Cara Mengatasi Lag Mobile Legends di RAM 2GB Ke Bawah

Aplikasi Anti Lag Mobile Legend di RAM 2GB Ke Bawah
Bagaimana cara mengatasi lag mobile legends di handphone low end? Sebuah pertanyaan yang sering diucapkan oleh pengguna HP dengan RAM 2GB kebawah seperti Huawei y6 ii milikku. Memainkan game moba analog 8 bit saja sudah ngos-ngosan.

Entah berapa kali aku uninstall mobile legends setelah emosi lose streak. Kalau kalah dengan permainan yang bagus sih tak masalah, ini kalahnya karena tiba tiba lag berat. Bukan masalah koneksi, ping masih ijo kok (tidak merah, kuning pun jarang).


Cara Mengatasi Lag ML di RAM 2GB

Setelah lebih dari 10x uninstall dan install lagi, aku mulai paham maunya ini handphone. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan bagi kalian yang punya HP low end dengan RAM 1 atau 2 GB. Mengapa mobile legend patah patah di ram 2gb?

Artikel ini fokus pada cara mengatasi lag parah akibat spesifikasi handphone rendah bukan koneksi internet. Sebenarnya bermain mobile legends tidak butuh kecepatan tinggi, 1-2 Mbps saja sudah cukup asal stabil.

Game Booster

Berikut ini requirement ML di awal kemunculannya,
  • CPU: Intel Quad Core
  • OS: Android 4.0 Ice Cream
  • RAM: 1 GB
Bisa disimpulkan sebenarnya game MOBA favorit anak Indonesia ini tidak butuh spesifikasi tinggi. Tetapi perlu diingat dalam sebuah handphone banyak aplikasi yang memakan memori ram, tidak hanya mobile legends.

Kita butuh Game Booster yang menjanjikan kenyamanan saat bermain game. Fungsi aplikasi anti lag ini adalah menutup aplikasi lain untuk membebaskan memori, memaksimalkan performa CPU dan network sekaligus meminimalisir notifikasi.
aplikasi agar main mobile legend tidak lag

Search saja di playstore dengan kata "Game Booster", tinggal pilih yang paling banyak didownload dengan review bagus. Sayangnya mayoritas aplikasi jenis ini receh sekali, sebelum masuk game kita harus melihat 2-3 iklan full layar. So, tidak ada salahnya beli yang premium tanpa ads.

Berhenti Sejenak Setelah 3 Game

Berdasarkan pengalaman, setelah main berturut turut 3 permainan (sekitar satu jam). Pada game keempat pasti mulai patah patah. Bisa jadi hal ini karena memori RAM mulai penuh menyimpan data sementara.

Handphone pun terasa sedikit panas (overheat), inilah tanda kalau dia ingin istirahat. Aku biasanya langsung berhenti main dan mendiamkan handphone dulu.

Kalau memang ingin segera main lagi, tutup Mobile Legends sebentar. Gunakan Phone Manager/ aplikasi booster pembebas RAM. Tujuannya agar memori tereset, setelah itu bisa bermain kembali. Kalian juga bisa menggunakan fitur clear cache yang ada dalam game.

Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Banyak dari kita yang berkata, "Handphone ku dari dulu aplikasinya itu itu saja kok sekarang lemot".

Perlu diingat Mobile Legends di 2016 itu beda dengan versi 2020, nama aplikasi masih sama tetapi requirement-nya jelas beda. Semua aplikasi juga begitu, mereka selalu update sedangkan spesifikasi handphone kita tidak berubah.

Oleh karena itu uninstall saja apk yang kiranya sudah tidak dibutuhkan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban handphone.

Untuk mengetahui aplikasi yang sudah lama tidak digunakan ikuti tutorial ini,
  1. Buka Playstore, klik menu (garis tiga bertumpuk) dan pilih My apps & games.
  2. Pilih Tab Installed, urutkan berdasarkan "Last Used". 
  3. Scroll sampai bawah dan uninstall aplikasi yang tidak pernah digunakan.  

Jangan Main Sambil Charging

Saat baterai tersisa 15%, game akan mulai terasa lemot, spontan aku langsung nyari charger. Bukannya berubah lancar, ML makin parah lagnya. Handphone pun lebih cepat panas. Daripada meleduk lebih baik berhenti dulu.

Kalaupun terpaksa charge saat permainan belum selesai, lepaskan semua pelindung handphone agar suhu panas tersalurkan dengan baik. Setelah game kelar disarankan berhenti dulu dan isi baterai hingga penuh.

Setting Memaksimalkan Performance

Tiap handphone dibekali power saver yang menghemat baterai agar tidak cepat habis. Namun saat ingin bermain game, ganti pengaturan ini ke "Performance" untuk memaksimalkan penggunaan CPU dan Network.

Caranya untuk hp Huawei,
  1. Masuk Settings > Advanced Settings
  2. Pilih Battery Manager
    mengatasi ping merah mobile legend lag parah
  3. Ubah Power plan dari Smart ke Performance.

Setting Low Grafik

Sebagai pengguna handphone Low End, kita harus syukuri apa yang ada. Tak apa memainkan game dengan grafik rendah yang penting sering menang dan terhindar dari yang namanya lag patah patah.
  1. Masuk ke aplikasi Mobile Legends
  2. Masuk ke pengaturan dengan klik logo berbentuk gear di kanan atas
  3. Ubah Grafik ke Low
    cara mengatasi lag ml di ram 2gb

Matikan Notifikasi

Pemberitahuan dari aplikasi lain misal facebook atau whatsapp sering bikin hp jadi lag ketika bermain Mobile Legends. Karenanya sebelum mulai main, matikan dulu notifikasi untuk sementara.

Berikut ini cara mematikan notif untuk pengguna Huawei,
  1. Buka Settings
  2. Pilih Notification panel & status bar
  3. Pilih Notification center
  4. Pilih aplikasi yang sering keluar notifnya misal Messaging, Whatsapp, Facebook, Messenger
  5. Geser tombol di Allow notifications jadi abu-abu.
Untuk pemilik kartu 3 yang terganggu dengan pop up promo bisa baca Cara Mengatasi Notifikasi Planet 3 Muncul Terus.

Jangan pernah klik notifikasi yang muncul! Masalahnya kita pengguna low end, harus mulai dari loading awal (si Logo Moonton) kalau keluar dari ML. Hal ini dikarenakan tidak ada ruang memori kosong, berbeda dengan HP ram lebih dari 3GB.

Hindari Hero dengan Skill Bombastis

Beberapa hero memiliki skill yang animasinya berat. Saat mengeluarkan skill, game ML langsung patah patah. Paling parah kalau sedang war, semua orang all out dan aku biasanya auto pasrah klik ngawur.

Sebagai pengguna handphone RAM 2GB-an, sebaiknya jangan sampai beli hero model begini. Salah satunya Kadita, ultinya berat banget. Di mode Mayhem, si Estes juga bisa bikin lag parah. Sayang banget padahal kombo Estes + Johnson sangat OP di mode rusuh tsb.

Dengan semua tips di atas, aku cukup lancar bermain ML di huawei y6ii yang bisa dibilang sudah jadul (setidaknya tidak lag di 3 game pertama). Aku berhasil mencapai Mythic memakai handphone ram 2 GB tersebut, meskipun harus menggunakan Tank. Hero tipe ini tidak masalah walau lag sedikit. Aku pribadi menghindari hero macam Fanny, Hayabusa, Johnson yang sangat terpengaruh lag patah-patah.

Pertimbangan Emulator Android di Laptop

Untuk kalian yang punya laptop atau PC dengan RAM di atas 2GB, tak ada salahnya mencoba Emulator seperti Nox atau Bluestack. Aplikasi tsb terbukti dapat menjalankan ML dengan baik, masalah kontrol bisa diakali dengan Mouse dan Keyboard ataupun memakai Joystick.

Tutorial lengkap sudah di bahas di Cara Bermain Mobile Legend di PC dengan Nox. Selamat mencoba.

Sekian artikel Cara Mengatasi Lag Mobile Legends di RAM 2GB. Untuk masalah game patah patah karena ping merah, solusi terbaik adalah ganti koneksi internet anda. Usahakan beli provider dengan jaringan stabil, koneksi wifi lebih disarankan dibandingkan operator seluler.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Lag Mobile Legends di RAM 2GB Ke Bawah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel