Cara Menghilangkan Notifikasi Chrome di Android

Cara Menghilangkan Notifikasi Chrome di Android
Hari ini emak menggerutu sendiri karena hapenya sering bunyi tetapi pas dibuka tidak ada SMS atau WA. Sebagai anak yang baik, aku lihat dan coba mencari sumber masalahnya. Ternyata suara notifikasi itu berasal dari Chrome, lebih tepatnya salah satu web berita nasional.

Total ada dua pemberitahuan berita yang muncul di layar. Akhirnya emak minta dinonaktifkan saja toh berita yang muncul tidak penting. Berikut ini adalah cara menghilangkan notifikasi Chrome di android.

1. Masuk ke Google Chrome. Klik titik tiga berjajar di pojok kanan atas untuk membuka menu, pilih setelan.
2. Scroll ke bawah hingga menemukan Setelan Situs.
3. Pilih Notifikasi dengan lambang bel.
4. Di halaman Notifikasi akan muncul website apa saja yang diizinkan untuk mengeluarkan pemberitahuan. Simpelnya geser tombol notifikasi hingga jadi abu-abu untuk mematikan.
menghilangkan notifikasi di layar android
Dari deretan situs yang diizinkan memberikan notifikasi di layar android, ada google.com. Sayang banget kalau ini juga dimatikan karena google sering memberikan informasi yang penting.

Misal nih, jika kalian sering search tentang hasil skor bola pertandingan AC Milan. Nanti google akan memberitahukan berita terupdate tentang jadwal pertandingan dan hasil pertandingan AC Milan.

Karenanya lebih baik jangan matikan fitur notifikasi ini, blokir saja website yang terlalu sering memberikan info kurang penting bagi kita.
menghilangkan notifikasi google di android

Caranya klik nama situs yang ingin diblokir, di halaman baru ubah izin notifikasi dan suara menjadi blokir.


Kok Bisa Muncul Notifikasi Ini?

Banyak orang awam yang kurang paham mengapa bisa muncul notifikasi di layar Android mereka. Padahal pemberitahuan tersebut tidak akan muncul tanpa pemberian izin lho.

Ingatkah saat kita mengunjungi sebuah website untuk pertama kalinya pasti akan muncul "situsabcdef.com ingin mengirimkan notifikasi kepada Anda".
cara menonaktifkan notifikasi chrome di android
Kalau kita pilih Izinkan, maka website tsb akan sering memberikan notif. Sebaiknya Blokir saja jika berita dan informasi yang diberikan dirasa kurang penting.

Pop up pemberitahuan seperti ini lebih dikenal dengan nama "push notification". Merupakan pesan singkat yang muncul otomatis di layar browser dan device. Tujuannya untuk memberikan update informasi terbaru dan meningkatkan engagement dengan pengguna.

Sebenarnya fitur satu ini sangat berguna, google sendiri kadang memberikan notifikasi tentang ramalan cuaca, suhu, kepadatan jalan, jadwal sholat dll. Sayangnya beberapa situs menggunakan push notification untuk mengirimkan berita tidak penting, akhirnya seperti spam saja.

Sekian artikel Cara Menghilangkan Notifikasi Chrome di Android. Untuk meningkatkan kenyamanan, pilihlah situs mana yang penting dan kurang penting. Aku pribadi banyak memblokir situs berita, hanya situs seperti google dan online shop favorit yang kuberi izin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel