Cara Mengatasi Up time Tidak Reset Setelah Shutdown

Penghitung Uptime tidak bisa reset dari 0
Ku nyalakan komputer seperti biasanya, entah mengapa saat itu aku membuka task manager. Di sana tertera angka penghitung up time (waktu nyala) yang sudah di atas 9 jam. Aneh kan? Kok tidak direset ulang kembali ke 0 detik.

Seingatku tadi sudah ku shutdown dengan benar dan tanpa ada hambatan. Shutdown ya bukan Sleep atau Hibernate. Tanpa pikir panjang ku matikan lagi komputer ini dan nyalakan, hebatnya uptime masih di atas 9 jam.

Selanjutnya aku restart dan hasilnya penghitung up time diatur ulang dari 0. Nah sorenya ketika shutdown dan dinyalakan lagi uptime enggak 0. Apakah harus selalu direstart untuk reset hitungan waktu nyala ini? Ok ok, jelas ada yang salah dengan pengaturan sistem Windows 10 komputerku.


Penyebab Up Time Tidak Reset dari 0

Akhirnya ada menemukan penyebabnya yaitu Fast Startup, penjelasan lengkap ada di https://winpoin.com/inilah-jawaban-atas-misteri-seputar-fast-startup-di-windows-8/.

Fitur ini berfungsi untuk mempercepat waktu booting yang sudah dikenalkan sejak Windows 8. Terbukti PC ku setiap booting sangat cepat, untuk sampai ke halaman login butuh waktu kurang dari 1 menit. Lebih lengkapnya silahkan cek link di atas, jujur aku pribadi baru tahu fitur Fast Startup.

Satu hal yang pasti fitur ini aman meskipun digunakan dalam jangka panjang. Bisa dibilang gabungan dari Shutdown dan Hibernate, ketika komputer dimatikan windows akan me-log off semua user yang login dan menyimpan kernel session (informasi sistem) di disk.

Cara Mematikan Fast Startup

Walaupun 100% dipastikan aman tetapi aku ingin memastikan bahwa penyebabnya benar benar si fast startup. Akhirnya ku coba untuk disable fitur ini,

1. Buka Control Panel >> Hardware and Sound >> Power Options
cara mematikan fast startup di Windows 10
2. Klik Choose what the power button do
cara menonaktifkan fitur fast startup
3. Hilangkan centang yang ada di Turn on fast startup (recommended) dan terakhir save changes.

Kalau tidak bisa menghilangkan centang, klik dulu change settings that are currently unavailable.
Cara mengatasi penghitung uptime yang tidak bisa direset ke 0
Setelah itu aku coba untuk mematikan komputer sekali lagi dan hasilnya penghitung up time di task manager sudah kembali dari 0. Sukses bos! Namun karena katanya bagus pake fast startup, aku hidupkan lagi fitur yang membuat booting jadi wuss wuss tsb.

Sekian artikel Cara Mengatasi Up time yang Tidak Reset Setelah Shutdown di Windows 10. Sebenarnya tidak perlu khawatir kalau angka di penghitung waktu nyala terlalu tinggi, toh fitur fast startup adalah fitur default yang terbukti sangat bermanfaat. Restart saja sesekali untuk balik lagi ke 0 detik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel