Daftar DNS Tercepat dan Gratis 2019

Pengaturan DNS sering dibutuhkan ketika kita melakukan setting koneksi ataupun memperbaiki masalah internet sebut saja tidak bisa konek, server not responding ataupun dns_probe_finished_nxdomain.

Sebenarnya saat kita terhubung dengan internet, otomatis DNS akan diatur secara default oleh ISP (Internet Service Provider). Sayangnya terkadang setting default ini membuat koneksi internet jadi lemot sehingga kita harus mengganti server DNS untuk mendapatkan pengalaman internet yang lebih baik. Dalam artikel ini akan diberikan daftar DNS tercepat yang gratis.


Apa Itu DNS?

DNS itu Domain Name Server yang fungsi utamanya menghubungkan IP address dengan nama domain. Dengan begini kita bisa lebih mudah mengunjungi sebuah website berkat nama yang human friendly dan mudah diingat. Bayangkan kalau kalau kita harus menuliskan 151.101.66.110 untuk membuka wikihow.com.

Saat kita memasukkan URL wikihow.com di browser, server DNS akan mengarahkan kemana anda harus pergi. Proses ini sangat tergantung dengan kecepatan DNS, makin cepat server DNS makin cepat pula anda sampai ke wikihow.com.

Server DNS Publik Gratis

Terkadang DNS default yang sudah diatur oleh ISP bukan pilihan terbaik. Server DNS yang lambat bisa membuat lag, proses load website yang lama dan jika server down, kita tidak bisa mengakses website manapun.

Beralih ke "free public DNS server" bisa jadi alternatif, banyak dari mereka yang sudah terbukti lebih cepat dan memiliki uptime 100% yang artinya kecil sekali terjadi error (masalah teknis). Beberapa juga dapat memberikan perlindungan dengan memblokir akses web phishing ataupun terinfeksi malware.

Berikut ini adalah daftar 6 DNS tercepat yang bisa digunakan secara gratis,

1. Cloudflare
Primary 1.1.1.1
Secondary 1.0.0.1

Para Blogger dan pengembang website pasti mengenal Cloudflare sebagai penyedia "Content Delivery Network" paling top. Dan pada April's Fool day 2018, Cloudflare meluncurkan "public DNS services".

Dalam hal Privacy, Cloudflare berjanji tidak akan menggunakan data browsing anda untuk penayangan iklan. Selain itu server juga tidak menyimpan querying IP address. Semua logs yang ada akan dihapus dalam waktu 24 jam. Situs DNSPerf pun menunjukkan bahwa Cloudflare adalah penyedia publik DNS tercepat.

Kalian bisa cek performa Public DNS lainnya di https://www.dnsperf.com/#!dns-resolvers

2. OpenDNS
Primary 208.67.222.222
Secondary 208.67.220.220

OpenDNS adalah salah satu nama besar penyedia publik DNS, didirikan sejak 2005 dan sekarang bergabung dengan Cisco. Servis gratis yang diberikan memiliki kecepatan tinggi, 100% uptime, dapat memblokir situs phishing, pengaturan parental dan email support jika ada yang masalah.

3. Google Public DNS
Primary 8.8.8.8
Secondary 8.8.4.4

Tidak ada keraguan, Google Public DNS yang diluncurkan pada Desember 2009 telah menolong jutaan pengguna internet dengan memberikan pengalaman berinternet yang lebih baik. Saya yakin sudah banyak yang pernah mengubah setting DNS ke Public DNS dari google ini.

4.Comodo Secure DNS
Primary 8.26.56.26
Secondary 8.20.247.20

Comodo grup dikenal sebagai salah satu penyedia produk keamanan terbaik, jadi tidak mengherankan jika mereka juga menawarkan Server DNS yang aman dan cepat

DNS dari Comodo memiliki database berisi daftar malware berbahaya sebagai lapisan keamanan yang dapat mencegah para pengguna mengunjungi situs yang terinfeksi malware.

5. Quad9
Primary 9.9.9.9
Secondary 149.112.112.112

Salah satu penyedia DNS yang bisa dibilang masih baru namun sudah terbukti memberikan pelayanan DNS gratis yang cepat. Sejak Agustus 2016, Quad9 sudah banyak membantu penggunanya untuk memblokir domain berbahaya.

6. Verisign
Primary 64.6.64.6
Secondary 64.6.65.6

Verisign menjanjikan stability, security dan privacy. Stabilitas adalah bagian terpenting, memastikan kalau kita akan selalu terhubung dan tidak akan mengalami downtime. Perusahan ini juga tidak akan menjual DNS queries pengguna pada pihak ketiga yang bisa mengunakan data tersebut untuk menayangkan iklan.

Bagaimana Cara Menggunakan DNS

Bagi anda yang masih belum bisa menggunakan DNS di atas, ikuti petunjuk di bawah ini:

Windows
  1. Start Menu, ketikkan "Control Panel"
  2. Klik Network and Internet
  3. Klik Network and Sharing Center
  4. Lihat di tab kanan, pilih Change Adapter Settings
  5. Klik kanan pada jaringan Wifi yang sedang digunakan, Pilih Properties
  6. Pilih Internet Protocol Version 4 atau 6, klik Properties
  7. Masukkan primary dan secondary DNS server yang ingin digunakan
  8. Klik Ok
Android
  1. Masukkan ke Pengaturan
  2. Masuk ke Wifi
  3. Pilih Wifi yang sedang digunakan, klik dan tahan hingga muncul pilihan "Modify Network"
  4. Centang Show Advanced Option
  5. Pada bagian IP setting ganti DHCP ke static
  6. Tunggu beberapa saat hingga muncul kolom untuk memasukkan primary dan secondary DNS
Itulah Daftar DNS tercepat dan Gratis di 2019, jika ingin melihat performa penyedia Domain Name Server lainnya bisa cek di DNSPerf.com. Dapat disimpulkan dari review dan data, 1.1.1.1 milik Cloudflare saat ini adalah yang terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda.

Belum ada Komentar untuk "Daftar DNS Tercepat dan Gratis 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel