Cara Bermain Mobile Legend di PC Anti Lag

Cara Bermain Mobile Legend di PC Anti Lag

Cara Bermain Mobile Legends di PC dan Laptop
Kesal bermain ML di handphone karena terganggu pesan dan panggilan? Ingin merasakan pengalaman baru dengan layar lebar? Kali ini shalaman.com akan berbagi tentang cara bermain Mobile Legends di PC ataupun Laptop.

Ada dua cara yang bisa dipilih, pertama adalah dengan emulator seperti Nox, Bluestack, Memu dll. Sedangkan metode kedua adalah menggunakan Operating System mirip android seperti BlissOS, RemixOS, PhoenixOS ataupun PrimeOS.

Bermain Mobile Legend di PC dengan Emulator

Semua proses setting sangat mudah dan hanya butuh waktu singkat (tergantung kecepatan download koneksi anda). Yang sedikit menyulitkan adalah beradaptasi dengan control. Bermain ML dengan keyboard dan mouse, jelas sangat berbeda dengan touchscreen.

Nox adalah salah satu Emulator android untuk PC yang populer di Indonesia. Di lengkapi dengan antarmuka yang user-friendly, sekali nyoba pasti bisa mudah memahami fungsi tiap fitur. Nox menjanjikan pengalaman bermain android dengan lancar tanpa lag meskipun untuk PC berspesifikasi rendah.

Berikut ini adalah minimum requirement yang diambil dari website www.bignox.com,
spesifikasi laptop untuk bermain mobile legends
Sesuai dari tabel di atas, laptop dengan prosesor dual core dan RAM 1,5GB sudah dapat memainkan aplikasi android di Nox. Di tahun 2019, mayoritas orang pasti sudah memiliki PC dengan RAM minimal 2 GB kan?

Berikut ini cara bermain mobile legend dengan Nox,

1. Kunjungi id.bignox.com untuk download versi terbaru. Aku sarankan untuk memilih yang google drive saja dibanding download dari server Nox. Kecepatan download google drive lebih stabil dan lancar untuk koneksi Indonesia.
download ML di PC low end
2. Saat file selesai terdownload, buka installer dan klik install. Jangan lupa centang untuk menyetujui Nox License Agreement. Tunggu hingga proses selesai.

Setelah instalasi, terlihat tampilan home Android di Nox.
cara main mobile legends di pc selain nox
3. Langkah selanjutnya persis sama dengan handphone Android biasa. Bukalah folder google dan jalankan Play Store. Otomatis kita disuruh untuk login akun google dengan gmail.
4. Download Mobile Legends: Bang Bang dari Moonton di Playstore.
5. Buka game Mobile Legends. Game sudah siap untuk dimainkan (tunggu proses download data in-game).
6. Untuk uji coba, silahkan gunakan mode Custom ataupun VS AI.

Pengaturan Keyboard dan Mouse

Klik Keyboard Control di menu pada bagian kanan (nomor 2 dari atas), antara Getar dan Virtual Location. Bisa juga dengan klik Ctrl + 1 sehingga akan muncul pengaturan seperti gambar di bawah ini.
mengatur keyboard mapping ML di Nox
Nox sudah punya setting keyboard mapping untuk game Mobile Legends. Kalian bisa ganti sesuai keinginan ataupun ikuti saja pengaturan default.

Berikut ini tips bermain dengan Keyboard dan Mouse.
  1. Gunakan klik kanan mouse untuk mengerakkan hero.
  2. Untuk skill yang harus diarahkan misal Destruction Rush ulti-nya Layla. Klik dan tahan E lalu gunakan mouse untuk mengarahkan dan lepas key E untuk mengeluarkan skill.
  3. Untuk Attack klik spasi.
  4. Tambahkan satu tombol yaitu Cancel Cast (letaknya disesuaikan).

    Caranya klik Ctrl+1, tambahkan input button to set the key (dengan gambar huruf A). Geser hingga tepat di posisi Cancel Cast, masukkan tombol yang diinginkan misal 4.
  5. Sebaiknya hafalkan semua letak key dan fungsinya sehingga dapat bermain dengan lebih lancar.
  6. Perlu edit sedikit untuk Hero dengan skill lebih dari 3 misal Lunox dan Zhask.
  7. Lock hero musuh harus klik kiri mouse, tidak bisa dibikin tombol karena letaknya selalu berubah ubah.
Sebaiknya coba dulu bermain beberapa kali VS AI hingga benar-benar menyesuaikan diri sebelum main di ranked.

Itulah tutorial cara bermain mobile legend dengan Nox. Sekali lagi masalah kontrol memang tidak akan maksimal layaknya game MOBA PC seperti League of Legends ataupun DOTA2. Sebut saja Attack, kita harus milih nyerang yang dekat/ health nya dikit. Bandingkan dengan game PC yang langsung menargetkan hero.

Pengaturan Agar Tidak Lag di PC Spesifikasi Rendah

Bagaimana pengalaman anda main ML di PC? Terasa berat atau tidak? Kalau iya, cobalah untuk mengaktifkan Virtualization Technology (VT) di komputermu. Emulator Android baik itu Nox atau Bluestack akan selalu menyarankan fitur ini.

VT dapat meningkatkan performa OS lain yang berjalan di komputer. Processor komputer akan bekerja seolah-olah memiliki beberapa processor yang masing-masing bekerja menjalankan operating system berbeda beserta programnya secara bersamaan.

Seperti kita ketahui Nox adalah emulator yang menjalankan Android berbarengan dengan OS anda dalam satu komputer pada waktu yang sama.

Saran lain yang bisa membuat game anti lag adalah mengubah performance setting ke low di Nox dan Mobile Legends. Graphic rendering mode sebaiknya diatur menjadi Compatibel (OpenGL), dimana tidak butuh banyak resource dan jarang crash.

Untuk anda pengguna Laptop low end dengan RAM 2GB-an. Pada Nox sebaiknya setting 1 GB, pilih Compatibel dan wajib mengaktifkan VT (jika sistem support). Tutup semua aplikasi lain yang mungkin akan memakan banyak CPU dan RAM.

Bermain Mobile Legends di Laptop Dengan OS Android

Operating system yang mendukung android dibangun dengan dasar Android x86 (sebuah porting dari Sistem Operasi Android ke Arsitektur x86). Dalam artikel ini shalaman.com akan memberikan contoh dengan PrimeOS.

Berikut ini cara main ML tanpa emulator,

1. Situs resminya adalah primeos.in. Satu hal yang menarik, mereka memberikan 3 varian OS yang dapat dipilih yaitu:
  • PrimeOS Mainline 64 bit untuk pc/laptop dengan system 2014+
  • PrimeOS Standard 64 bit untuk 2011+
  • PrimeOS Classic 32 bit untuk sistem di bawah tahun 2011.
Aku pun pilih Classic karena ingin install di laptop jadul yang jarang terpakai (Lenovo 20239 AMD E1 dengan RAM 2 GB). Daripada nganggur, digunakan untuk bermain game Android saja.

2. Buatlah USB Bootable dari file ISO PrimeOS dengan bantuan Rufus.
3. Install PrimeOS dan tunggu proses hingga selesai.
mobile legends laptop di PrimeOS
4. Masukkan data-data yang dibutuhkan untuk aktivasi seperti username, tanggal lahir. timezone dan negara kita tinggal.
5. Terlihatlah tampilan home seperti gambar di bawah ini,
cara bermain mobile legends di pc tanpa emulator
4. Menu dan pengaturannya mirip dengan android yang ada di handphone.

Langkah selanjutnya, masuk ke Play Store (pastikan komputer sudah terkoneksi internet). Kita akan diarahkan untuk login akun google.
5. Cari Mobile Legends: Bang Bang dan install.
6. Masuk ke Gaming Center dan bukalah game ML yang telah terdownload.
7. Secara otomatis akan muncul Keyboard Mapping pada layar yaitu key untuk menggerakkan hero, mengeluarkan skill, mengupgrade skill dan attack.
cara mengatur keyboard control ML di primeOS
Kita masih perlu menambahkan beberapa key dengan klik F10. Pilih button dan geser tepat pada tombol misal untuk launch attack!, masukkan key keyboardnya contoh angka 1. Ulangi untuk retreat, request backup, beli item 1 & 2, klik map dan statistik battle.

Gunakan gambar keyword mapping di Nox sebelumnya sebagai contoh dalam melakukan pengaturan tombol. Untuk menutup setting key, pilih Exit. Game sudah siap dimainkan.

Itulah tips main Mobile Legends di PC tanpa emulator. Seperti kita ketahui aplikasi android itu fiturnya lebih terbatas dibanding dengan OS Windows. So lebih cocok untuk bermain game dibanding untuk kebutuhan office.

Kalau anda tertarik dengan primeOS, disarankan untuk membuat dual boot. Buatkan satu partisi kecil untuk menginstall, website official primeOS menyarankan minimal 16GB. Lebih besar tentu lebih baik.

Sekian artikel tentang Cara Bermain Mobile Legend di Laptop dengan Emulator dan OS Android. Walaupun dapat bermain tanpa gangguan telepon dan chat, sayangnya masalah kontrol belum bisa maksimal. Menggunakan joystik pun tidak akan mengubah keadaan. Ya memang pada dasarnya skill dari hero ML didesain untuk kebutuhan mobile. Mengarahkan skill jelas tidak efisien dibandingkan game macam Dota yang langsung menargetkan langsung ke musuh.

Posting Komentar