Penjelasan Sistem Match Making Mobile Legends

Penjelasan Sistem Match Making Mobile Legends

Sistem Match Making Mobile Legends
Setelah mengalami kekalahan, banyak player yang spontan menyalahkan sistem match making mobile legends. Mengapa aku dapat teman noob sedangkan musuhnya selalu pro? Bagaimana cara kerja sistem menentukan tim yang akan bertanding?

Kita bisa mengetahui Tier teman setim dari border saat loading sebelum masuk pertandingan. Sedangkan milik musuh tidak ditampilkan (cek gambar di atas). Apakah Moonton takut pemain akan marah jika tahu tim musuh memiliki komposisi lebih baik?

Sistem matching up di mode ranked itu dihitung berdasarkan jumlah bintang pemain. Misal ada 5 orang dengan tier Warrior I (7 bintang) maka total bintang dari Tim mu adalah 35. Sistem akan mencarikan lawan yang jumlah bintangnya mirip, mungkin lebih besar ataupun kecil tetapi tidak jauh berbeda.

Contoh saja saat kita bermain dengan lima teman, maka akan dicarikan lawan yang mabar lima orang dengan total bintang yang mirip dengan tim kita. Inilah mengapa battle 5 vs 5 butuh waktu lama untuk mendapatkan lawan.

Jika hanya main bareng 3 orang, itu artinya 2 player lainnya random. Tim musuh juga begitu, 3 orang mabar yang jumlah bintangnya mirip dengan kita dan 2 orang yang total bintangnya hampir sama dengan 2 player random di tim kita.

Jadi jangan kaget ketika di puncak Tier misal Epic I akan sering menemui Legend V. Sedangkan pemain Legend I bisa saja bertemu dengan Mythical Glory. Hal ini dikarenakan saat melakukan pencarian, sistem tidak menemukan pemain dengan tier yang sama. Match making otomatis akan memasangkan dengan tier yang jumlah bintangnya tidak beda jauh.

Lama tidaknya pencarian teman dan lawan yang tepat, ditentukan oleh jumlah pemain online yang ingin bertanding. Inilah mengapa rank Epic dalam hitungan detik sudah siap sedangkan Legend/ Mythic lebih lama. Pemain yang mabar bahkan lebih lama lagi karena harus menunggu tim lain yang mabar juga.

Cek di Mode Ranked

Aku mencoba cek kebenaran perhitungan ini, iseng search "NAMA RANDOM" dan cari pemain yang baru menyelesaikan game Ranked.

Cek satu persatu dari pemain yang terlibat. Lihat Hasil Pertandingan untuk dapat data Rank termasuk bintang sebelum battle. Biar gampang, jumlah bintangnya aku hitung dari GM V bukan dari Warrior.

TIM 1
GM II 2 = 17
GM II 2 = 17
GM III 4 = 14
GM III 2 = 12
GM III 1 = 11
Total 71
TIM 2
GM II 4 = 19
GM III 2 = 12
GM III 1 = 11
GM III 1 = 11
GM V 2 =  2
Total 55

Perbedaannya adalah 16 bintang, hasilnya pertandingan dimenangkan oleh tim pertama. Ada satu orang dari tim kedua yang kemungkinan lag, terlihat dari damage yang dia hasilkan cuma 7000 dalam pertandingan 13 menit.

Sama seperti sebelumnya, aku search "NAMA SI ANU" dan mengambil satu orang random. Cari yang masih online dan intip Hasil Pertandingan terbaru dari kesepuluh orang yang bertanding.

TIM 1
GM I 1 = 21
Epic V 1 = 26
Epic V 1 = 26
Epic IV 0 = 30
Epic IV 1 = 31
Total 134
TIM 2
GM I 1 = 21
GM I 3 = 23
Epic V 2 = 27
Epic IV 3 = 33
Epic III 2 = 37
Total 141

Sekilas tim 1 lebih diutungkan karena punya Epic lebih banyak. Namun ternyata secara bintang, tim 2 lebih unggul dengan perbedaan 7 bintang,

Dalam game, tim pertama sebenarnya menang kill sangat jauh 35-17. Namun tim kedua mampu menciptakan epic comeback dan memenangkan permainan.

Dari gambaran di atas kita tahu bahwa matchmaking memang menggunakan jumlah bintang dari masing masing tim. Pemain yang mabar akan ditandingkan dengan lawan yang mabar juga.

Banyak yang bilang bahwa sistem memperhatikan IP dari pemain, misal SEA akan dihadapkan dengan SEA sehingga pemain akan bermain di server yang sama-sama dekat. Tidak mungkin kan orang Indonesia dipertemukan dengan orang Eropa sana. Auto ping merah ketika itu terjadi.

Yang masih menjadi misteri, apakah favorit hero, role, win rate, kredit score dsb juga dijadikan pertimbangan. Mudah-mudahan Moonton mau menjelaskan secara detail tentang bagaimana cara mereka mengatur tim yang bertanding.

Jangan terlalu memikirkan tentang Matchmaking, kadang memang tidak adil. Sistem rank dan bintang sebenarnya tidak dapat mengambarkan jago tidaknya seorang pemain. Ada banyak faktor yang lebih berpengaruh seperti kecocokan dengan teman setim, lag, komunikasi, pembagian role dll.

Pemilihan hero juga sangat berpengaruh, banyak hero lebih efektif digunakan untuk memenangkan sebuah game. Mereka disebut dengan hero meta, untuk informasi lengkap bisa baca Hero Terbaik untuk Ranked Season Ini.

Cek di Mode Classic

Dalam Ranked, biasanya perbedaan Tier cuma sekitar 5 tingkat atau 25 bintang misal Epic I ketemu GM I. Sedangkan dalam Classic, Brawl ataupun Arcade, seorang Legend bisa saja setim dengan Warrior.

Sore itu aku menggunakan akun Legend, bermain dengan ponakan yang masih Grandmaster. Ceritanya ingin menyelesaikan program mentoring. Sialnya dapat tank yang maju terus pantang mundur ditambah MM yang salah item.

TIM KAMI
Legend V
Epic IV
Grandmaster IV
Grandmaster IV
Master IV
TIM MUSUH
Mythic bintang 12  
Legend II
Epic IV
Grandmaster IV
Elit I

Tanpa perlu repot menghitung jumlah bintang dari masing masing tim, sudah keliatan banget kalau tim musuh lebih unggul. Apalagi Mystic dan Legend dari tim musuh itu mabar dan masih satu Squad.

Di game selanjutnya,
TIM KAMI
Legend V
Epic III
Epic V 
Grandmaster II
Grandmaster IV
TIM MUSUH
Legend V
Epic V
Grandmaster I
Grandmaster III
Grandmaster V

Di game kedua ini sekali lagi tanpa perhitungan rinci, sudah keliatan bahwa komposisi tim kami diunggulkan. Endingnya kita menang telak dengan jumlah kill 23 versus 12.

Itulah sedikit Penjelasan Sistem Match Making Mobile Legends. Sebagus apapun anggota tim mu, kalau egois dan tidak mau kerja sama ya kemungkinan besar akan kalah. Disarankan bermain dengan teman yang benar-benar bisa main. Saat bertemu player random dengan permainan dan attitude yang baik, tak ada salahnya mengajaknya main satu game lagi.

Posting Komentar