Solusi Muncul Tulisan Error di Jam tangan SKMEI

Cara Mengatasi Tulisan Error di Jam tangan SKMEI
Sore itu aku mencopot jam tangan yang tadi kupakai dan memasukkannya ke dalam saku celana. Saat diambil lagi, angka di layar berkedip kedip dan kemudian menjadi "ERROR" (seperti gambar di atas).

Sempet berfikir mungkin karena salah pencet, ah tapi tak mungkin. Dari pada hanya diliatin, aku coba pencet keempat tombol yang ada bahkan sampai pentolan keras di body. Beberapa menit berlalu dan tidak ada efek sama sekali. Makin penasaran, Apa penyebab tulisan error di jam tangan SKMEI?

Bosan mengutak atik bagian luar, akhirnya kuputuskan untuk membongkar saja. Lepas keempat baut di penutup belakang, bersihkan debu dan noda karat yang terlihat menempel pada mesin. Hasilnya huruf E-R-R-O-R masih terpampang pada layar.
Cara Membongkar Jam Tangan SKMEI Sendiri
Entah mengapa terbesit keinginan untuk mencopot baterai lalu memasang kembali, jadi mirip dengan restart kalau di komputer.

Terlihat angka jam, tanggal dan hari sudah muncul kembali. Sayang kesenangan ini tidak bertahan lama, 2-3 menit kemudian tulisan pada jam tangan malah berkedip. Hal ini berlangsung berhari hari, makin lama tulisan makin menghilang.
Layar SKEMI ERROR
Fix penyebab masalah tulisan error adalah baterai yang mulai habis. Aku beli jam tangan SKMEI 1128 ini sekitar 1,5 tahun yang lalu, lumayan juga daya tahan baterainya. Harapanku sih sebenarnya bisa lebih dari 2 tahun, wong jarang menggunakan fitur pedometer, stopwatch ataupun alarm.


Beberapa hari kemudian, baterai telah diganti dengan yang baru. Tulisan pada layar terlihat lebih hitam berkat baterai yang full power.

Baterai ku beli di tukang servis jam depan terminal, harganya 25.000 itupun katanya yang paling murah. Si penjual bilang, di lapaknya yang paling mahal 40.000an. Kemungkinan itu sekalian jasa pasang, cek di Olshop banyak yang kisaran belasan ribu.

Setelah melepas baterai, kita harus setting ulang dari awal. Bagi teman-teman yang masing bingung tentang fungsi tombol pengaturan, silahkan baca artikel Cara Mengatur Jam SKMEI.

Sekian artikel tentang Solusi Mengatasi Tulisan Error di Jam tangan SKMEI. Mungkin sebaiknya aku harus punya baterai cadangan di rumah. Sisi positifnya nanti tidak perlu bingung kalau kehabisan baterai namun sayang banget kalau beli banyak dan hanya ganti 1 buah tiap 1-2 tahun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel