Cara Menulis Huruf Arab di Android Termasuk Whatsapp

Cara Menulis Huruf Arab di Android Termasuk Whatsapp
Setelah kemarin share tentang cara menulis huruf arab di word, kali ini giliran pengguna handphone android. Garis besar pengaturannya sama yaitu harus menambahkan data bahasa ke dalam input keyboard.

Pastinya setiap android sudah terinstall keyboard untuk input text misal Gboard, Go Keyboard atau Swype yang ada di handphone Huawei. Dalam tutorial kali ini, yang akan digunakan sebagai contoh adalah Gboard. Aplikasi tsb dibuat oleh google yang dapat digunakan di iOS dan Android. Di dalamnya ada banyak pilihan bahasa dan layout, salah satunya adalah huruf Arab.

Perlu diingat yang akan dibahas di bawah adalah menulis huruf arab satu persatu secara manual hingga menjadi kata yang diinginkan (misal nama orang). Bukan tulisan arab untuk status misal Alhamdulillah ٱلْـحَـمْـدُ للهِ,  Bismillah بسم الله dll.


Pengaturan Menambah Bahasa Arab di Gboard

Yang akan digunakan sebagai contoh adalah smartphone Huawei y6 ii, merk dan type lain kurang lebih sama karena sama sama memakai Gboard juga.

1. Pertama masuk Pengaturan (Settings)
2. Scroll ke bawah hingga menemukan Advanced Settings, klik lalu pilih Language & Input.

HP merk lain menyesuaikan ya, intinya cari pengaturan input dan bahasa.

3. Klik Gboard - Multilingual typing, selanjutnya Languages
Pengaturan Keyboard Huruf Arab
4. Di sini akan terlihat daftar bahasa apa saja yang sudah diinstall di hanphone. Pilih "add keyboard" lalu cari Arab >> Arab (ini milik Arab Saudi).
bikin tulisan arab
5. Pilih install keyboard Arab saja tanpa Handwriting (tulis tangan), terakhir pilih done.
cara mengubah keyboard ke bahasa arab
6. Tunggu sejenak Gboard akan melakukan update, tidak sampai semenit.

Selesai, bahasa arab saudi sudah masuk ke dalam pengaturan input keyboard androidmu. Tinggal test apakah benar benar berhasil!

Cara Menulis Huruf Arab di Whatsapp

Kita coba di aplikasi android yang mana saja, dalam contoh kali ini akan menggunakan WA.

1. Buka aplikasi whatsapp, mulailah sebuah percakapan dengan siapa saja/ membuat status.

2. Klik kolom "ketik pesan" untuk membuka keyboard.
Ubah keyboard yang akan digunakan dengan tekan dan tahan tombol spasi hingga muncul "Ganti Keyboard", pilih Arabic.
menambah bahasa arab di android
Dengan cepat akan muncul keyboard dengan deretan hijaiyah.
aplikasi tulisan arab untuk hp android
3. Selanjutnya tinggal ketik seperti biasanya, pilih huruf hijaiyah hingga membentuk kata. Yang akan muncul adalah huruf arab gundul, untuk memasang harakat tekan dan tahan tombol titik ( . ) lalu pilih salah satu yang ingin digunakan.
menulis huruf arab di Whatsapp
Menambahkan harakat bisa dilakukan setelah menulis satu persatu huruf ataupun nanti setelah jadi perkata dengan mengeser kursor.
Perlu diingat, penulisan bahasa arab itu dari kanan ke kiri, jadi fungsi hapus ( x ) bukan menghapus huruf di kiri melainkan kanan. Saat pasang harakat, letakkan kursor di sebelah kiri huruf yang ingin dipasangi.
Kesan pertama jelas ribet banget, lebih enak menggunakan keyboard Indonesia atau English ya? Wajarlah karena kita memang lebih terbiasa pakai Qwerty sih. Silahkan dicoba coba dulu terutama proses memberi harakat supaya lebih lihai.

Itulah Cara Menulis Huruf Arab di Android dengan menggunakan Gboard untuk aplikasi Whatsapp. Untuk mengubah kembali ke keyboard Indonesia/English, cukup tekan dan tahan tombol spasi. Mudah kan? Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman teman semua. Terima kasih sebelumnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menulis Huruf Arab di Android Termasuk Whatsapp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel