Solusi Windows 10 Tidak Bisa Shutdown Malah Restart

Solusi Windows 10 Tidak Bisa Shutdown Malah Restart
Pernahkah kalian mengalami ketika ingin mematikan komputer, sudah klik Shutdown eh selang 3-5 detik malah restart dan menyala kembali?  Dicoba berulang ulang tetap saja begitu hasilnya. Bahkan akhirnya tekan tombol power lama/copot baterai untuk mematikan paksa.

Kemungkinan besar penyebabnya adalah Fast Startup. Saat fitur ini aktif, komputer tidak akan mati sepenuhnya melainkan ada beberapa file sistem penting yang disimpan dalam cache sehingga proses startup bisa lebih cepat.

Bukti jika tidak semua sistem mati adalah penghitung up time yang tidak kembali ke 0, sudah di bahas tuntas di Cara Mengatasi Up time yang Tidak Reset.

Walau terbukti sangat bermanfaat, sayang fast startup kadang tidak compatible dengan beberapa device (terutama model lama). Error yang terjadi tidak jauh dari proses menghidupkan dan mematikan Windows, misal laptop tidak mau mati setelah di shutdown.

Ada dua metode yang bisa teman teman lakukan untuk mengatasi masalah ini (pilih salah satu).

Sebelumnya saya pastikan dulu, apakah Windows 10 dan driver komputer anda sudah yang paling update? Jika belum, saya sarankan untuk meng-update dulu. Bisa saja masalah ini sudah diperbaiki di versi terbaru.


Mematikan Fast Startup

Dari pada ribet lebih baik dimatikan saja, toh sebenarnya tanpa fitur satu ini booting Windows 10 lebih cepat dari pada 7, 8 atau Vista.
  1. Buka Control Panel, pilih Hardware and Sound lalu Power Options.
  2. Lihat ke menu di kiri, pilih "Choose what the power button do"
    windows 10 restart saat di shutdown
  3. Klik "change settings that are currently unavailable" sehingga centang samping Turn on fast startup (recommended) bisa dihilangkan.
    laptop tidak mau mati setelah di shutdown windows 10
  4. Save changes.  
Cara kedua mematikan fast startup adalah dengan menganti registry,
  1. Buka regedit
  2. HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Power\
  3. Cari Hiperbootenabled, klik kanan ganti dari 1 ke 0
Setelah dimatikan pasti terasa perbedaan kecepatan booting hingga ke halaman login terutama pada komputer dengan spesifikasi low-end.

Shutdown Sepenuhnya

Ketika fitur startup aktif, pilihan shutdown tidak sama seperti dulu. Tapi bukan berarti kita tidak bisa mematikan windows sepenuhnya, masih ada cara yang dilakukan.
  • Tahan tombol Shift saat melakukan shutdown atau
  • Buka Command Prompt (CMD) lalu ketik shutdown /s /f /t 0 dan klik enter.
    Command ini berfungsi itu mematikan komputer dengan stop dan menutup paksa semua aplikasi/sistem yang dibuka.
Pilihan kedua ini cocok bagi anda yang masih berharap update terbaru yang nantinya bisa kompatibel dengan komputermu. Apalagi kita tahu pengembang Windows 10 menyarankan pengguna untuk mengaktifkan fitur booting super cepat yang sudah mulai diperkenalkan sejak jaman Windows 8 ini.

Itulah Windows 10 Tidak Bisa Shutdown Malah Restart setelah beberapa detik. Saya yakin masih ada yang gagal menggunakan metode di atas. Kalau itu terjadi kemungkinan besar tidak disebabkan oleh fast startup. Bisa saja ada hardware rusak/ software corrupt, silahkan tanyakan tukang servis terdekat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel