Foto Yang Laris Di Shutterstock [Analisa Saya]

Foto Yang Laris Di Shutterstock [Analisa Saya]

Foto Yang Laris Di Shutterstock
Berawal dari melihat kisah seorang di grup FB yang sudah punya 10.000 foto di Shutterstock namun hanya dapat 10$/bulan. Saat itu aku langsung kehilangan semangat untuk melanjutkan artikel Journey Penghasilan dari Shutterstock dengan Foto Handphone.

Bagaimana tidak putus asa, ku lihat portofolionya diisi dengan deretan 10rb foto yang bagus bagus lho, diambil dengan kamera harga belasan juta (tertera di profil ysb). Jepretan hp ku jelas tidak ada apa apanya.

Kriteria foto yang laris di Shutterstock itu seperti apa? Sebuah pertanyaan yang muncul kala itu. Kalau dipikir sekarang sudah ada ratusan juta stock di Shutterstock baik itu foto, ilustrasi, vektor ataupun video. Bagaimana caranya supaya foto kita mengalahkan para competitor?

Ada beberapa hal yang selanjutnya ku lakukan, untuk menjawab pertanyaan tersebut:

1. Join Grub Kontributor Shutterstock Facebook

Yang ku sarankan adalah "Shutterstock Thai Contributors" dan "Shutterstock Contributor Indonesia (SCI)". Dalam grub tsb banyak yang membagikan foto yang terjual baik itu penjualan pertama, laku dengan harga mahal ataupun yang laris manis.

Kadang ada orang yang share foto termasuk ID gambar dan nama kontributor. Gunakan informasi ini untuk mengecek portofolio mereka. Kalau niat banget, kita juga bisa mencari dengan memperkirakan deskripsi dari foto.

2. The Shot List
Shutterstock memiliki informasi trend foto yang laris tiap bulan dari tahun ke tahun. Mereka tidak merahasiakan data ini dan membagikan ke semua contributor lewat email. Shotlist bulan Juli biasanya sudah dibagi di awal Juni, jadi kita bisa mempersiapkan jauh hari.

Kunjungi shutterstock.com/explore/the-shot-list-archive

3. Kunjungi Forum Shutterstock
Para contributor dari seluruh dunia berbagi pengalaman dan berdiskusi di forums.submit.shutterstock.com. Masuk ke "Contributor Experience" dan lihatlah thread dengan judul "your latest download". Di sana banyak yang memperlihatkan foto yang baru saja terjual.

4. Most Relevant di Pencarian Shutterstock
Misal kita ingin ke pantai untuk mengambil gambar yang nantinya diupload. Sebelum berangkat, masuk ke shutterstock.com dan search apa saja yang ada di pantai misal beach, waves, sand dll.
cara cek gambar laris di shutterstock
Fokus ke Most Relevant, Image Type >> Photos. Lihatlah daftar gambar yang disajikan, bagus bagus bukan? Foto-foto inilah yang laris di Shutterstock dan sering di download. Bandingkan kualitasnya dengan yang "Fresh Content", jelas beda jauh.

5. Cek Portofolio Kontributor Lain
Setelah melakukan pencarian di Shutterstock dan klik Most Relevant >> Photos.

Klik salah satu foto yang stylenya cocok lalu klik "nama kontributor" agar diarahkan ke halaman portofolio mereka. Akan terlihat deretan foto yang paling laris dari kontributor tersebut. Lakukan terus penelurusan seperti ini supaya tahu jenis jenis foto yang populer di Shutterstock.

6. Cek Youtube
Salah satu cara untuk mendengarkan kisah seorang contributor adalah menonton vlog. Silahkan search di youtube dengan query "Shutterstock Photography Experience".

Banyak youtuber luar yang berbagi video tentang jenis foto seperti apa yang laku, tips dan trik, jumlah pendapatan bahkan link portofolio.

Video di bawah ini sangat menarik, kita disuruh membandingkan 2 foto dan menebak mana yang lebih laku (credit: Nicole Glass)
Part 1 https://www.youtube.com/watch?v=xGVaQohb1b0
Part 2 https://www.youtube.com/watch?v=jawitqy2MFU

7. Cek Foto di Website Dunia
Saat kita membaca artikel di sebuah situs, pastinya ada foto yang dijadikan pelengkap penjelasan. Tahu ga sih kalau kebanyakan website di luar sana menggunakan foto stock.

Misal saja saat aku membuka Microsoft Edge dan muncullah Feed yang diberikan Microsoft News di bawah ini,
Foto Shutterstock yang Laris Terjual
Gambar yang digunakan untuk 7 Tanda Anda Akan Diterima Kerja Setelah Interview dari kumparan total ada 8. Jelas tidak mungkin si penulis artikel jugalah yang memotretnya, pasti dia download dari situs stock foto. Hal yang sama juga pada artikel Jika Meminjam Uang Kepada Teman dari kompas.

Kunjungi website favoritmu, pelajari style foto yang sering digunakan. Pengembang website adalah salah satu pembeli foto dari situs situs microstock.
 

Selain 7 poin di atas sebenarnya masih banyak cara menganalisa foto yang kemungkinan besar bisa laku terjual. Semoga teman teman bisa mendapatkan inspirasi dan gambaran sebelum terjun menjadi seorang contributor Shutterstock bermodal jepretan foto.

Jenis Foto yang Laris di Shutterstock

Dari browsing, mengamati dan cek sana sini, aku menarik kesimpulan bahwa tipe foto yang disukai pembeli adalah

Foto Background
Foto dengan style background adalah salah satu style yang paling laris. Aku pernah liat di grup contributor Thailand ada yang berbagi satu gambar daun yang laku 1.766$ dan masih terus bertambah.
foto background tanaman yang laris

Banyak contributor Indonesia yang bisa pecah telur dengan foto tembok, langit, awan, anyaman bambu, tanah retak dll. Contoh foto background yang populer seperti deretan gambar di bawah ini,
Foto Background Laris Shutterstock
Foto Lifestyle
Kita dituntut menciptakan potret sebuah moment tertentu yang ada di dunia ini. Perlu banyak perjuangan untuk memotretnya karena kita butuh model, outfit, mencari lokasi yang tepat dll. Foto seperti ini banyak sekali yang digunakan sebagai bahan desain majalah, website, brosur, template dll.

Untuk mempelajarinya baca 15 Tips on Shooting Lifestyle Stock Images That Sell.

Isolated On White Background
Artinya objek foto terisolir dengan background berwarna putih. Pembelinya adalah orang desain grafis sehingga objek mudah dicrop dan diedit. Seorang dari Thailand mendapatkan uang ribuan dollar dari kumpulan gambar pohon isolated on white.
Foto Isolated on white background
Foto milik ประเสริฐ เทาศิริ

Foto Landscape
Potret pemandangan alam ataupun bangunan di perkotaan masih banyak peminat. Cocok bagi fotografer yang hobi jalan jalan. Liburan > jepret > upload > dapat $. Tidak semudah itu ferguso hahaha..

Foto Orang Tua
Sebagian besar foto pasti menggunakan model yang muda, masih sedikit pesaing untuk foto orang tua. Foto lansia biasa digunakan untuk asuransi hari tua, tabungan pensiun dan website kesehatan.

Foto Peristiwa/Acara Tertentu
Misal nih tanggal 1 Mei kemarin ada hari buruh, kita bisa memotret demo dan submit ke shutterstock dengan lisensi Editorial. Foto jenis ini faktanya cukup laris, sayang hanya laku di sekitar tanggal peristiwa itu berlangsung.

Dan masih banyak lagi foto yang laris. Intinya jepretlah gambar yang beda dari yang lain. Manfaatkan sesuai yang unik di sekitarmu. Cari yang jarang disubmit kontributor lain jadi persaingan masih rendah.

Sebagian besar contributor Indonesia selalu mengirim foto daun, buah, bunga, makanan, sayur dan hewan. Niche ini banyak disubmit orang jadi tidak heran jika susah laku. Agar lebih menarik di mata pembeli, kita harus menyiapkan konsep dulu sebelum memotret.
Tips dan info terbaru yang resmi bisa didapat di shutterstock.com/blog/. Silahkan cek ke TKP.
Sekian analisaku tentang Foto Yang Laris Di Shutterstock. Bagi teman teman yang sudah sukses bolehlah berbagi pengalaman di kolom komentar. Mohon maaf jika ada kekurangan, aku pribadi hanyalah seorang pemula.

Posting Komentar