru yang ditambahkan sedangkan data lama yang tidak bisa terhapus otomatis. File-file yang tidak berguna akhirnya menumpuk.

Sebenarnya kita dapat menghapus file tsb lewat "menu file penyimpanan" di hp, namun kita semua pasti bingung mau delete yang mana. Solusi terbaik adalah hapus semua data lalu download lagi.

Contohnya saat ada update versi cepat kemarin, kita harus download data Mobile Legends lagi padahal sebelumnya sudah download semua file. Biasanya memang tidak dimulai dari angka 0% tapi kalau sering ya banyak juga. Apalagi beberapa kali Moonton mengupdate ML karena adanya bug.

Ukuran game yang menumpuk makin besar tidak hanya terjadi pada ML saja, aku pribadi dulu pernah kualahan saat main Hearthstone. Setiap update harus download data lebih dari 1 GB. Akhirnya memutuskan berhenti setelah memori internat sekarat.

Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan Berapa Ukuran Game Mobile Legends? Ohya kabarnya Moonton akan mengganti UI (User Interface), kemungkinan besar nanti file data akan membesar.  Temen-teman pengguna hp kentang siap-siap saja. Semoga kita dapat rejeki membeli yang handphone baru. Aamiin!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel