Cara Memasukkan Ayat Al Quran ke Word [100% Sukses]

Cara Memasukkan Ayat Al Quran ke Word [100% Sukses]

cara memasukan potongan ayat al quran ke word
Pada tahun 2019 ini pasti banyak orang yang sudah ahli menggunakan Word. Namun aku yakin masih belum banyak yang tahu cara memasukkan ayat Al Quran ke aplikasi yang dulu dikenal Microsoft Word ini.

Bagi teman- teman yang bekerja dan berdakwah Agama Islam pasti perlu cara menambahkan potongan ayat Al Qur'an ke word. Misal guru Madrasah yang menyusun ujian atau pengurus masjid yang membuat buletin jum'at.

Kali ini shalaman.com akan berbagi 3 metode memasukkan surat Al Quran dengan huruf arab ke dalam Word terbaru mulai dari metode offine ataupun online.

1. Menginstall Add Ins Quran In Ms Word


Dengan kemajuan jaman, pastinya kurang efektif jika harus menulis manual huruf per huruf. Mas Mohamad Taufiq dengan ikhlas membuat Add Ins Quran In Ms.Word yang sudah ada versi 3.0 (saat artikel ditulis).

Dengan menggunakan product ini, kita bisa memasukkan isi Al Quran per ayat lengkap dengan beberapa versi terjemahan seperti
  • English - Sahih International
  • Indonesia - Bahasa Indonesia
  • Tafsir English - Tafheem - Maududi
  • Tafsir Indonesian - Tafsir Jalalayn
  • Tafsir Ringkas Kemenag
  • Tafsir Lengkap Departemen Agama
Langkah pertama adalah download versi terbaru dari Quran in Ms Word. Versi terupdate bisa didapatkan di website beliau http://taufiqproduct.com/, ukurannya cuma belasan MB. Setelah terdownload segera install hingga selesai.

Bukalah Word, jika proses install sukses maka terlihat huruf arab Al Quran Al Karim di menu Word (ditengah antara Tampilan dan Bantuan).

Cara Memasukkan Ayat Al Qur'an

Misal aku ingin menyisipkan 3 ayat terakhir Al Baqarah lengkap dengan terjemahan Indonesia.
  1. Di Select Surah Ayah, pilih nama surah "2.Al Baqarah". Ayat from 284. Ayat To 286 
  2. Di Ayah Style, pilih style yang diinginkan. Dalam contoh ini aku akan menggunakan Switch dan Mark Ayah. Font size 16 menggunakan Version Uthmanic Hafs
  3. Di Translation style pilih Indonesian - Bahasa Indonesia, font size 12 Font pakai Arial. 
  4. Di Action, centang Ayah Quran dan Translation untuk memasukkan ayat sekaligus dengan terjemahan
  5. Terakhir pilih Write to Document untuk menuliskan ayat Al Quran di Word
Hasil akhir seperti gambar di bawah ini,
cara memasukan ayat al quran ke word
Dari semua fitur, aku jelaskan sedikit tentang bagian Ayah Style.
cara membuat ayat al quran di microsoft word
  • Bracket, jika style ini aktif maka ayat Quran akan berada dalam kurung 
  • New Line, saat kita menambahkan lebih dari 1 ayat, masing masing ayat akan ada di baris berbeda, tidak dalam satu baris.
  • Mark Ayah, dibelakang ayat akan ada tanda yang menunjukkan ayat ke berapa.
  • Switch, saat kita menambakan lebih dari 1 ayat berikut terjemahan, masing masing ayat akan diterjemahkan satu per satu dulu. Bisa dibilang New Line sekaligus terjemahannya.
  • Verse Address, di belakang ayat akan disebutkan ini surat apa, ayat keberapa
  • Border, akan ada pembatas disekeliling ayat
  • Version dan Font Name untuk style dari huruf arab
  • Font size untuk ukuran huruf 
Perlu sedikit coba coba untuk bisa menguasai Add Ins satu ini, tetapi tak perlu khawatir semua fungsinya mudah dipahami. Fitur yang sangat menarik adalah symbol, disana disediakan banyak kaligrafi dan simbol khas muslim lainnya.

2. Copy Paste dari Situs Al Quran Online

Di luar sana banyak situs yang khusus membagikan ayat Al Quran lengkap secara gratis. Namun karena yang kita butuhkan lengkap sekaligus terjemahan lebih baik cari situs yang bahasa Indonesia. Search di google dengan query "Al Quran Online Indonesia".
cara copy ayat al quran ke word
Dari semua situs yang paling menarik adalah https://www.quranexplorer.com/Quran/. Navigasi untuk berganti ganti surat dan ayat sangat mudah. Kekurangannya belum ada tafsir bahasa Indonesia yang mendalam, sepertinya karena tidak khusus menarget Indonesia tetapi worldwide. Bagi yang mencari sekaligus tafsir bisa menuju https://alquran-indonesia.com/

Cara memasukkan potongan Ayat Al Quran cukup dengan mengeblok ayat yang ingin diambil lalu klik kanan Copy / Ctrl+C. Ingat ya untuk mem-blok ayat Quran itu dari kanan ke kiri berbeda dengan yang alfabet.

Selanjutnya masuk ke dalam Word lalu klik kanan Paste/ Ctrl+V. Ayat sudah sukses tercopy.

Mengcopy tulisan arab ke word sangat mudah kan? Perlu diingat kita harus selau terhubung dengan internet untuk mengakses situs. Ya walaupun kuota yang digunakan tidak boros karena isi website hanya text saja.

3. Menulis Manual

Kurang puas atau merasa berdosa kalau ngambil ayat Al Quran dari orang lain? Ingin menulis sendiri huruf satu per satu? Ada kok caranya, baca cara menulis arab di Word. Setelah itu tinggal mengetik ayat Al Quran dari satu huruf ke huruf lain dengan mencontoh Al Quran asli.

Sekian artikel Cara Memasukkan Ayat Al Quran ke Word. Menurutku sih yang paling enak adalah Add Ins Quran In Ms Word karena bisa digunakan meskipun tidak terkoneksi internet (offline). Terjemahan di dalamnya banyak pilihan. Sekian dulu, pilih sesuai selera ya! Terima kasih.

Posting Komentar