Cara Menulis Huruf Arab di Word Windows 10

Cara Menulis Huruf Arab di Word Windows 10
Beberapa waktu yang lalu ada tetangga yang seorang ustadz bertanya padaku, "Bagaimana cara menulis Arab di Word?". Jawabku singkat, "Cari aja ayatnya di google pak terus copy paste di word biasanya lengkap dengan artian".

Dan ternyata yang beliau maksud itu bukan cuma nulis ayat Al Qur-an melainkan ketik huruf arab misal nama dan kalimat.  Solusi untuk hal ini adalah mengatur input keyboard bahasa arab. Jadi beliau nanti dapat menulis arab dengan mudah tanpa harus terkoneksi internet (offline).


Menambahkan Bahasa Arab di Windows 10

Biasanya ketika menginstall sistem operasi, pasti teman- teman hanya memilih dua bahasa yaitu English dan bahasa Indonesia. Agar support bahasa Arab, harus menambahkan Arabic misal bahasa Saudi Arabia.

Berikut langkah-langkahnya,

1. Masuk ke Windows Setting.
Caranya klik logo Windows di pojok kiri bawah lalu klik settings berbentuk gear.
cara menulis huruf arab di word
2. Di halaman Windows Setting, pilih Time & Language

3. Di jendela Settings, fokus pada tab sebelah kiri, pilih Language
cara menulis bahasa arab di microsoft word
4. Klik Add a Language, cari Arabic (Saudi Arabia).
Ada banyak jenis huruf arabic lain yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Biar gampang tidak perlu scroll ke bawah, ketikkan saja nama negara di pencarian.

Di contoh kali ini, shalaman.com menggunakan Arab Saudi. Setelah memilih bahasa klik Next.

5. Di jendela install, dapat memilih install input keyboard saja atau speech. Karena kali ini hanya ingin menulis huruf arab di Word, hilangkan centang di speech agar proses install lebih cepat.

JANGAN CENTANG Install language pack and set as my Windows display language.
Kalau ini dicentang hasilnya nanti komputer akan berubah jadi format arab, semua akan diubah dari kanan ke kiri. Jika tidak jago bahasa arab, bisa dipastikan akan kesusahan untuk mengembalikan lagi ke English/ Indonesia.
install tulisan bahasa arab di windows 10
Terakhir klik Install dan tunggu proses berjalan hingga selesai. Lamanya proses tergantung kecepatan internet karena harus download data dulu.

Setelah terinstall, bahasa arab saudi ada di daftar bahasa yang ada di komputer. Pastikan English/Bahasa Indonesia masih jadi "Default app language. Windows display language"

Karena di komputer saat ini terinstall 2 jenis input keyboard, kita bisa memilih jenis keyboard yang ingin digunakan, caranya klik tombol Windows dan spasi. Bisa juga dengan klik tulisan ENG di pojok kanan bawah Taskbar dan memilih input yang diinginkan (seperti gambar di bawah).
mengganti ke bahasa arab di windows 10

Cara Menulis Arab di Word

Setelah sukses menambahkan input keyboard bahasa arab, kita sudah bisa menulis huruf arab di Word. Yang jadi masalah adalah keyboard komputer/ laptop Indonesia berformat qwerty USA. Untuk mengakalinya dapat memakai aplikasi Windows yaitu "On-Screen Keyboard".

1. Buka On-Screen Keyboard, aplikasi ini ada di folder Microsoft Ease of Access.

2. Pastikan input keyboard diatur ke bahasa arab. Jadi tampilannya seperti gambar di bawah ini.
cara mengaktifkan right to left text direction
Jangan lupa cara mengganti input adalah tombol Windows bersamaan dengan spasi.

3. Ingat bahasa arab di baca dari kanan ke kiri, jadi selanjutnya mengatur agar arah text kanan-ke-kiri. Fitur ini ada di Home (beranda), lebih jelasnya cek gambar di bawah ini
cara membuat tulisan arab di microsoft word 2007
3. Buka word dan tinggal menulis huruf arab yang dikehendaki misal bismillah. Untuk harakat gunakan Shift ya!
cara membuat tulisan bismillah
Sekian artikel tentang Cara Menulis Huruf Arab di Word di Windows 10 tanpa perlu beli keyboard baru. Untuk awal awal pasti agak bingung antara tombol backspace dengan delete tetapi pasti nanti lancar dengan sendirinya. Tips ini bisa digunakan untuk Word terbaru ataupun Microsoft Word versi sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel