Solusi Kuota Masih Ada Tapi Tidak Bisa Internetan

Kuota Masih Ada Tapi Tidak Bisa Internetan
Sering kali kita punya banyak kuota internet namun tidak dapat dipakai untuk apapun. Search google, buka facebook ataupun mengirim pesan wa saja tidak bisa. Apa penyebab kuota masih ada tapi tidak bisa Internetan?

Dalam artikel ini aku akan sedikit sharing pengalaman pribadi plus informasi dari netizen Indonesia di berbagai forum. Masalah kuota yang tidak bisa digunakan biasanya disebabkan oleh ketentuan paket, jaringan internet ataupun pengaturan handphone.


Ada Pembagian Kuota

Kebanyakan masalah kuota yang tidak dapat dipakai itu disebabkan kurangnya pemahaman paket internet. Banyak dari kita yang tergiur promo murah, hanya membandingkan harga dan total kuota yang didapatkan.

Padahal ada poin yang sangat penting yaitu syarat dan ketentuan penggunaan kuota. Saat ini Operator saling berlomba mengeluarkan paket dengan pembagian kuota yang cukup membingungkan terutama pengguna yang sudah berumur, ibuku salah satunya.

Paket internet tidak hanya dibagi kuota malam atau siang, data 4G ataupun 3G, sekarang buaanyyaakkk paket yang khusus dipakai untuk aplikasi handphone seperti sosmed, streaming, game dan music.

Salah satu contohnya adalah Bronet Owsem dari Axis. Cukup dengan 39.900 dapat kuota 16 GB masa aktif 30 hari. Murah gila, promo ini pasti membuat siapa saja ingin membelinya.

Ehh ternyata belum sampai seminggu sudah tidak bisa internetan padahal baru dipakai 2 GB. Dimana letak kesalahannya? Ya ada pada dirimu sendiri yang tidak baca detail ketentuan dari paket.

16 GB dari Owsem itu cuma 2 GB kuota utama sedangkan yang 14 GB itu terdiri dari 6 GB kuota malam yang bisa digunakan dini hari saja, 4 GB kuota Music untuk Joox dan Smule dan 4 GB kuota Sosmed untuk Facebook, Twitter, Instagram dan Tiktok.

Ribet? Bener banget namun perlu diingat mayoritas paket internet di Indonesia sekarang seperti itu. Kita pengguna harus mempelajari syarat dan ketentuannya sebelum membeli. Jangan buru-buru menyalahkan operator.

Poin terpenting adalah cek dulu pembagiannya, yang bisa digunakan untuk apa saja dan kapan saja itu HANYA kuota utama 2G/3G/4G (00.00-24.00). Selain itu biasanya ada syarat khusus, jadi tidak heran kuota masih ada tapi tidak bisa internetan.

Berikut ini adalah jenis pembagian kuota yang ada di Indonesia,

Kuota Malam
Hanya bisa digunakan mulai dari tengah malam hingga pagi. Biasanya merupakan kuota terbesar dari suatu paket. Lebih cocok untuk yang hobi begadang dan gila download.

Jam penggunaan berbeda-beda tergantung paketan dan operator, ada yang mulai 00-06, 00-07 ataupun 01-06.

Di luar sana banyak yang mengklaim punya cara mengubah kuota malam jadi 24 jam. Trik yang dilakukan adalah mengubah timezone HP dan streaming di akhir sisa waktu. Nyatanya hal ini tidak terbukti, cuma mitos yang beredar di Internet.

Kuota 4G
Hanya bisa digunakan di jaringan 4G. Jadi handphone kalian harus support LTE. Jenis kuota ini dulunya sering dijadikan sebagai bonus supaya banyak penguna yang beralih ke 4G. Tidak main main bonus kuota bisa sampai 20 GB, sekarang cuma dikit karena operator beralih ke bonus kuota aplikasi.

Kuota Aplikasi
Hanya bisa digunakan untuk aplikasi tertentu. Kebanyakan itu dibagi dalam beberapa kategori seperti sosial media, chatting, streaming, game dan music.

Cek dulu apakah aplikasi tersebut dibutuhkan? Sudah pernah menggunakannya? Kalau tidak butuh, lebih bagus pikirkan alternatif paket internet lainnya. Teringat dulu ada paket Telkomsel 30 GB, yang 10 GB itu untuk HOOQ dan VIU. Akhirnya terbuang sia-sia tidak terpakai.

Belakangan banyak operator yang berani memberikan kuota game Unlimited untuk game populer seperti Mobile Legends, PUBG, AOV, Freefire, Aspalt 9 Legend, Modern Combat 5: Blackout, Vain Glory ataupun Hago.

Kuota Weekend
Yang satu ini kutemukan di Three paket Cinta, bonus kuota sebesar 20GB yang dapat digunakan 24jam untuk semua jaringan. Sayangnya cuma bisa digunakan pada hari Sabtu dan Minggu saja. Lumayan sih untuk pekerja kantor untuk berinternet di hari libur.

Kuota Lokal
Terkadang kuota yang kita beli itu hanya bisa digunakan pada area tempat pembelian. Misal saja lokal Madiun ya hanya bisa digunakan untuk wilayah sekitar. Walaupun ada kuota jika digunakan di Samarinda, jelas tidak bisa karena sudah jauh berada di luar area.

Aku sarankan untuk download aplikasi Operator anda di Playstore atau Appstore. Kemudian login dengan nomor handphone paketan. Di dalam aplikasi terdapat data kuota yang tersisa lengkap pembagian.
  • Telkomsel > MyTelkomsel
  • XL > myXL
  • Three > bima+
  • Indosat > myIM3
  • Smartfren > MySmartfren
  • Axis > AXISnet

Masa Aktif Habis

Problem ini sebenarnya jarang terjadi namun ada juga yang kena. Biasanya disebabkan karena membeli paket internet melalui voucher yang tidak menambah masa aktif kartu.

Sebut saja kita beli paket 30 hari, baru berjalan 2 minggu kok sudah tidak bisa digunakan. Seharusnya ada kuota yang tersisa, eh ternyata kartunya masuk masa tenggang. Paket pun sia sia karena tidak terpakai.

Belum Registrasi

Sering yang mengeluhkan beli kartu perdana baru, kuota full tetapi kok tidak bisa mengakses internet. Saat ini terjadi, kemungkinan besar kartu tersebut belum teregistrasi. Solusinya adalah dengan mengirimkan NIK/KK ke 4444 sesuai format dari operator.

Website/ Aplikasi Diblokir

Pada tahun 2019, kita mengalami WA, FB dan Twitter yang tidak bisa diakses meskipun kuota masih banyak. Hal ini terjadi dikarenakan pemerintah memblokir akses menuju server.

Kebijakan semacam ini sudah ada sejak dulu, biasanya menargetkan situs website dan aplikasi yang dinilai ilegal dan berbau 18++. Sebut saja situs reddit, tumblr dll. Pastikan dulu apakah aplikasi/web yang ingin kamu buka masuk daftar blokir atau tidak.

Handphone Error

Coba deh pindahkan kartu paketan ke handphone kerabat, cek bisa atau tidak. Jika ternyata dapat tersambung internet, kemungkinan besar ada pengaturan di handphonemu yang menyebabkan error ini.

Yang sering terjadi sebut saja salah klik mode pesawat, jaringan hilang, salah pilih SIM card, data dimatikan, mengaktifkan VPN dll. Coba lihat settingan dari poin yang aku sebutkan dan coba perbaiki.

Jaringan Error

Tanyakan pada teman dengan operator yang sama, bagaimana koneksi internet di sana. Kalau sama-sama tidak bisa konek, kemungkinan besar memang lagi perawatan jaringan. Coba konek diskonek data mobile, lihat kualitas sinyal termasuk lambang 3G/4G/H/E. Tunggu beberapa saat hingga fix kembali.


Sekian artikel tentang Penyebab Kuota Masih Ada Tapi Tidak Bisa Internetan. Disarankan untuk mengikuti fanspage dari operator di Facebook/ Twitter. Jadi kita tidak akan ketinggalan informasi terupdate. Kalau ada pengalaman unik, bolehlah komentar di bawah. Terima kasih banyak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel